Bagaimana Cara Membeli Rumah Tanpa Utang Bank?

Rumah adalah tempat untuk tinggal, baik untuk sekedar berlindung dari panas dan hujan ataupun tempat untuk berkumpul bersama keluarga besar. Keinginan untuk membeli rumah apalagi membeli rumah tanpa utang bank, mungkin bagi sebagian orang adalah sesuatu yang patut untuk diperjuangkan demi keluarga tentunya. Namun tidak sedikit yang sampai sekarang masih merasa kesulitan untuk memiliki rumah, lebih tepatnya memiliki rumah idaman untuk keluarga tanpa harus berhutang kepada bank.

Membeli rumah dengan utang kepada bank, bagi sebagian orang adalah jalur tol alternatif bagaimana cara cepat memiliki rumah. Apakah itu cara yang salah? Bisa anda simpulkan sendiri dari bunga yang harus anda bayarkan saat mencicil. Namun, bagi sebagian orang hal itu cukup memberatkan. Maka itu jika anda ingin memiliki rumah namun tidak tahu bagaimana cara selain utang kepada bank dengan segepok bunga yang nanti anda dapatkan, mungkin artikel ini akan bisa membantu anda.

 

Cara Membeli Rumah

beli rumah tanpa utang bank

Cara untuk membeli atau memiliki rumah tanpa hutang bank, sebenarnya sama seperti proses kepemilikan rumah pada umumnya. Untuk informasi dimana anda dapat mencari rumah yang harganya murah adalah mencari melalui media internet. Selanjutnya setelah anda memilah dari beberapa pilihan yang jumlahnya banyak, anda bisa survei terlebih dahulu tentang kondisi rumah yang akan dibeli. Jika tidak cocok anda bisa mencoba melihat-lihat pilihan rumah lainnya. Membeli rumahnya sih tidak harus rumah baru, namun bisa juga rumah second. Walaupun mungkin rumah second ada perbedaan dibandingkan dengan rumah yang baru dibangun namun tidak ada salahnya anda juga mempertimbangkan hal ini.

Artikel terkait:

Membeli rumah pada umumnya intinya sama seperti pembelian pada umumnya. Pastikana anda tetap teliti ketika membeli, itu saja. Lalu bagaimana agar bisa memilikinya tanpa harus pinjam uang ke bank? Berikut ini penjelasannya.

 

Persiapan membeli tanpa utang bank

Sebelumnya pastikan dulu anda memiliki persiapan yang cukup matang dalam hal membeli rumah yang anda suka. Persiapan ini juga penting sebab anda ketika membaca artikel ini saya yakin ingin memiliki rumah namun tanpa utang bank yang bunganya lumayan itu. Persiapan yang utama adalah keinginan anda tentunya, keinginan untuk memang menghindari pinjaman uang di bank.

Persiapan lain yang juga harus anda siapkan adalah waktu lebih untuk mencari properti atau rumah yang harganya lebih murah, sebab apabila uang anda terbatas namun tidak ingin melibatkan bank dalam transaksi maka anda sebisa mungkin mencari rumah dengan harga yang lebih murah.

 

Cara membeli rumah tanpa utang bank

Jika anda merasa persiapan mental anda sudah benar-benar siap. Maka hal selanjutnya adalah bagaimana cara membeli rumah tanpa harus utang ke bank anda bisa simak disini.

1. Beli tanah bangun perlahan

beli sawahCara pertama membeli rumah tanpa utang bank adalah dengan mencicil, anda tidak salah baca, anda harus mencicil. Maksudnya adalah mencicil dalam pembuatan rumah, awalnya anda bisa membeli tanah dalam ukuran tertentu, perlahan anda bisa bangun rumah idaman yang sesuai dengan kriteria anda. Cara ini cukup efektif untuk membeli rumah namun tanpa hutang ke bank. Memang terkesan tidak penting, namun dari pada anda harus mengeluarkan uang untuk mencicil setiap bulannya kepada bank, lebih baik anda gunakan cicilan itu untuk sedikit-sedikit membeli bahan bangunan (kadang ada toko material yang boleh dibeli dulu, ambil belakangan).

Ketika uangnya sudah ditabung cukup banyak, dan material sudah dirasa agak cukup, anda bisa memulai mengerjakan rumah. Perlahan tapi pasti, ketika dana sudah mau habis anda bisa akhiri terlebih dahulu, ketika ada lagi dana, anda bisa mulai lagi. Memang sedikit lebih lama namun hasilnya tentu akan lebih memuaskan.

2. Pinjam saudara

Cara selanjutnya membeli rumah tanpa utang bank adalah dengan meminjam pada saudara, atau siapapun yang anda kenal baik. Kelebihannya tentu bunga mungkin tidak ada ataupun kecil sekali kalau memang harus berbunga, cara ini cukup efektif apabila digabungkan dengan cara beli tanah dan bangung perlahan seperti cara no #1.

Perhatian anda hanya tertuju bagaimana cara mengembalikannya sesegera mungkin saja, sebab mungkin saudara anda butuh uang juga. Maka itu jika anda meminjam dalam jumlah besar sangat tidak direkomendasikan. Sebaiknya peminjaman sedikit-sedikit saja.

3. Jika kepemilikan rumah untuk bisnis, maka anda bisa patungan

Jika rumah yang ingin anda beli adalah rumah yang dipertukan untuk bisnis, maka alternatif lainnya anda bisa memuali bisnis tersebut dengan patungan membeli rumah. Cara ini bisa setidaknya meringankan beban anda daripada harus membeli rumah sendirian.

Baca juga : Tips dan Cara Bisnis Sewa Properti (Rumah)

 

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat membeli rumah tanpa utang bank

membeli rumah tanpa utang bank

Cara-cara sudah dipaparkan diatas, bagaimana cara mempersiapkan juga sudah dijelaskan. Sekarang tinggal ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian anda, atau fokus anda saat memutuskan membeli rumah tanpa utang bank. Beberapa hal tersebut antara lain adalah:

  • Niat utama anda
  • Perbanyak baca referensi terkait pembelian rumah agar anda bisa membuat cara anda sendiri untuk membeli rumah tanpa utang bank
  • Pelajari lebih dalam dari pemaparan yang sudah dijelaskan sebelumnya
  • DOA DOA DOA, dan berusaha

Terima kasih telah membaca semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, atau setidaknya bisa mengenalkan anda pada sesuatu yang baru. Jika anda suka artikel ini anda bisa membagikannya melalui akun media sosial yang anda miliki. Informasi lain terkait bisnis properti, kepemilikan rumah dan sebagainya anda bisa temukan di www.mauproperti.com

Incoming search terms:

  • cara punya rumah tanpa utang
  • cara membeli rumah tanpa hutang
  • Beli rumah tanpa hutang
  • pengen punya rumah tanpa hutang
  • cara investasi tanah tanpa modal
  • cara membangun rumah tanpa modal
  • cara beli rumah tanpa utang
  • beli rumah tanpa uang tanpa utang
  • beli rumah tanpa uang
  • cara bikin rumah tanpa hutang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *