Bagaimana Prosedur Balik Nama Sertifikat Rumah

Memiliki rumah baru tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan, kondisi ketika membeli rumah baru dan rumah bekas sedikit berbeda. Jika anda membeli rumah baru tentu segala persyaratan akan dibantu oleh pengembang perumaha, namun sebagian orang yang membeli rumah bekas kadangkala malah menjadi bingung karena belum memahami bagaimana prosedur balik nama sertifikat rumah karena mereka harus mengurusnya sendiri. Awalnya berniat memiliki rumah baru, kemudian bisa menempatinya dengan aman dan nyaman dan ternyata malah bingung.

prosedur-balik-nama-serfikat-rumah

Prosedur balik nama sertifikat rumah

Jika anda bingung masalah bagaimana prosedur yang tepat untuk balik nama sertifikat rumah anda bisa membaca tata caranya berikut ini.

#1 Pastikan anda sudah menemukan rumah yang ingin dibeli sebelum melakukan prosedur balik nama sertifikat. Karena kalau tidak ada rumah yang mau dibeli lalu apa yang akan dibalik nama? Kalau kesulitan mencari rumah yang ingin dibeli anda bisa membaca bagaimana caranya pada artikel di kategori Beli Properti

#2 Datanglah ke Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) bersama dengan penjual rumah dan lakukan penandatanganan Akta Jual Beli. Yang harus anda perhatikan proses untuk balik nama serfitikat kemungkinan tidak dapat dilakukan jika penandatanganan AJB ini belum dilakukan, pastikan selain ada penjual yang datang bersama anda ke PPAT ajaklah juga saksi.

#3 Perlu diperhatikan bahwasanya penjual sebisa mungkin tidak memiliki tanggungan pajak penghasilan (PPh), berikut juga pembeli melunasi Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) yaitu pungutan atas perolehan hak atas tanah dan atau bangunan. Perolehan hak atas tanah dan atau bangunan adalah perbuatan atau peristiwa hukum yang mengakibatkan diperolehnya hak atas dan atau bangunan oleh orang pribadi atau badan (Wikipedia). Berikut juga PBB (Pajak bumi dan bangunan).

#4 Lakukan pembayaran atas tagihan yang timbul karena pengurusan Akta Jual Beli (AJB) sekaligus biaya lain terkait dengan balik nama pada PPAT yang ditunjuk, biarkan PPAT yang akan menguruskan semuanya ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang ada di kota tersebut.

#5 Lengkapi persyaratan yang diminta oleh PPAT untuk mempermudah proses balik nama agar semuanya berjalan dengan lancer dan tidak terlalu lama. Selanjutnya anda hanya tinggal harus menunggu sampai semuanya selesai. Anda nantinya hanya perlu mengambil sertifikat yang sudah dibalik nama atas nama anda di PPAT tempat anda mengurus di awal.

Untuk biaya dan berbagai hal lainnya dilapangan kondisinya kadang sedikit berbeda, namun pada dasarnya kurang lebih langkah-langkahnya adalah seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan anda informasi tentang bagaimana prosedur balik nama sertifikat rumah yang baru anda beli. Jadi anda tidak perlu pusing lagi masalah pembelian rumah bekas.

Incoming search terms:

  • balik nama rumah
  • prosedur balik nama sertifikat rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *