Bagaimana Cara Memulai dan Menjalankan Bisnis Agen Properti

Jika anda ingin berbisnis properti meskipun dengan modal yang minim, anda bisa memulai bisnis agen properti. Anda tidak perlu terlalu gelisah, sebab meskipun bisnis properti memang identik dengan orang kaya, namun bukan berarti untuk anda yang sedang merintis kekayaan tidak bisa ikut terjun di bisnis properti. Bisnis properti tidak ada yang tidak mungkin terjadi didalamnya, memulai bisnis agen properti pun saat ini tidak kalah mentereng dengan pusaran bisnis properti yang lainnya, tentunya selain itu keuntungan yang didapatkan tidak kalah menjanjikan pula, bisa dibilang banyak.

Bisnis apapun itu, termasuk bisnis agen properti. Kita tentu pernah bukan mendengar prinsip ekonomi, dengan modal sekecil mungkin harus bisa mendapatkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya. Tidak ada yang salah juga dengan hal itu, namun kebanyakan jadi salah kaprah untuk tidak mau mengeluarkan modal sama sekali dalam bisnisnya namun ingin mendapatkan keutungan yang besar. Bisa? Kadangkala hal itu bekerja bagi sebagian orang yang punya kreativitas kelas tinggi, itupun mereka dapat tentunya dari pengalaman doa dan usaha. Namun kebanyakan akan sedikit kesulitan jika harus memaksa untuk menggunakan prinsip ekonomi tersebut.

Baca juga: Mau Ikutan Bisnis Properti Tapi Nggak Punya Modal? Begini Caranya

 

Cara memulai bisnis agen properti

memulai bisnis agen properti

Lalu apa hubungannya antara prinsip ekonomi dengan bahasan kita kali ini mengenai cara memulai bisnis agen properti? Perlu anda ketahui bahwa bisnis agen properti ini meskipun secara kasar tidak terlihat butuh modal dalam artian butuh modal besar, namun akhirnya memang harus ada modal yang harus dikeluarkan di awal. Bisnis agen properti ini misalnya tentu anda akan butuh biaya awal berupa kantor, pulsa, koneksi internet dan perlengkapan kantor lainnya.

Tentu meskipun di awal harus disediakan ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengakali dalam menyediakan kebutuhan-kebutuhan tersebut. Kantor misalnya tidak perlu yang mahal dan harus beli. Anda bisa sewa terlebih dahulu, jika sudah mulai berkembang, anda bisa memilih untuk pindah ke kantor lain yang lebih besar. Untuk kebutuhan lainnya silakan anda mengakali dan berfikir kreatif untuk menyelesaikan masalah kebutuhan yang lainnya.

Baca juga : Tips Memulai Menjadi Broker atau Agen Properti Profesional Sukses

 

Tips untuk persiapan memulai bisnis agen properti

Beberapa hal berikuti ini perlu anda lakukan untuk mempersiapkan bisnis agen properti yang akan anda jalani. Meskipun prospek bisnis properti pada umumnya cukup bagus namun akan tetap ada yang namanya kendala dalam sebuah bisnis, jadi anda tetap harus siaga.

  1. Persiapan mental yang kuat

Hal pertama dalam membangun sebuah bisnis yang harus disiapkan adalah mental. Ada beberapa kejadian dimana penjual properti (pemilik) merasa tidak ada manfaatnya sama sekali ketika seorang agen properti menawarkan jasanya yang dimiliki yaitu untuk membantu pemasaran rumah. Ingat bahwa sebuah penolakan itu juga pernah dirasakan siapapun di dunia penjualan, mereka yang hebat dalam menjual pun seharusnya juga pernah merasakan yang namanya penolakan. Jika anda masih baru jangan sampai anda terlalu memikirkan masalah penolakan ketika menawarkan properti ataupun menawarkan jasa anda untuk membantu pemilik properti menjual rumah mereka.

  1. Penguasaan penuh pada konsep bisnis anda dan juga pengetahuan tentang properti

Pengetahuan tentang properti yang dimaksud disini adalah pengetahuan properti secara umum, dan juga pengetahuan mengenai properti yang dijual. Penting sekali untuk anda mengetahui kondisi dan ilmu properti serta segala hal yang terkait untuk memudahkan anda dalam memasarkan properti yang akan anda bantu jual. Pengetahuan tentang properti ini juga akan sangat banyak membantu anda memberikan saran yang maksimal kepada setiap pihak yang terlibat dalam transaksi seperti penjual dan pembeli.

  1. Persiapakan dana khusus untuk promosi

Promosi yang dimaksud dan harus dianggarkan bukanlah sekedar promosi tentang produk yang dijual namun juga tentang brand dari agen properti kita. Pastikan untuk memudahkan segala hal baik untuk menawarkan jasa anda dan menjual properti brand anda juga ikut dikenal, agar lebih mudah tentunya dalam transaksi berikutnya, karena brand anda sudah dikenal. Namun pastikan yang muncuk dibenak konsumen ketika mendengar brand anda adalah sesuatu yang baik.

Promosi pun sekarang jadi lebih mudah sebab ada teknologi informasi yang membantu untuk memudahkan dalam pemasaran. Tentunya anda juga harus menyediakan sumber daya yang mumpuni untuk melakukan promosi via online ini.

Baca juga : Bagaimana Cara Menjual Rumah Online di Internet Dengan Mudah?

  1. Perbanyak jaringan silaturahmi

pentingnya silaturahmi dalam bisnis agen propertiSepertinya terkesan sepele dan sederhana, yang dimaksudkan disini adalah memperbanyak relasi yang masih terkait di bidang properti, siapa tahu bisnis anda dengan rekan dapat bersinergi sehingga bisa saling memberikan kekuatan dalam artian bersinergi dan saling mereferensikan. Sedikit melenceng keutamaan dalam silaturahmi juga dapat mempermudah rezeki orang yang melakukannya. Secara logika adalah seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Coba anda pahami lagi agar bisa lebih mengerti.

 

Cara menjalankan bisnis agen properti agar prospeknya cerah

Jika anda sudah tahu bagaimana mempersiapkan dalam memulai bisnis agen properti, maka anda juga harus tau bagaimana menjalankannya agar apa yang sudah anda siapkan sebelum memulai bisnis agen properti bisa memberikan kesempatan anda untuk sukses dan memiliki prospek bisnis yang cerah. Dalam menjalankan bisnis properti atau apapun bidang bisnis lainnya yang anda jalankan, maka yang menjadi prioritas adalah konsumen. Ingat bahwa adanya konsumen adalah penting dan harus anda utamakan, maka itu setiap apa yang anda lakukan dalam bisnis adalah berorientasi kepada konsumen.

Baca juga : Rahasia Membuat Pelanggan Jatuh Cinta Pada Anda dan Bisnis Anda

Beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk bagaimana memberikan prospek cerah dalam bisnis agen properti anda, dengan cara melakukan penanganan konsumen yang maksimal adalah sebagai berikut:

  1. Jujur terhadap konsumen

Pentingnya jujur ini adalah lebih kepada bagaimana kita menjelaskan tentang properti yang kita jual ini dari segi kekurangan dan kelebihan yang sifatnya obyektif. Tugas kita sebagai agen properti adalah memberikan saran bukan sekedar menjual dan lepas. Namun memberikan sebuah kepuasan dari berbagai pihak. Isitilah gaulnya adalah win:win solution (baca: semua untung) pembeli untung karena membeli sesuai yang diinginkan, penjual untung karena dijual dengan harga maksimal, dan tentunya anda juga untung dan mendapat nama baik karena sudah bisa membantu.

  1. Perbanyak listing

bisnis rumah

Apa itu listing? Dalam dunia agen properti hal itu dapat diartikan dengan stok pilihan properti yang dimiliki. Jika anda ingin memulai bisnis agen properti maka yang harus anda lakukan nantinya setelah bisnis anda jalan adalah dengan memperbanyak listing. Ketersediaan listing dalam jumlah banyak nantinya akan sangat membantu dalam memberikan saran kepada konsumen. Sebab pilihan rumah atau objek properti yang ditawarkan menjadi banyak dan beragam pilihannya. Tujuan akhirnya adalah kepuasan konsumen.

  1. Menjalani dengan senang hati

Bagaimana membuat konsumen suka dan ikhlas atau bahkan jatuh cinta pada bisnis anda dan apa yang anda berikan, yaitu dengan anda juga menyukai apa yang anda lakukan. Jika anda melakukan apa yang anda suka tentunya hasilnya juga akan maksimal, tanda suka biasanya ditunjukkan dengan melakukan apa yang dikerjakan dengan senang hati. Aura positif yang ditimbulkan juga akan memberikan pengalaman berbeda kepada konsumen sehingga mereka juga merasa senang dengan pelayanan anda.

 

Memulai dan menjalankan bisnis agen properti

Jika anda sudah tau ilmunya segeralah take action, secepat mungkin anda bisa melakukannya asalkan mau, dan ingin. Anda bisa membaca berulang kali sampai anda benar paham mengenai cara untuk memulai dan menjalan bisnis agen properti disini. Sekedar informasi rangkuman bahwa dalam memulai bisnis properti tentu akan ada banyak hal yang harus dipersiapkan salah satu yang utama sebenarnya adalah masalah niat yang kuat. Keyakinan yang kuat bisa membantu anda untuk lebih keras berusaha dan memperbesar kemungkinan anda untuk sukses. Hal lain yang harus dipertimbangkan dalam bisnis ketika berjalan adalah mengenai pengelolaan konsumen, sebisa mungkin pastikan konsumen puas dengan pelayanan anda. Jika anda suka dengan artikel tentang memulai bisnis agen properti ini, anda bisa membagikannya melalui akun media sosial yang anda miliki.

Tags :
Bagaimana Cara Memulai dan Menjalankan Bisnis Agen Properti | admin | 4.5

Leave a Reply

/* */