3 Cara Meningkatkan Omset Bisnis Tanpa Melakukan Promosi

Mungkin sebagian dari anda berfikir, ah mana mungkin bisa meningkatkan omset dari bisnis jika tidak melakukan promosi. Ya nggak. Sekarang lho promosi saja belum tentu bisa laku, boro-boro nggak promosi apa yang nggak makin sepi dan dagangan menjadi nggak laku? Bisa dibilang ini adalah teknik lanjutan sehingga kamu cukup promosi di awal saja, jadi untuk mendapatkan peningkatan omset bisnis bisa juga ternyata tanpa promosi.

Omset Penjualan Meningkat

Sekarang coba anda bayangkan, omset bisnis anda bisa meningkat 2x-10x lebih banyak. Siapa yang nggak mau? Nah masalahnya tidak semua orang bisa dengan mudah melakukannya, apalagi tanpa melakukan promosi. Sebab, logikanya, ketika kita ingin meningkatkan omset bisnis kita yang tentunya ada peningkatan penjualan, membutuhkan biaya promosi ekstra. Setuju? Ya silakan saya pribadi kurang setuju J

Ada banyak cara lain yang bisa dilakukan jikalau kita ingin meningkatkan omset bisnis yang sedang kita jalankan. Beberapa hal berikut ini akan membantu anda mendapatkan gambaran kira-kira apa saja yang harus dilakukan untuk meningkatkan penjualan anda, minimal 2x lipat.

1.      Closing lebih banyak

Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan omset anda dengan promosi adalah dengan mampu closing dalam satu waktu lebih banyak. Jangan keburu senang ketika anda mampu menjual 1 produk saja. Logikannya anda sebenarnya bisa lebih dari itu, tapi keburu senang dan kemudian anda melupakan masih ada cara lain untuk meningkatkan omset, yaitu dengan menawarkan produk lainnya yang mungkin akan mendukung produk utama yang akan anda jual.

Misalkan:

“Nggak sekalian beli produk ….. pak/bu, karena ini bisa lebih membantu bapak/ibu untuk…..”

”Biar ongkirnya lebih murah, apa nggak sekalian bapak/ibu beli ……. Bisa saya kasih diskon khusus juga untuk pembelian besok…”

Kira-kira terjadi penjualan nggak? Nah kadang yang seperti itu jarang sekali digunakan padahal, manfaatnya sebenarnya luar biasa. Oh iya masih ada 29 teknik closing lainnya yang sarankan perlu anda coba praktikan. Teknik perbandingan, teknik now or never semua bisa bersinergi untuk lebih meningkatkan penjualan anda.

Jika kitanya yang jual jago closing mungkin nggak nantinya bakalan terjadi peningkatan omset? Anda mau 2x lipat? 7x lipat? Saya rasa dengan lebih banyak variasi teknik tersebut anda bisa mendapatkan lebih dari itu, hal itu hanya menunggu anda praktik saja. Pelajari, pahami, buat map action, lalu realisasikan. Tenang saja hasil tidak akan membohongi prosesnya.

Baca juga: Jago Jualan dalam 30 Hari dengan 30 Teknik Luar Biasa

2.      Maintenance Pelanggan Lama

meningkatkan omset penjualan

Kadangkala kita lupa, kalau kita punya penggemar setia nih. Kadang kita lupa mereka yang sudah pernah beli adalah tambang emas yang kita punya (tentunya dalam batas wajar ya). Kenapa saya katakana tambang emas? Sebab mereka punya pengalaman transaksi dengan kita, bukan tidak mungkin sebenarnya bisa saja terjadi penjualan lagi dengan pelanggan lama.

Saya Tanya? Orang sudah pernah beli dari anda, dapat pelayanan terbaik dari anda. Anda jaga hubungan baik, kira-kira anda nawarin produk yang mirip dengan sebelumnya yang sudah pernah deal. Pembeli mau beli lagi nggak? Kemungkinan besar kalau sudah klik dengan anda biasanya mereka nggak akan ragu untuk membeli, bahkan mungkin mereferensikan anda.

Nah pertanyaan sekarang, bagaimana melakukan maintenance pada pelanggan lama anda? Hal yang paling mudah sebenarnya anda sudah paham betul tentang produk yang anda pasarkan. Katakanlah anda menjual properti nih, bisa anda tanyakan contoh:

“Bagaimana pak/bu rumahnya yang di ….., apa sudah nyaman?”

“Bagaimana kesan bapak/ibu selama kurang lebih …. Bulan menempati rumah …..?”

Dengan begitu konsumen biasanya akan jawab, yang penting dia ngerespon iitu aja. Seolah anda mengingatkan terus kalau anda adalah penjual yang bertanggung jawab dan merupakan tempat yang tepat jika ingin membeli lagi.

Bisa jadi walaupun dia nggak beli lagi, ketika ada rekannya membutuhkan info atau jasa yang merupakan jasa anda. Pertama kali yang disebut adalah nama anda. Anda dapat? Ya, promosi gratis, jalinan silaturahmi dan banyak hal lainnya.

3.      Tim Penjualan

Nah ini yang kadangkkala krusial, kita kadang serakah maunya semua keuntungan buat kita sendiri. Salah? Nggak salah, saya pikir hanya kurang tepat. Kadangkala jadinya kita memaksakan diri untuk hal yang sebenarnya tidak bisa kita lakukan. Kita berharap mampu jadi superman. Padahal hasilnya akan lebih baik kalau semisal dilakukan oleh orang lain yang lebih ahli.

Maka itu anda memerlukan adanya tim penjualan untuk meningkatkan bisnis anda. Misalkan belum bisa menggaji pegawai tetap, anda bisa hire secara freelance orang untuk melakukan pekerjaan tertentu yang sifatnya teknis sehingga memudahkan anda untuk melakukan hal yang lebih penting lainnya.

Contoh:

Anda nggak bisa promosi via sosmed, nggak ada waktu atau mungkin nggak bisa. Biar hasilnya maksimal anda bisa pesan jasa iklan. Jadi biar orang lain yang mengerjakan agar hasilnya lebih maksimal.

Misalkan anda nggak bisa jualan, anda bisa pakai reseller untuk menjualkan produk anda. Buat para reseller anda merasa beruntung bisa bergabung dengan anda. Namun memang kendalanya pengelolaannya agak sedikit ribet. Apalagi jika jumlahnya sampai ribuan. Namun keuntungannya anda tidak perlu lagi memikirkan biaya promosi, karena untuk reseller yang royal, mereka akan bekerja siang malam untuk memasarkan produk anda. Nah anda harus pelajari bagaimana caranya? Anda bisa pelajari disini >> Dongkrak Omset Dengan Tim Penjualan

Bagikan artikel ini jika bermanfaat buat anda, siapa tahu rekan atau tim anda sendiri membutuhkan informasi ini. Nggak ada ruginya kok berbagai. Semoga bermanfaat, semoga sukses. Baca artikel lainnya di www.MauProperti.com

Incoming search terms:

  • tips meningkatkan promosi
  • contoh promo menaikan omset kosmetik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *