Bagaimana Memaksimalkan Pendapatan Bisnis Kos-Kosan?

Banyaknya pendatang dari luar kota, memberikan kesempatan untuk menambah pundi-pundi rupiah dari bisnis rumah kos. Rumah kos sendiri memiliki biaya sewa yang relatif lebih murah dan menjadi pilihan apabila akan berdomisili di suatu tempat dalam waktu yang cukup lama. Berbeda dengan hotel yang biasanya hanya digunakan beberapa hari saja, rumah kos kebanyakan dimiinati untuk jangka cukup lama bisa bulanan, bisa tahunan walaupun memang yang harian juga ada.

bisnis-rumah-kost

Besarnya permintaan tersebut berhasil ditangkap sebagai sebuah peluang dengan munculnya banyak rumah kos di berbagai kota. Kebanyakan bisnis rumah kost menjamur di kota-kota besar yang pada pendatang seperti kota yang ada perguruan tingginya seperti Yogyakarta, Surabaya dan sebagainya. Jadi pada intinya bisa dikatakan bisnis rumah kost cukup menjanjikan, dengan keuntungan menggiurkan yang tidak sedikit, apalagi bisnis kos mewah.

Apa bisa bisnis rumah kos tanpa modal?  Ada yang berkata bisa, ada pula yang sebaliknya. Namun pembahasan kali ini akan lebih membahas mengenai bagaimana cara memaksimalkan pendapatan dari bisnis kos-kosan agar keuntungannya bisa semakin menjanjikan. Berikut ini ada beberapa strategi semoga bemanfaat.

Ketepatan pemilihan lokasi

Lokasi, lokasi lokasi

Seperti pada pemilihan bisnis properti lainnya, pemilihan lokasi adalah salah satu yang banyak didengungkan untuk dipertimbangkan. Pemilihan lokasi yang tepat tentunya akan memberikan dampak positif bagi kelangsungan bisnis properti, terutama bisnis properti seperti rumah kos ini. Pemilihan lokasi yang tepat diharapkan mampu memberikan keuntungan berkali-kali lipat dari pembiayaan yang dilakukan selama proses pembuatan kos.

Baca juga: Cara Memilih Lokasi dan Karakter Tanah Untuk Bangun Rumah yang Tepat

Lalu seperti apa pemilihan lokasi yang tepat? Salah satunya adalah mendekat kepada konsumen. Jika calon konsumennya adalah mahasiswa/mahasiswa di sebuah universitas terkemuka di kota tertentu, maka pembuatan kos-kosan sebaiknya tidak terlalu jauh dari kampus. Bisa lebih baik lagi terletak berdekatan dengan beberapa kampus jika memungkinkan.

Memang, membeli sebuah rumah/lahan untuk dibangun kost di daerah kampus memang tidak bisa dibilang sedikit, seandainya tidak memungkinkan bisa sedikit menjauh dari kampus namun dalam radius batas wajar. Artinya untuk menuju ke kampus tidak sampai membutuhkan waktu yang terlalu lama bagi konsumen. Jika memang nantinya konsumennya adalah mahasiswa.

Memilih yang lebih dekat dengan lokasi kampus memungkinkan adanya peningkatan pendapatan sebab biasanya memang semakin mudah dan dekat aksesnya dengan kampus harga kost yang bervariasi masih bisa dimaksimalkan karena keunggulan jarak dan akses tadi.

Selektif memilih penyewa kos

penghuni-rumah-kost-mewah-surabayaMaksudnya selektif memilih penyewa kos gimana nih? Jadi begini, salah satu cara untuk memaksimalkan pendapatan adalah menjaga selalu kondisi kos dalam keadaan baik. Mulai dari mengurangi potensi terjadinya kehilangan, menjaga perabotan di kamar kos tetap dalam kondisi baik, dan banyak yang lainnya. Salah satu caranya adalah dengan memilah siapa-siapa yang sekiranya penyewa yang mau berkomitmen untuk itu.

Anda bisa di awal menyampaikan keinginan anda untuk hal itu, jadi harapannya adalah kost tetap dalam keadaan baik, dan penyewa juga ikut merasa memiliki dan bertanggung jawab terhadap kamar kost yang disewa. Penyewa juga ikut menjaga barang-barang yang merupakan fasilitas kos dan juga menjaga kondisinya tetap baik. Bisa juga anda sebagai pemilik kos meminta kartu identitas agar jelas asal-usulnya dan tahu kemana harus mencari ketika penyewa tiba-tiba menghilang begitu saja.

Melakukan hal ini akan mengurangi resiko terhadap hilangnya barang atau rusaknya fasilitas kos. Sehingga anda tidak perlu membeli fasilitas kos ulang karena kehilangan ataupun rusak. Lebih hemat dan memaksimalkan pendapatan jadinya, istilahnya mengantisipasi.

Buka warung makan dan jasa laundry

Cara lain untuk meningkatkan pendapatan rumah kost adalah memenuhi kebutuhan penghuni kost, apa yang menjadi kebutuhannya selama bisa dipenuhi. Beberapa diantaranya adalah urusan perut dan kebersihan. Urusan perut yang dimaksud adalah bagaimana kalau penghuni kost merasa lapar? Tentunya mereka membeli makanan, nah anda sebagai pemilik kost bisa menawarkan untuk menyediakan makanan. Sekalian aja buka warung untuk teman-teman penghuni kost yang mungkin akan berkunjung.

Bisa juga jasa kebersihan pakaian. Karena sebagian penghuni kost mungkin mulai sibuk dengan kegiatannya, walhasil waktunya kadang terbatas untuk cuci pakaian dan pakaian jadi banyak yang kotor. Bisa saja mereka memasukkan ke jasa laundry, lagi-lagi ini adalah sebuah peluang untuk rumah kos yang sudah memiliki penghuni cukup banyak untuk sekalian membuat jasa laundry.

Jasa-jasa lainnya juga banyak, tergantung kreativitas dari pemilik kost. Misalkan segmen bisnis rumah kostnya adalah kost mahasiswa maka bisa juga dibuatkan jasa untuk fotocopy dan print, tentu akan menambah pemasukan dan membantu mereka.

Fasilitas lengkap

Apabila juga memungkinkan, untuk meningkatkan nilai sewa kos bisa juga menambakan fasilitas kos itu sendiri. Misalnya mulai dari fasilitas internet gratis unlimited, kemudian free sarapan dan fasilitas lainnya. Terlebih untuk yang bergerak di segmen rumah kost mewah di kota-kota besar seperti Surabaya, Jakarta dan yang lainnya bisa juga menambahkan fasilitas esktra seperti AC dan televisi di tiap kamar untuk menambahkan lagi pemasukan.

Apakah anda tertarik untuk memulai bisnis rumah kost yang menggiurkan ini? Silakan berkreasi dengan pilihan fasilitas yang akan ditawarkan untuk meningkatkan nilai sewa dan menambah pendapatan anda. Tidak semua tips di atas harus anda aplikasikan, silakan menyesuaikan dengan hal mana yang bisa eksplorasi lebih jauh dan tonjolkan keunggulan itu, sehingga menarik minat banyak orang untuk memanfaatkan rumah kost milik anda. Selamat mencoba.

Incoming search terms:

  • cara meningkatkan citra rumah kos
  • memaksimalkan potensi kost
  • usaha meningkatkan pendapatan kost2an

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *