Harga Smartphone
Sedang memuat ...

8 Rahasia Menjadi Pemimpin yang Baik Bijaksana dan Dicintai

8 Rahasia Menjadi Pemimpin yang Baik Bijaksana dan Dicintai – Bagaimana seorang pemimpin bisa begitu dicintai oleh pengikutnya? Bagaimana sebenarnya rahasia menjadi pemimpin yang baik, bijaksana dan dicintai oleh pengikutnya? Mungkin sebagian dari anda sebelumnya pernah merasakan bagaimana terpaksa harus memimpin namun ternyata yang dipimpin kadangkala tidak mau untuk mengikuti apa yang anda sampaikan. Tentu tidak menyenangkan bukan?

Menjadi pemimpin sebenarnya anda hanya harus memimpin orang lain, terdengar simple dan sederhana namun sulit untuk dilakukan. Tidak mudah memimpin, terutama bagi mereka yang belum terbiasa. Jika anda adalah salah satu dari sekian banyak orang yang kesulitan dalam memimpin namun sedang dihadapkan pada keadaan dimana anda terpaksa harus memimpin, semoga artikel ini bisa membantu menjawab permasalahan anda.

Baca juga: Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Sebagai Pengusaha

Menjadi pemimpin yang baik bijaksana dan dicintai

pemimpin yang baik bijaksana dan dicintai pengikut

Pemimpin yang baik adalah : Logikanya sederhana bagaimana pemimpin bisa sangat-sangat dicintai oleh pengikutnya, katakanlah anda seorang pengikut, coba sekarang bayangkan orang yang biasa memimpin anda, entah itu boss anda atau siapapun dalam hidup, bayangkan sekarang… sudah? Kira-kira agar mereka anda cintai sebagai seorang pemimpin maka apa yang anda harapkan dari mereka? Salah satunya mungkin sifatnya yang baik terhadap anda, bijaksana dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang anda hadapi dan lain sebagainya, saya yakin pokoknya bisa memberikan dampak yang baik untuk hidup anda, itulah pemimpin yang baik.

Namun, tahukah anda bahwa seorang pemimpin tidak hanya harus mengurusi satu orang saja dalam kepemimpinannya, namun banyak orang dalam satu waktu. Membagi pikiran dan prioritas untuk mendahulukan yang benar-benar butuh bantuan, butuh diarahkan, dan mana yang butuh untuk di prioritaskan.

Jadi intinya,..

Baca juga :

Jikalau saat ini anda adalah seorang pemimpin yang sedang kesulitan untuk mengendalikan pengikut anda, anda kesulitan untuk memimpin, anda kesulitan untuk bagaimana menjalankan prosedur kepemimpinan yang harus anda pegang, anda perlu ingat bahwa yang anda pimpin bukan satu orang. Setiap kebijakan yang anda ambil tentunya akan dirasakan banyak orang yang anda pimpin. Satu keputusan memang kadangkala tidak bisa membuat semua orang serta merta akan menjadi suka pada anda, cinta pada anda, menganggap anda baik dan bijaksana. Apalagi jika tingkat kepemimpinan anda sudah tinggi dan membawahi ribuan orang, bisa anda bayangkan, dibawah anda akan muncul banyak kelompok yang memiliki kepentingan.

Maksudnya apa? Jadi, setiap keputusan yang anda ambil sepertinya akan sulit dan hampir mustahil menyenangkan setiap orang, yang perlu anda lakukan adalah melakukan yang terbaik dan biarkan sisanya mereka yang menilai. Anda tidak perlu terlalu stres karena anda kesulitan dalam memimpin, sebab gaya kepemimpinan anda nantinya juga akan ada yang suka dan ada yang tidak suka, itu hal yang lumrah. Lagi-lagi yang perlu anda lakukan adalah melakukan yang terbaik, terbaik versi anda tentunya dengan memperhatikan beberapa masukan dari orang yang anda percayai dan mempertimbangkan dengan matang.

Cara menjadi pemimpin yang baik bijaksana dan dicintai oleh pengikut

Menjadi pemimpin yang bisa mempertimbangkan segala sesuatunya dengan baik, melakukan yang terbaik dan segala hal yang luar biasa untuk yang dipimpin, itulah yang sekiranya masih bisa diusahakan untuk dilatih. Munculnya pertimbangan yang baik dan matang tentu tidak terlepas juga oleh pengalamannya di masa lalu, sehingga jadilah seorang pemimpin bisa bijak dalam memimpin. Beberapa cara dibawah ini bisa anda jadikan pertimbangan bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik bijak dan disukai pengikut anda. Simak dan ketahui ciri pemimpin yang baik berikut ini.

1. Rahasia Menjadi Pemimpin yang Baik Bijaksana dan Dicintai : Mau mendengarkan masukanpemimpin yang baik mendengarkan masukan

Seorang pemimpin yang bijaksana akan mau untuk memberikan masukan dan tentunya mau juga untuk mendengarkan masukan dari siapapun. Mendengarkan masukan pun nantinya tetap harus dipilah mana yang memang bisa memberikan dampak perubahan signifikan dari penerapan kebijakan dari masukan tersebut.

Baca juga: 4 Alasan Kuat Kosumen Mau Percaya dan Suka Pada Anda

Dalam bisnis dan bekerja ada banyak sekali nantinya masukan, untuk bisnis biasanya dari pelanggan, dari calon pelanggan, dan juga rekan atau partner anda. Jika anda adalah pemimpin dalam sebuah perusahaan, biasaya nanti akan ada berbagai masukan dari rekan kerja, dari bos besar anda dan sebagainya. Jadilah anda seorang yang mau mendengarkan masukan, dan memang mengkoreksi diri anda mengenai masukan yang diberikan.

2. Rahasia Menjadi Pemimpin yang Baik Bijaksana dan Dicintai : Berwawasan luas

Kenapa pemimpin yang baik dan bijaksana haruslah mempunyai wawasan yang luas? Ingat yang namanya kepemimpinan seringkali dihadapkan pada keharusan untuk membuat keputusan. Minimnya pengetahuan tentang suatu hal tentu akan mengurangi kebaikan dari keputusan yang harus diambil. Pemimpin yang berwawasan luas akan bisa menjadikan dirinya lebih bijaksana dalam pengambilan keputusan.

3. Rahasia Menjadi Pemimpin yang Baik Bijaksana dan Dicintai : Akui kesalahan

Dalam kehidupan sebagai manusia yang namanya berbuat kesalahan mungkin saja terjadi, termasuk sekalipun anda sebagai pemimpin, tentu pernah sesekali anda berbuat salah, bukan? Jika sampai hal itu terjadi dan anda menyadarinya, sebaiknya anda tidak menyalahkan orang lain atas kesalahan itu. Akui saja, dan segera cari cara bagaimana memperbaikinya, bukan malah mencari kambing hitam untuk dikorbankan atas kesalahan anda.

Baca juga: 4 Karakter yang Wajib Dimiliki Calon Pengusaha Sukses

Misalkan anda seorang pemimpin, kemudian ada anggota anda yang melakukan kesalahan, jangan habiskan waktu anda untuk menyalahkannya di hadapan banyak orang, namun carilah solusi atas permasalahan yang terjadi. Pastikan juga anda bertanggung jawab atas yang dilakukan oleh bawahan anda, sebab mereka memang tanggung jawab anda. Mereka hadir dalam tim anda, tentunya karena mungkin campur tangan anda dan juga anda percaya pada mereka sehingga anda memberikan pekerjaan untuknya. Maka itu ketika terjadi kesalahan, evaluasi juga diri anda, tentunya.

4. Buat interaksi

interaksi dalam tim

Dalam sebuah tim, dimana anda sebagai pemimpinnya perlu yang namanya interaksi antar anggota didalamnya tetap mampu bekerja sebagai sebuah tim. Tim seperti ini harus saling mendukung, saling memberikan masukan demi kemajuan dan kesuksesan bersama. Jika anda ada di dalam bagian sebuah tim, maka sebisa mungkin anda pancing dan bangun interaksi yang baik diantara mereka agar benar menjadi tim yang solid.

5. Berikan apresiasi

Memancing kerja yang keras dalam sebuah tim bisa dilakukan caranya dengan memberikan apresiasi pada mereka yang berprestasi. Hal ini tentunya juga diimbangi dengan pemberian beban yang tepat, jangan sampai anda memberikan apresiasi misalkan dengan target penjualan sekian mendapat bonus yang luar biasa. Namun, targetnya tidak masuk akal untuk dicapai.

Memberikan apresiasi untuk seorang pegawai tentunya akan memberikan dampak positif baik untuk pegawai tersebut yaitu semakin terpacu untuk terus berprestasi, dan juga memacu pegawai lainnya untuk bisa ikut menjadi pegawai yang berprestasi. Pemimpin yang baik dan bijak tentunya akan menghargai kerja keras bawahannya.

Artikel lainnya: Tentang pengembangan diri dalam bisnis dan kepemimpinan

6. Cinta dalam tim

Menghadirkan cinta dalam tim, maksudnya disini adanya rasa saling mengasihi antar anggota didalam sebuah tim yang anda pimpin. Pemimpin yang baik mampu mencairkan suasana dan membentuk tim yang solid dengan pendekatan yang berbeda, salah satunya dengan menghadirkan cinta dalam tim.

Bekerja dengan rasa suka tentu akan berbeda dengan yang tidak suka, maka itu keberadaan cinta dalam tim ini cukup penting sebab suasana kerja akan menjadi lebih menyenangkan dan tidak kaku hanya itu itu saja, namun bisa lebih berkembang dengan adanya cinta.

7. Menghapus keraguan dalam pikiran

8 Rahasia Menjadi Pemimpin yang Baik Bijaksana dan Dicintai

Pemimpin yang baik sebaiknya tidak memiliki keraguan dalam berfikir dan bertindak. Setiap keputusan yang diambil dan sudah disampaikan tidak selayaknya diragukan oleh pemimpin sendiri. Menjadi pemimpin harus tegas dan memang mau berkomitmen atas apa yang sudah disampaikan dan menjadi sebauh keputusan.

Jika sudah menetapkan sebuah target maka dilakukan, dan dikerjakan dengan sungguh-sungguh agar berhasil. Benar-benar menggerakan semua yang dimiliki untuk mewujudkannya. Jika pemimpin saja ragu tentunya hal itu juga nantinya akan berpengaruh pada kinerja pegawai, mungkin saja pegawai juga akan menjadi malas mengerjakan karena tidak ada kejelasan malah muncul berbagai keraguan.

8. Ambil waktu lebih

Jika anda sebagai seorang pemimpin pastikan ketika memang anda benar-benar kesulitan mengambil sebuah keputusan untuk orang banyak. Luangkan waktu anda untuk berfikir hal khusus tersebut, jika perlu mundurkan waktu untuk pengumuman kebijakan sampai kebijakan yang dibuat benar-benar siap untuk disampaikan. Jangan memaksakan untuk segera dan segera kalau memang tidak memungkinkan. Sebab dalam memimpin akan banyak dampak yang ditimbulkan dari satu pengambilan kebijakan, jika memang butuh maka ambil waktu lebih untuk berfikir.

Tips menjadi pemimpin yang baik bijaksana dan dicintai oleh semua

Fokus anda dalam menjadi pemimpin yang baik bijaksana dan dicintai oleh semua adalah dengan mendahulukan kepentingan orang banyak, memastikan bahwa apa yang anda pilih memberikan banyak manfaat dan kebaikan untuk orang banyak. Jika anda bertanya bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik bijak dan disukai oleh banyak orang, sepertinya tadi sudah dijelaskan juga, yaitu:

  • Mau mendengarkan masukan
  • Berwawasan luas
  • Akui kesalahan
  • Buat interaksi
  • Berikan apresiasi
  • Cinta dalam tim
  • Menghapus keraguan dalam pikiran
  • Ambil waktu lebih

Ingat untuk selalu memberikan yang terbaik dalam sebuah keputusan, jika nantinya ada yang suka dan tidak suka itu hanyalah bonus dari apa yang anda kerjakan. Selama apa yang anda kerjakan sudah baik dan memang sudah anda pertimbangkan dengan matang, jangan ragu menghadapi penolakan, asalkan anda benar-benar bertujuan memberikan manfaat untuk sesama.

Berbicara tentang manfaat, jika artikel tentang menjadi seorang pemimpin ini anda rasa bermanfaat untuk anda, bantu saya untuk memberikan manfaat juga kepada orang disekitar anda, dengan cara anda membagikan artikel 8 Rahasia Menjadi Pemimpin yang Baik Bijaksana dan Dicintai melalui akun media sosial yang anda miliki seperti facebook dan instagram, dengan begitu mungkin akan banyak orang yang membutuhkan informasi ini lebih terbantu. Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat.

/* */