4 Cara Hemat Membangun Rumah

Kenaikan harga rumah setiap tahunnya semakin tidak bisa ditahan lagi. Penyebabnya mungkin adalah minat untuk memiliki rumah juga semakin meningkat. Orang tidak lagi membeli rumah hanya sebagai kebutuhan primer yaitu berlindung. Kebanyakan ada yang membeli lebih dari satu rumah untuk melakukan investasi, menabung ataupun sebagai bisnis.

cara-hemat-membangun-rumah

Bila anda salah satu yang ingin memiliki rumah untuk tujuan berbisnis, mungkin anda sudah tau bahwasanya modal kecil yang dikeluarkan untuk bisnis rumah selalu memiliki harapan untuk terjual di harga semaksimal mungkin dari sudut pandang penjual. Bagaimana cara melakukan penghematan atau menekan biaya pembangunan rumah? Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan.

Cermat menghitung bahan

Hal awal bagaimana cara menekan biaya pembangunan adalah melakukan dengan cermat berbagai perhitungan kebutuhan bahan-bahan yang akan dibeli atau digunakan dalam pembangunan. Misalnya pembelian semen sekian, maka akan butuh berapa kali angkut, kalau bisa dalam setiap angkut dilakukan dalam jumlah yang maksimal. Agar bisa menghemat sampai ke ongkos pengiriman, dan seterusnya.

Pertimbangkan membeli dalam jumlah banyak

Jika dalam jumlah satuan harganya kemungkinan besar lebih mahal ketimbang membeli dalam jumlah banyak maka untuk barang tertentu yang nantinya akan dibeli dalam jumlah yang tidak sedikit sekalian saja dibeli dalam jumlah banyak sekaligus. Hal itu akan mungkin menghemat biaya pembelian bahan baku. Namun jangan sampai over juga sehingga modal anda mengendap terlalu lama di bahan baku yang dibeli.

Pilih sesuai kebutuhan dasar

Jika memang tidak ada alasan khusus atau lebih mementingkan adanya penjualan yang lebih cepat, pemilihan bahan pembangunan sebaiknya menyesuaikan kebutuhan dasar saja. Misalkan pemilihan keramik, kalau memang tidak ada keharusan mempertimbangkan estestika (untuk yang jualan rumah ke kalangan atas) gunakan saja keramik yang biasa dan pastikan tetap bisa digunakan dengan baik, tidak perlu menggunakan lantai kayu dan sebagainya.

Libatkan ahli untuk perkiraan

Jika ingin menghasilkan pertimbangan yang lebih akurat untuk membangun rumah agar bisa menghemat biaya dengan cukup tepat, libatkan ahli yang menurut anda lebih mengerti tentang pembangunan rumah. Anda bisa serahkan hal-hal yang tidak terlalu anda kuasai pada orang yang anda anggap lebih ahli agar hasilnya juga bisa lebih maksimal.

Bagaimana menurut anda? Perlukah untuk berhemat untuk membangun rumah? Jika iya mungkin beberapa cara diatas bisa membantu anda. Semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang sesuai menurut anda, anda bisa konsultasikan dengan arsitek yang biasa menangani pembangunan rumah anda. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *