3 Langkah Sederhana Menemukan Ide Bisnis Yang Tepat

Saat ini, banyak orang mulai berfikir untuk tidak lagi bekerja. Alasannya sederhana, mereka ingin membuat bisnis sendiri yang dirasa cocok untuk mereka geluti harapannya kebanyakan ada kebebasan finansial dan waktu, namun ada juga motif lainnya. Namun ternyata ada saja yang namanya kendala ketika ingin memulai sebuah bisnis, salah satunya yaitu kebingungan bisnis apa yang mau dikerjakan, sederhana sekali bukan? Bagi sebagian orang ternyata hal ini sangat sulit. Jika anda merasakan hal yang sama mungkin artikel tentang bagaimana cara menemukan ide bisnis ini bisa membantu memberikan pencerahan untuk anda. Artikel ini juga akan disertai studi kasus singkat.

Jadilah diri sendiri dalam bisnis anda

bisnis

Langkah pertama ketika ingin menemukan ide bisnis yang tepat adalah menyesuaikan dengan karakter anda sendiri. Menurut saya alangkah lebih baiknya jika anda mengerjakan bisnis terkait dengan hal yang anda suka. Mengapa harus melakukan hal yang disukai? Jadi begini, jika bisnis itu untuk jangka panjang pastikan anda suka dengan bisnis yang anda geluti, sebab akan ada waktu di awal yang anda korbankan untuk menciptakan bisnis ini berkembang. Bisa jadi selama itu anda tidak mendapatkan apapun. Jadi satu hal yang tetap bisa menjadi penyemangat anda untuk tetap mengerjakan bisnis ini adalah semangat anda dan karena kesukaan anda pada bisnis ini.

Pikirkan manfaat untuk orang lain

Salah satu kenapa bisnis bisa berkembang terus menerus adalah karena ada keinginan untuk melayani banyak orang. Semakin banyak orang merasa terbantu dengan adanya bisnis yang anda buat, kemungkinan bisnis anda untuk berkembang lebih pesat akan menjadi lebih besar. Kenapa? Ketika kita memikirkan bisnis karena adanya keinginan memberikan manfaat yang besar untuk orang lain, maka anda akan berusaha memberikan inovasi terus menerus untuk pengguna anda.

Ambil contoh perusahaan seperti Google dan Facebook, saya rasa anda mengenalnya. Kedua perusahaan tersebut sangat bermanfaat untuk orang banyak, setidaknya itu menurut persepsi saya. Apa manfaatnya? Google mempermudah kita untuk menemukan hal apapun di internet dengan tingkat keakuratan hasil pencarian yang bisa dikatakan baik. Bagaimana dengan Facebook? Facebook membantu kita terhubung dengan banyak orang diberbagai belahan dunia. Lalu kenapa mereka terlihat lebih baik ketimbang kompetitor? Ini akan saya bahas pada point selanjutnya.

Tambahkan sentuhan yang berbeda dalam bisnis anda

Lagi-lagi kita berkaca pada Google dan Facebook, kenapa mereka terasa lebih bisa berkembang ketimbang kompetitor? Dari sudut pandang saya, keduanya terus menerus melakukan pembenahan. Berkembang dan terus berkembang, berlomba untuk menambahkan sentuhan yang berbeda berupa sesuatu yang lebih ketimbang kompetitor.

Google di awal tidak seperti sekarang, sekarang ini hasil pencarian google bisa sangat-sangat akurat dengan apa yang dicari. Hasil pencarian juga bisa dikatakan lebih bermanfaat dan hasil pencariannya tidak mengecewakan. Dulu banyak dipenuhi dengan website yang kontennya duplikat, tapi saat ini tidak lagi dengan pembaruan berbagai alogaritma google tumbuh dan menjadi raksasa dalam dunia pencarian informasi. Selanjutnya google semakin berkembang dengan merambah bidang lain yang tujuannya tetap untuk memberikan manfaat besar untuk penggunanya.

Bagaimana dengan facebook? Facebook yang di awal muncul menawarkan berbagai kemudahan untuk penggunanya, terus memperbarui fitur yang ditawarkan untuk semakin memudahkan penggunanya terhubung dengan nyaman. Anda bisa melihat adanya fitur grup yang memudahkan banyak pengguna dengan minat yang sama untuk bergabung dan saling berbagi informasi seputar topic tertentu sesuai minatnya. Belum lagi adanya fanspage yang memberikan kemudahan kepada pengguna untuk mengenalkan sesuatu.

Menurut saya sangat mengesankan sekali ketika anda memahami konsep sederhana bagaimana menemukan ide bisnis yang tepat untuk anda. Intinya ada 3 langkah dasar yang harus anda pertimbangkan ketika mencari ide bisnis yang tepat. Pertama adalah jadilah diri sendiri dalam bisnis anda, pikirkan manfaat untuk orang lain, dan tawarkan sentuhan berbeda dalam bisnis anda. Anda bisa memulainya sekarang.

Incoming search terms:

  • cara menemukan bisnis yang tepat dan cocok dengan keinginan anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *