8 Langkah Ini Akan Memandu Anda Membeli Rumah dan Tanah

Rumah? Tanah? Siapa sih yang tidak ingin memiliki rumah ataupun tanah? Saya rasa kita semua ingin memilikinya entah untuk keperluan pribadi guna ditempati ataupun bagi yang berniatan untuk berinvestasi untuk kedepannya. Sekarang anda tidak perlu lagi bingung bagaimana membeli rumah dan tanah. Berikut ini ada 7 langkah yang akan memandu anda untuk membeli rumah dan tanah.

membeli-rumah-dan-tanah

Langkah-langkah yang akan dijelaskan berikut ini semoga bisa membantu anda untuk yang berkeinginan membeli rumah ataupun tanah minimal membuat anda tidak lagi bingung mau mulai dari mana kalau beli rumah dan tanah. Yuk dibaca.

1. Menentukan Budget

hitungan-membeli-rumah-dan-tanah

Dimulai dari hal pertama yaitu menentukan budget. Terdengan sekedar angka, namun hal ini nantinya yang akan menjadi pertimbangan mutlak sebelum anda memutuskan untuk melangkah ke tahapan selanjutnya. Di awal sebaiknya anda sudah tau berapa besar dana yang nantinya akan anda sediakan untuk membeli rumah tersebut.

Baca juga: Bagaimana Cara Memilih Cat Rumah Dengan Budget Rendah?

Misalkan anda menyediakan dana 200 juta rupiah, atau 500 juta rupiah, atau berencana untuk membeli tidak cash. Kalau tidak cash berapa di awal yang sanggup dibayar, dan range rumah yang dipilih yang harganya berapa, sebaiknya di awal sudah disepakati bersama. Apalagi kalau anda sudah berkeluarga, ajaklah keluarga anda berdiskusi. Pikirkan juga untuk menyiapkan dana cadangan untuk hal-hal yang tidak terduga agar proses transaksi lancar.

2. Menentukan Spesifikasi

Setelah menentukan berapa besaran nominal dana yang disediakan untuk pembelian rumah dan tanah tersebut, hal berikutnya adalah menentukan bagaimana spesifikasi minimal yang harus ada di rumah tersebut. Misalkan saja ada 2 kamar tidur, atau 3 kamar tidur, rumah menghadap ke barat, rumah yang mempunyai kolam renang dan sebagainya.

Baca juga: Yuk Intip Rumah yang Ramah Lingkungan Kepunyaan Lionel Messi

Saran saya di penentuan spesifikasi ini, tentukan hal penting yang harus ada di rumah tersebut. Seperti fasilitas pendukung sebaiknya di catat saja namun sebaiknya tidak menjadi prioritas karena sifatnya tidak terlalu urgent, dan bisa di renovasi dari rumah yang dibeli nantinya untuk ditambahkan sehingga fasilitas pendukung juga ada. Yang dimaksud fasilitas pendukung ini seperti kolam renang itu tadi, gazebo dan lainnya. Jika itu yang anda mau, pilih rumah yang ada sisa tanah untuk anda berkreasi.

3. Menentukan Prioritas Lokasi

menentukan-lokasi-pembelian-rumah-dan-tanah

Lokasi, lokasi lokasi. Kebanyakan saat memilih rumah dan tanah lokasi ini selalu mejadi primadona ketika membeli. Kenapa lokasi begitu penting? Karena nantinya akan memudahkan anda sendiri. Pilihlah lokasi yang mudah diakses, dalam artian untuk menuju ke lokasi rumah tersebut tidak sulit entah jalannya sulit dicari, atau kondisi jalan buruk atau apa saja yang sekiranya memudahkan menuju lokasi tersebut.

Lokasi tersebut mudah ditemukan, misalkan dekat dengan fasilitas umum yang ada, jadi kalau memberikan info ke teman yang mau berkunjung ke rumah nantinya mudah. Lokasi juga menjadi pertimbangan yang menentukan harga dari rumah dan tanah yang dipilih nantinya. Kalau lokasi dianggap bagus biasanya harga dari rumah dan tanah juga mahal. Ini kembali lagi menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Jadi di awal pasang prioritas lokasi mana saja nantinya yang akan didahulukan apabila memang ada rumah dan tanah dijual disekitar sana.

4. Mencari Info Properti Dijual

Setelah menentukan budget, spesifikasi minimal rumah yang harus ada dan prioritas lokasi mulailah untuk mencari info properti dijual yang sesuai dengan ketentuan yang sudah dibuat sebelumnya tadi. Cara mencarinya pun beragam, misalkan dengan mencarinya di internet. Bisa juga dengan survei langsung ke lokasi dengan berkeliling. Alternatif lainnya bisa menggunakan jasa agent properti yang mumpuni untuk membantu anda.

Baca juga: Tips Memilih dan Membeli Rumah Lewat Internet

Cari sebanyak mungkin yang sekiranya mungkin akan memenuhi harapan anda sebagai referensi juga masalah harga yang mungkin akan bervariasi.

5. Menghubungi Pemilik Rumah dan Tanah

menghubungi-pemilik-rumah

Langkah selanjutnya adalah menghubungi pemilik rumah dan tanah yang memang anda inginkkan, tidak perlu semuanya, hanya beberapa objek yang anda anggap akan anda sukai. Tanyakan informasi dasar dari properti yang belum anda ketahui. Misalkan bagaimana sertifikat, surat-surat dan harga. Selain itu buatlah janji agar bisa bertemu dengan pemiliknya untuk sekedar melihat kondisi bagian dalam rumah dan tanah sekalian bediskusi.

6. Survei Lokasi dan Dokumen

Nah sekarang saatnya anda untuk mulai melakukan survei lokasi sesuai kesepakatan. Ketika dilokasi mulailah mencairkan suasana bertanya tentang seluk beluk properti yang dijual. Mungkin alasanya dijual. Bagaimana juga masalah dokumen-dokumen yang sudah dibicarakan di telpon, apakah memang ada? Nah mungkin anda perlu melihatnya secara langsung. Bagaimana nanti masalah harga dan sebagainya, mulailah untuk bertanya apakah ada kemungkinan untuk nego dan sebagainya kalau mungkin memang dana yang anda miliki kurang mencukupi.

7. Negosiasi

Lakukan negosiasi dengan harapan sebagai pembeli anda mendapatkan harga yang terbaik sesuai kualitas dari rumah. Jika kemudian mendapatkan harga yang terbilang murah versi anda itu adalah rezeki anda. Namun sebaiknya tidak menawar terlalu berlebihan. Atau kalau memang anda ada kendala di pembayaran yang dinego bisa juga masalah waktu pembayarannya, apakah ada kemungkinan bisa dimundurkan. Agar juga memudahkan anda untuk mencari kekurangan dana dari harga yang di tawarkan.

Baca juga: Langkah Bernegosiasi Ketika Membeli Rumah

8. Pembayaran

Lakukan pembayaran, dan kemudian rumah akan menjadi milik anda. Lanjutkan dengan pergi ke notaris untuk mengurus segala dokumen-dokumen yang terkait dengan transaksi jual beli tersebut.

Sedikit gambaran tersebut semoga dapat membantu anda memahami setidaknya bagaimana secara umum langkah untuk membeli rumah dan tanah. Selebihnya akan ada penyesuaian di lapangan untuk kondisi sesungguhnya. Semoga bermanfaat, selamat mencari rumah baru.

Tags :
8 Langkah Ini Akan Memandu Anda Membeli Rumah dan Tanah | admin | 4.5

Leave a Reply

/* */