7 Kriteria Bisnis Yang Tepat Untuk Anda Perjuangkan

Tahukah anda kenapa sebuah bisnis adalah bisnis yang tepat untuk anda? Kalau anda belum tahu, artikel ini mungkin akan membantu anda menemukan jawaban bagaimana agar anda bisa tahu bahwa bisnis yang anda pilih sudah sangat tepat dan patut untuk anda perjuangan.

  • Bagaimana anda tahu bahwa bisnis yang anda pilih sudah benar dan memang paling pas untuk anda?
  • Bagaimana kriteria sebuah bisnis yang patut untuk diperjuangkan mati-matian bahkan sampai titik darah penghabisan?
  • Bisnis yang seperti apa yang seharusnya anda pertahankan dan harus tetap ada?
  • Dan masih banyak pertanyaan lainnya terkait layak tidaknya bisnis itu untuk anda!

*Penting untuk dibaca:

7 kriteria bisnis yang tepat untuk diperjuangkanSemua pertanyaan yang disebutkan sebelumnya akan di bahas pada artikel yang berjudul 7 kriteria bisnis yang tepat untuk anda perjuangkan kali ini. Jika anda menemukan banyak hal dalam artikel ini yang menurut anda kurang pas, tidak perlu tunggu sampai besok catat pada catatan yang anda miliki dan sampaikan pada saya melalui kotak komentar, dan kita akan mulai diskusinya sesegera mungkin untuk memperdalam tentang apa yang anda tanyakan. Tidak ada yang lebih pintar, saya hanya sharing apa yang saya temukan di hidup saya, sesuatu yang menurut saya bermanfaat dan layak untuk dibagikan, jika memang ada yang kurang saya akan senang sekali jika ada yang membantu saya untuk memperbaiki dan menambahkan agar ilmu yang saya miliki bertambah dan lebih banyak lagi hal bermanfaat yang bisa saya berikan.

 

Kapan Waktu Yang Tepat Sebuah Bisnis Harus Diperjuangkan?

waktu yang tepat untuk memperjuangkan bisnis

Pertama saya ingin tanya dulu kepada anda, pernahkah pada satu titik ketika anda memperjuangkan bisnis anda, kemudian dalam hati anda bertanya, “enaknya lanjut atau stop di sini ya bisnis ini?” Lalu apa yang anda lakukan bingung? Ya wajar begitupun saya pernah mengalaminya, sulit memang untuk menentukan kapan sebuah bisnis memang harus benar diberhentikan atau kapan memang pada titik terendah bisnis tersebut malah harus diperjuangkan mati-matian.

Jika anda menganggap semua bisnis yang nyaris bangkrut harus dihentikan dengan segera, sepertinya anda butuh banyak referensi, bahwa ada juga bisnis yang nyaris bangkrut kemudian bisa kembali “move on” dan kembali berjaya, tentunya dengan perjuangan keras seluruh pihak yang terlibat dalam bisnis itu, jangan kira kata-kata saya hanya isapan jempol belaka, anda bisa lihat setelah ini beberapa bisnis yang nyaris bankrut dan kembali berjaya, dan jangan salah andapun akan kagum melihat keadaan bisnis ini sekarang dan tidak akan menyangka kalau sebelumnya hampir mengalami kebangkrutan.

 

Inpirasi : 3 Bisnis Besar Di Dunia yang Nyaris Bangkrut dan Kembali Berjaya Karena Diperjuangkan

Tidak hanya anda yang kebingungan, artinya yang saya mau anda juga banyak belajar dari bisnis yang besar, kenapa yang awalnya hampir rata dengan tanah (baca:hancur) kemudian bisa berkembang dan kembali menjadi raja di bidang yang dipilihnya, untuk itu berikut ini saya berikan contoh perusahaan yang hampir bangkrut namun kembali berjaya, tentunya karena beberapa hal, pertama adalah semangat, kedua adalah keyakinan yang kuat, dan untuk selanjutnya silakan anda baca sendiri:

1. Disneyland

disneyland

Tahukah anda tentang disneyland? Saya rasa anda tentu tahu bisnis yang satu ini, salah satu bsinsi hiburan terbesar di dunia, bahkan mungkin bisa dibilang merajai dunia. Apakah anda meragukan kemampuan bisnis sang pemilik? Tentu tidak diragukan lagi bukan, disneylan berhasil menjadi surganya dunia hiburan dan juga permainan. Namun apakah anda tahu, bahwa di awal ketika peresmiannya dulu, disneyland pernah hampir saja membuat pemiliknya Walt Disney bangkrut?

“Kenapa bisa seperti itu?”

Itu semua awalnya dari adanya rancangan ambisius direksi, mereka sangat ingin menggaet pasar di Eropa. Lalu dimulai pembangunan proyek disneyland yang mengenalkan budaya awalnya, sampai mengenalkan suguhan makanan yang khas Eropa. Awalnya memang ide ini bisa dibilang bagus. Namun waktu itu, sayang sekali waktu realisasinya kurang tepat. Waktu itu negara di Eropa sedang dilanda resesi, akibat dari adanya devaluasi mata uang Negara Inggris dan juga Italy. Saat itu, banyak orang tua kemudian mengurangi pengeluaran mereka yang awalnya digunakan untuk mengajak anak-anak mereka pergi ke taman bermain. Akibat kejadian itu disneyland akhirnya terkena imbasnya dan merugi hampir 1 Milyar setiap harinya karena mereka harus memenuhi biaya operasional yang mereka keluarkan. Namun karena keinginan kuat dan perjuangan dari semua pihak yang terlibat disertai dengan adanya dengan inovasi, berangsur-angsur disneyland mampu menutupi kerugian itu dan kembali bangkit menjadi pioner adanya taman bermain di dunia, dan anda bisa lihat sendiri keadaan disneyland sekarang bukan?

 

2. Pepsi

pepsiApakah anda juga seorang yang menikmati minuman  bersoda? Jika iya tentu anda kenal bukan yang namanya pepsi? Bisnis raksasa di bidang kuliner lebih tepatnya minuman ini, siapa sangka dulunya juga pernah gagal. Bagaimana kejadiannya? Semuanya terjadi ketika di tahun 1992, saat itu pepsi bersaing ketat dengan minuman bersoda lainnya yaitu Coca Cola. Pepsi yang kala itu berpegang pada prinsip yang namanya konsumen sangat ingin menikmati rasa dari soda yang jernih. Kemudian memilih untuk mengeluarkan varian baru dari produk mereka yang sudah ada, yang kemudian diberi sebutan “Crystal Pepsi”. Namun apa yang terjadi? Produk ini tidak laku! Ya benar produk ini tidak laku dipasaran, anda tidak sedang salah baca, sebuah perusahaan besar sekelas pepsi saja bisa salah perhitungan.

Akhirnya di tahun 1994, keinginan pepsi yang besar untuk kembali memperbaiki dan berjuang dengan menawarkan produk yang sama ke pasaran, sedikit pembenahan yang diberlakukan di segala sisi yang dianggap kurang. Kemudian dengan segala upaya diperkenalkanlah lagi produk baru yang satu ini, dengan nama “Crystal”. Apa yang terjadi? Apakah mereka berhasil? Sayangnya hal serupa seperti sebelumnya kembali terjadi, produk ini lagi-lagi gagal sukses di pasaran. Beberapa waktu kemudian akhirnya diketahuilah bahwa pengemasan adalah faktor utama yang selama ini tidak ada pertimbangan dari pepsi padahal itu penting.

Sebab yang membuat Coca Cola menjadi lebih unggul dari pada pepsi, salah satunya karena pemilihan warna untuk kemasan dan produk. Coba cermati Cola memiliki ciri khas berwarna kecoklatan, yang mana cocok jika dikombinasikan dengan warna merah. Belajar dari hal itu kemudian banyak hal lainnya yang ikut mendorong pepsi kemudian berbenah dan mengubah warna produk miliknya menjadi merah & biru, itu sama seperti yang sering saat ini kita jumpai, dan dimulailah era baru kembalinya pepsi yang bersaing menjadi salah satu perusahaan minuman bersoda yang cukup besar.

 

3. Levi’s

Levi’s, saya yakin anda juga tahu merk yang satu ini, bisa dibilang brand yang karakter klasik dan sudah sangat mendunia sekali. Sepertinya perusahaan yang sebelumya juga di contohkan, Levi’s yang sekarang terkenal dulunya sang pembuatnya tidak berhati-hati sehingga dia sempat juga mengalami masa-masa sulit dalam menjalankan bisnisnya. Kejadian buruk itu dimulai pada tahun 2001, yang mana saat itu Levi’s penjualannya mengalami kemerosotan, awalnya sebesar 7,9$ US kemudian menurun hanya jadi 4,3$ US, luar biasa sekali penurunannya bukan?levi's

Bisa dibilang sebenarnya kesalahan yang dilakukan oleh pemiliknya cukup klasik. Levi’s sangat banyak sekali mengeluarkan varian baru dengan harapan menjangkau skala pasar lebih besar lagi, namun membuat dengan brand yang sama. Kejadian tersebut sangat tidak baik, kemudian menyebabkan imej yang sudah lama dibangun kemudian menjadi rusak. Dimana-mana muncul kecaman, sedangkan saat itu beberapa merk pesaing dari Levi’s mampu berkembang bahkan sangat pesat sekali. Namun lihatlah sekarang Levi’s kembali dengan semangat pantang menyerah dan bangkit.

 

Inilah 7 Kriteria Bisnis Yang Tepat Untuk Anda Perjuangkan Mati-matian keberadaannya

Setelah anda tadi membaca ada beberapa bisnis yang berhasil bangkit dari keterpurukannya kemudian bangkit lagi dan berhasil kembali serta merajai bidang bisnis yang mereka geluti, sekarang saatnya kita belajar bersama dari pengalaman mereka dan juga nantinya akan ada beberapa tambahan kriteria bisnis yang patut diperjuangkan untuk tetap ada dari saya pribadi, lalu apa kriteria bisnis yang tepat untuk diperjuangkan mati-matian keberadaanya? Jawabannya adalah:

 

1. Bisnis Yang Bermanfaat Untuk Banyak Orang (solusi)

solusi

Jika bisnis yang anda lakukan memiliki banyak manfaat bagi orang lain, sekalipun dalam kondisi sulit berusahalah untuk tetap mengembangkannya, karena jika bisnis anda adalah bisnis yang bermanfaat untuk orang lain, artinya:

  • Bisnis yang anda jalankan suatu saat pasti dicari kembali oleh konsumen
  • Kenapa dicari? Sebab bisnis anda bermanfaat
  • Bagaimana bisnis itu bermanfaat? Buatlah bisnis yang merupakan solusi atas masalah orang lain
  • Bisnis yang merupakan solusi bagi masalah orang lain adalah bisnis yang tetap memiliki peminat 🙂

Jika anda tertarik untuk memiliki bisnis yang bermanfaat untuk orang lain, untuk anda yang belum punya bisnis, coba lihat di sekeliling anda (ini hal yang cukup mudahnya), adakah masalah yang banyak dihadapi orang di sekeliling anda? Jika iya, silakan anda catat itu apa saja, dan buatlah bisnis dengan menawarkan bantuan atas permasalahan mereka.

Contoh nyata: andaikan anda seorang mahasiswa, kalau pagi apa masalah utama yang mungkin dihadapi oleh mahasiswa yang mau berangkat kuliah di jam yang sangat pagi? Salah satunya masalah makanan. Kamu bisa lihat itu sebagai peluang, dan tentunya masalah sarapan pagi mahasiswa itu adalah masalah yang bisa kamu pecahkan, solusinya kamu bisa menawarkan atau menjual makan pagi untuk mereka. Contoh masalah lain anda bisa pertimbangkan sendiri, tidak harus masalah anda sendiri untuk mendapatkan bisnis yang merupakan solusi bagi orang lain anda bisa melihat secara general permasalahan yang banyak terjadi di indonesia.

Jika anda adalah pemilik sebuah bisnis maka sebaiknya anda evaluasi apa manfaat yang orang dapatkan dari bisnis yang anda jalani. Apakah ada manfaatnya untuk orang lain? atau hanya keuntungan semata yang akan anda dapatkan. Kalau memang ada manfaatnya walaupun sedikit berusahalah untuk tingkatkan.

 

2. Bisnis yang anda jalain adalah apa yang anda suka

Kenapa bisnis yang anda sukai adalah salah satu yang harus diperjuangkan mati-matian? Jawabannya adalah mahalnya sebuah konsistensi dari apa yang anda lakukan dalam jangka panjang dengan niatan ikhlas di awal akan memberikan banyak hasil di akhir. Bayangkan anda ketika memulai bisnis yang berawal dari hobi, tanpa dibayar pun saya yakin awalnya anda akan totalitas untuk melakukannya, sekalipun bisnis yang anda jalani belum memberikan hasil sama sekali, alias anda menerima pemasukan Rp. 0.

Apakah anda rugi waktu di awal? Iya tentu, namun kemudian jika anda terus berjuang melakukannya dengan alasan itu adalah hal yang anda sukai maka bisnis tersebut sangat layak untuk anda perjuangkan. Mau contoh bisnis yang dikerjakan atas dasar kesukaan di awal? Hmmm, coba anda cari di google untuk urusan contoh suksesnya biar anda lebih percaya dan informasi yang anda dapatkan lebih obyektif.

Contoh peluang bisnis di bidang ini tentu berkaitan dengan hobi anda, tentang apa yang anda suka yang pasti semua tentang anda. Misalkan anda hobi desain, anda bisa membantu banyak orang mendesain rumah impiannya, yang jelas sesuaikan dengan hobi anda. Bisa juga dengan menjalankan bisnis dari hobi banyak orang (apabilan anda termasuk didalamnya) yang artinya hobi tersebut memiliki peminat terus menerus.

 

3. Berpotensi untuk bisa berkembang alias bukan bisnis musiman

bisnis yang bisa berkembangBisnis yang patut diperjuangkan selanjutnya adalah apabila bisnis itu bisa bertahan melewati banyak musim, sebenarnya masalah ini terkesan agak kurang jelas, sebab siapa yang tahu bahwa sebuah bisnis bisa berkembang dengan baik kedepannya? Ya tidak? Namun sedikit sependapat dengan hal ini setidaknya dimasa sekarang anda mampu melihat bahwa bisnis yang anda pilih memiliki prospek yang baik untuk jangka panjang.

Meskipun bukan patokan pasti, kalau saya pribadi lebih terkesan pada bisnis pada barang dasar kebutuhan manusia, seperti sandang papan pangan, yang artinya sandang=pakaian, kemudian papan=tempat tinggal(rumah), pangan=makanan. Kesemuanya memiliki prospek yang cukup cerah versi saya meskipun tidak menutup kemungkinan ada bisnis yang lebih baik prospeknya menurut anda, tinggal dari sudut pandang mana anda melihat.

Bisnis musiman itu adalah bisnis yang lebih kepada selera menurut saya, bukan kebutuhan. Coba tengok demam anturium beberapa waktu yang lalu, bagaimana saat ini keadaanya? Apakah kemarin terlalu over sehingga jadi seperti sekarang ini? Bisa anda simpulkan sendiri. 🙂

 

4. Anda menginginkan keberadaan bisnis anda dan optimis pada bisnis anda

Salah satu mengapa sebuah bisnis sangat perlu diperjuangkan, alasan yang ke #4 adalah karena anda memang menginginkan keberadaanya.

  • Kenapa anda ingin dengan adanya bisnis anda? Tentu karena sebuah alasan
  • Tipsnya buatlah sebuah alasan kenapa bisnis anda harus tetap ada
  • Kalau tidak ada alasan kamu tetap mempertahankan bisnis kamu, maka ….. silakan simpulkan sendiri
  • Sedikit bocoran, bisa dilanjutkan dengan memberikan alasan sebanyak mungkin kenapa bisnis kamu harus tetap ada agar kamu semakin yakin, atau menghentikannya, semoga tidak berhenti

Jika anda sendiri tidak optimis dan tidak lagi menginginkan adanya bisnis anda, jangan tanya kenapa bisnis anda tidak berkembang, apalagi anda sampai bertanya kenapa apakah bisnis yang anda jalani layak untuk dipertahankan? Jika anda saja tidak optimis dan tidak lagi ingin, menurut anda bagaimana seharusnya anda memperlakukan bisnis yang anda jalani saat ini?

 

5. Anda paham bisnis anda

Alasan berikutnya kenapa anda harus memperjuangkan bisnis anda karena anda paham dan tau secara mendalam tentang bisnis anda, seperti misalkan:

  • Mau dikembangkan seperti apa bisnis anda?
  • Bagaimana menyikapi bisnis yang sedang berada pada titik terendah, alias mau bangkrut?
  • Apa kelebihan bisnis anda, dan bagaimana kondisi pasar?

Saya tidak bilang anda harus melakukannya sendirian sebab bisa juga anda bekerjasama dengan orang lain dalam hal pengelolaanya, namun kalau bisa dalam perancangan bisnis ya anda harus tetap terlibat. Maka itu sangat penting untuk anda tau tentang bisnis anda. Kalau ada orang yang bilang, untuk memulai sebuah bisnis tidak perlu tahu ilmunya, menurut anda bagaimana? Ya mungkin untuk teknis pelaksanaannya tidak perlu tau, tapi kalau masalah rancangan untuk pengembangan dan mau berjalan seperti apa, sebisa mungkin anda tetap menguasai pengetahuan dasar itu.

Kerugian kalau anda tidak paham bisnis anda, mungkin anda akan ditipu oleh rekan bisnis atau bawahan anda, anda tidak tahu kondisi anda sendiri, bahkan kedepannya anda tidak tau apa yang akan diperjuangkan, kalau bisnis anda saat ini, anda tidak terlalu menguasai jangan biarkan diri anda diam saja, belajarlah terus berusaha untuk meningkatkan kemampuan pemahaman anda pada bisnis yang anda jalani. Kalau anda memahami saja tidak mau lalu apa yang mau anda kerjakan kedepannya? Sekalipun anda mendapat masukan dari rekan bisnis anda atau bawahan anda, bagaimana bisa anda mengambil keputusan dari hal yang anda tidak pahami.

 

6. Punya perbedaan dengan produk sejenis pada bidang bisnis yang anda pilih

perbedaan dalam bisnisAnda tau kan persaingan dalam bisnis bisa dibilang sangat keras? Jika anda berfikir bahwa bisnis bisa dilakukan dengan hanya ikut-ikutan bisa juga sukses seperti tempat anda meniru, maka anda sepertinya perlu berfikir ulang.

  • Bagaimana mungkin, sebuah bisnis yang hanya meniru bisa lebih baik daripada yang ditiru jika sama?
  • Apakah mungkin bisnis baru yang hanya meniru bisa meniru bisnis sampai ke loyalitas konsumen?
  • Yakin bisa menyaingi bisnis yang lebih dahulu besar dengan brand baru yang bahkan belum banyak orang kenal?

Bisa sih mengambil alih pasar bahkan mengalahkan kesuksesan mereka, tapi, . . . .

“Ada tapinya, yaitu modal yang begitu besar untuk menggilas bisnis yang anda tiru untuk promosi secara masif” Itupun belum pasti menjamin, ingat, bahwa kadangkala loyalitas konsumen tidak bisa sekedar dibeli dengan uang yang anda habiskan untuk promosi. Jika produk yang anda buat memiliki perbedaan dengan produk yang sudah ada di pasaran, maka bisnis yang anda pilih tersebut sangat  layak untuk anda pertahankan, sebab besar kemungkinan bisa menyasar konsumen pada segmen yang berbeda, atau mungkin malah bisa membuat konsumen lebih jatuh cinta pada produk anda.

 

7. Mendekatkan anda dengan sang pencipta

Alasan terkhir atau kriteria terakhir kenapa sebuah bisnis layak untuk anda perjuangkan dengan sungguh-sungguh, adalah karena bisnis tersebut bisa semakin mendekatkan anda dengan sang pencipta. Maksud saya disini, bisnis anda bukan hanya mancari keuntungan dunia semata, namun juga keuntungan akhirat artinya berkah dari sang pencipta. Caranya bagaimana?

  • Anda semakin rajin beribadah, untuk yang beragama islam anda makin punya banyak waktu untuk melakukan sholat sunah seperti sholat dhuha, sholat tahujud, dan sholat sunah lainnya, tentunya sholat wajib tidak lupa
  • Anda semakin banyak meluangkan waktu anda untuk berbakti kepada orang tua yang artinya menggerakkan juga keridhoan Allah SWT atas anda.
  • Semakin banyak harta yang diberikan kepada orang yang lebih membutuhkan

Jika bisnis yang anda lakukan banyak membantu anda untuk bisa mendekatkan diri dengan sang pencipta maka biasanya semakin mudah untuk bisni anda bisa berkembang. Semakin pantas bisnis anda untuk diperjuangkan mati-matian sekalipun dalam kondisi yang sulit, kenapa? Sebab bisnis anda membawa berkah bagi banyak orang, membawa kebaikan dan manfaat bagi banyak orang dan tentunya agama.

Jika bisnis anda membuat anda semakin jauh dengan sang pencipta mungkin ada yang salah entah itu dari bisnis anda ataupun dari cara anda bersikap sehari-hari. Ingat hidup didunia hanya sekali, lakukanlah banyak bermanfaat agar anda bisa lebih banyak mendapatkan kebaikan di dunia ini.

 

Rangkuman alasan kenapa sebuah bisnis patut untuk diperjuangkan:

berjuang untuk bisnis

  1. Bisnis yang anda jalankan bermanfaat untuk banyak orang (solusi atas permasalahan orang lain)
  2. Anda suka melakukannya sekalipun anda tidak dibayar sepeserpun di awal
  3. Bisnis yang anda lakukan punya potensi untuk berkembang
  4. Anda menginginkan bisnis anda dan optimis pada apa yang anda kerjakan
  5. Anda sepenuhnya memahami bisnis yang dikerjakan
  6. Memiliki perbedaan yang menjadi keunggulan daripada produk sejenis di bidang yang sama
  7. Semakin mendekatkan anda dengan sang pencipta

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih sudah meluangkan waktu anda yang sangat berharga untuk membaca artikel ini, semoga apa yang saya tuliskan disini bisa sangat-sangat bermanfaat untuk anda, dan itu harapan saya. Karena saya menulisnya pun meluangkan waktu yang tidak sedikit saya ingin benar-benar apa yang saya tulisakan bisa sangat bermanfaat bagi pembaca yang berkunjung kesini, setidaknya.

Jika anda berkenan untuk membantu saya untuk memberikan manfaat kepada lebih banyak orang lagi dan ikut menjadi bagian dalam rangkaian pengantar kebaikan bagi banyak orang, bantu saya menyebarkan artikel ini sebanyak mungkin sebisa anda, karena mungkin ada orang lain di luar sana yang sangat butuh informasi ini namun kesulitan untuk menemukan artikel ini. Anda bisa membagikannya dengan cara mengcopy paste url artikel ini (http://www.mauproperti.com/7-kriteria-bisnis-yang-tepat-untuk-anda-perjuangkan.html) pada akun sosial media, ataupun dengan membagikannya dengan mengklik tombol sesuai akun sosial media yang anda miliki dibawah ini, dan informasi ini akan tersebar melalui dinding tempat anda biasa menuliskan status anda.

Jika ada yang mau ditanyakan dari apa yang sudah disampaikan silakan, tuliskan di kotak komentar dan kita akan mulai diskusinya, jangan ragu untuk berbagi dan bertanya.. 🙂 Jika anda mau lebih personal untuk diskusi silakan tanyakan melalui email admin@mauproperti.com tentunya dengan menjelaskan terlebih dahulu tentang diri anda beserta kontak yang bisa saya hubungi dengan segera. Tidak ada yang lebih indah dan memberikan ketenangan selain berbagi. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini, sekian dan terima kasih, anda bisa menemukan artikel menarik lainnya terkait topik bisnis dan properti di www.MauProperti.com

Incoming search terms:

  • ciri bisnis yg harus di perjuangkan meski belum ada hasil
  • bisnis itu harus yang mendekatkan kita kepada sang pencipta
  • perusahaan yang tidak bisa diperjuangkan
  • kriteria usaha yang dapat berkembang
  • kriteria usaha yang baik
  • kriteria peluang bisnis yang bagus
  • kriteria bisnis yang baik
  • kriteria bisnis
  • kata kata dari waktu kita tau mana yang harus di pertahankan di perjuangkan
  • usaha yang layak d pertahankam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *