Bagaimana Cara Menentukan Berapa Harga Jual Properti

Sebuah PR bagi seorang pemilik properti tentunya, masalah menentukan harga jual bagi sebuah properti yang layak. Sebab ada beberapa hal yang kemudian menjadi pertimbangan dan sungguh membuat dilema bagi pemilik properti. Di satu sisi menginginkan sebuah properti cepat laku terjual, namun di sisi lain ingin sekali properti tersebut dijual tentunya dengan memberikan keuntungan yang maksimal. Wajar hal itu bagai seorang penjual, namun jika kemudian anda menjadi bagian dari sekian banyak penjual lainnya yang juga dilema dengan masalah serupa, artikel yang berjudul bagaimana cara menentukan berapa harga jual properti berikut ini layak untuk anda simak.

Penjual properti seperti kebanyakan penjual lainnya, untung itu sudah pasti harapan awal ketika pertama kali memutuskan untuk menjual properti yang dimilikinya. Pembeli properti selayaknya pembeli pada umumnya sudah pasti ingin sesuatu dengan kualitas yang baik dengan harga yang murah. Inilah yang kemudian menjadi dilema jika penjual properti yang kadangkala butuh namun tidak ingin rugi. Mereka kadang bimbang, kapan harus merelakan properti yang mereka miliki diberikan kepada pembeli dengan harga yang sudah di tawar pembeli? Kapan mereka harus bertahan pada pendirian menjual dengan harga sesui yang diinginkan di awal? Mereka bimbang, benar-benar bingung dibuatnya.

Andakah salah satunya yang merasa kebingungan? Mau tau bagaimana sebenarnya menentukan harga jual sebuah properti?

Baca juga: Bagaimana Cara Memaksa Properti Mempercepat Kenaikan Harganya Sendiri?

 

Menentukan harga jual properti

harga jual properti terbaik

Jika kita mau jeli sebenarnya mudah, untuk menentukan harga sebuah properti bisa dilakukan menggunakan banyak macam cara, salah satunya yang bisa dilakuukan adalah menentukan harga jual properti berdasarkan NJOP sebagian lainnya ada menggunakan cara lain untuk menentukan berapa sih harga properti yang ideal, seperti perbandingan harga, dan juga beberapa cara berikut ini. Sekedar informasi jika menjual properti berdasarkan NJOP di kebanyakan tempat saat ini kurang relevan, sebab harga di NJOP dianggap terlalu rendah di bawah harga pasaran sebuah properti, jadi bisa dikatakan jarang sekali penggunaan harga NJOP ini untuk transaksi.

 

Tahapan cara menentukan harga jual properti:

  1. Pertama anda bisa melakukan perbandingan harga. Tentunya anda membandingkan dengan objek di sekitar objek properti yang anda miliki. Caranya adalah dengan mencari objek properti yang sejenis, yang juga akan atau sudah laku terjual lihat harga dan spesifikasi. Lebih baik jika objeknya sudah terjual dan juga anda tahu informasi detailnya tentang harga rumah tersebut.
  2. Jika anda sudah mendapatkan informasi mengenai harga penawaran pada rumah yang anda bandingkan dengan rumah yang anda miliki. Anda bisa mulai memikirkan untuk menyesuaikan berapa sebenarnya harga yang pas untuk rumah anda, dengan membandingkan rumah sejenis milik anda dengan rumah pembanding. Kalau anda masih bingung anda bisa memulai untuk membandingkan beberapa hal, pertama seperti luasan tanah dan juga luas bangunan, aspek legalitas, bagaimana karakter dari rumah, perlu dipertimbangkan masalah bebas banjir atau tidak lokasi tersebut, lalu bagaiaman soal bentuk dan juga usia lama bangunan berdiri, dan juga hal-hal lainnya. Ketika anda melakukan perbandingan anda akan mulai mendapatkan berapa sih sebenarnya harga yang tepat untuk rumah anda.
  3. Ketika anda tahu informasi lengkap dari beberapa objek rumah pembanding lainnya. Jika anda pikir dari beberapa hal yang sudah dipertimbangkan sebelumnya, secara keseluruhan rumah anda jauh lebih menarik untuk dimiliki dalam artian rumah anda lebih unggul secara menyeluruh, maka akan sangat layak jika rumah anda dijual dengan harga yang jauh lebih tinggi. Begitupun sebaliknya, jika tidak terlalu baik sebaiknya tidak anda jual dengan harga yang terlalu tinggi.
  4. Jika anda ingin lebih mudah dalam melakukan penghitungan, lebih anda membagi secara terpisah untuk perhitungan properti anda. Lebih mudahnya anda pisahkan perhitungan untuk rumah dan tanah. Jika kemudian anda mendapatkan sebuah angka yang terasa cukup akurat, anda bisa menaikan sedikit dari harga perhitungan anda, agar nantinya ketika ada negosiasi masih ada kemungkinan untuk terjual di harga yang sesuai dengan perhitungan anda. Contoh anda hitung harga rumah anda Rp. 100 juta, maka anda bisa menambahkan di awal, kemudian di tawarkan dengan harga yang sedikit lebih tinggi misalkan Rp. 110 Juta – 120 Juta.
  5. Jika anda sebagai pemilik rumah yang hendak menjual rumah anda merasa kesulitan untuk menghitung, anda masih bisa menggunakan jasa apraisal untuk properti anda. Jadi akan lebih mudah untuk menghitungan harga properti yang anda miliki sebab dilakukan oleh orang yang memang memiliki kapabilitas dalam menghitung nilai/harga jual sebuah rumah.

 

Cara menentukan berapa harga jual properti ideal

Jika anda berfikir sulitnya menghitung harga jual properti yang ideal, anda bisa menggunakan tahapan cara menentukan berapa harga jual properti yang sudah dijelaskan di bagian sebelumnya. Beberapa tahapan cara yang perlu anda lakukan, bisa anda singkat untuk mengetahui harga jual properti yang terbaik dengan menggunakan cara yang terakhir yaitu memanfaatkan jasa untuk menghitung nilai properti anda. Tentu akan lebih mudah dan jauh lebih akurat daripada perhitungan anda.

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat dan menarik untuk anda, bantu saya membagikan artikel ini ke teman-teman anda, siapa tahu mereka juga sama membutuhkannya seperti anda. Jika ada yang ditanyakan anda bisa menanyakannya setelah membaca ulang artikel ini melalui kotak diskusi yang tersedia di bawah ini. Anda bisa membaca artikel lainnya di kategori cara bisnis.

Incoming search terms:

  • cara menghitung harga jual properti
  • rumus menghitung perbandingan harga pasar
  • cara mengetahui nilai jual tanah atau properti
  • cara mengetahui harga pasaran
  • cara mengetahui harga pasar
  • cara menentukan nilai jual sebuah properti
  • cara menentukan harga jual tanah kapling
  • cara menentukan harga jual tanah
  • cara memasang harga tanah
  • bagaimana cara mengetahui harga tanah yang di miliki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *