Baru Pertama Kali Membeli Rumah? Baca Tipsnya Berikut Ini

Anda ingin membeli rumah? Namun ternyata hal ini baru pertama kali anda lakukan? Hati-hati bila beli rumah tapi tidak tau caranya, apalagi untuk anda yang baru pertama kali membeli rumah. Bukan tidak mungkin akan ada saja kendala bagi anda yang tidak tau cara membeli rumah namun memilih untuk tidak didampingi siapapun dalam transaksinya. Bukan menakut-nakuti ada memang pada kenyataanya ada juga rumah yang memiliki sertifikat ganda dan sebagainya.

Ketika membeli rumah dengan keadaan atau kondisi seperti itu dan anda telah memilikinya nanti siapa yang dirugikan? Tentu disini yang dirugikan adalah calon pembeli. Pembeli yang dimaksud adalah anda bila anda yang membeli rumah tersebut. Bukannya dapet rumah malah dapat masalah yang akhirnya malahan merugikan anda, sudah rumah tidak bisa ditempati anda harus bayar. Maka itu sangat penting untuk anda mengerti dan memahami tips membeli rumah, apalagi untuk anda yang pertama kali melakukan transaksi pembelian.

Baca juga: Bagaimana Cara Membeli Rumah Tanpa Utang Bank?

Membeli rumah

tips membeli rumah

Transaksi pembelian rumah bisa berjalan aman dan nyaman jika anda memiliki pengalaman yang banyak dalam melakukan transaksi, mungkin ada saudara anda yang paham betul tentang transaksi rumah dan sebagainya, bisa juga anda sendiri mungkin punya pengalaman transaksi sebelumnya. Bagaimana kalau keduanya anda tidak miliki?

Katakanlah anda awam sekali soal rumah. Maka sebaiknya anda mencari orang yang lebih paham tentang membeli rumah, misalkan dengan melalui jasa agen properti. Biasanya malah untuk pembeli tidak dikenakan biaya. Namun apabila anda memaksa ingin membelinya sendiri anda bisa membaca beberapa tips berikut ini sebelum membeli rumah.

Baca juga: Inilho Cara Untuk Membeli Rumah Tanpa Uang Muka (DP)

1. Menentukan kriteria rumah idaman anda

Salah satu hal di awal yang harus dipertimbangkan saat akan membeli rumah adalah menentukan kriteria rumah yang menjadi idaman anda. Rumah yang benar-benar anda inginkan untuk ditempati anda sekeluarga. Bagaimana kriteria rumah yang menjadi idaman keluarga anda? Misalkan jumlah kamar yang sesuai dengan  kebutuhan. Anda memiliki 3 orang anak? Ya tentu bisa saja itu menjadi pertimbangan anda untuk membeli rumah.

Misalkan juga anda sering kesuatu lokasi untuk bekerja, atau anak anda sekolah dimana, atau istri kerja dimana, itu bisa saja menjadi pertimbangan, bisa dengan membeli rumah yang lokasinya dekat dengan ketiga lokasi tersebut. Penting bila anda mempertimbangkan hal itu, ketika akan membeli rumah.

2. Mencari rumah yang bagus dan murah

Jika anda sudah menentukan kriteria rumah apa saja yang harus dipenuhi, barulah anda mencari rumah yang bagus dan murah, kenapa membeli rumah cari yang bagus dan murah? Ya tentu saja kalau ada yang bagus dan murah kenapa harus mencari yang jelek dan mahal? Nah seperti itu. Jadi jika anda sudah menemukan kriteria yang sesuai, ya segera cari rumah yang mungkin sesuai dengan kriteria anda. Mulai dari sekeliling domisili anda saat ini. Kemudian cari developer yang deket dengan sekitar anda, mungkin saja ada juga yang bagus. Bisa juga lewat internet dan sebagainya mungkin saja ada yang lebih baik dari pada yang anda tahu. Sebagai referensi saja, bisa juga sebagai pembanding harga.

Baca juga: Beli Rumah Untung 2x Lipat, Bagaimana Caranya?

3. Sukses melakukan negosiasi rumah

berfikir untuk negosiasi rumah

Bila telah menemukan beberapa rumah yang anda anggap sesuai, atau hampir sesuai, mulailah tahapan ini yaitu menegosiasi rumah. Bukan hanya dengan pemilik, namun juga dengan diri anda sendiri. Mungkin saja kondisi rumah dengan kriteria ada yang kurang pas sedikit. Nah disitu anda perlu untuk beregosiasi dengan diri anda sendiri, tujuannya adalah penyesuaian, jika sekiranya rumah yang kurang pas sedikit tadi bisa dibenahi sehingga menjadi pas ya kenapa tidak, tinggal anda menegosiasikan masalah harga dengan pemiliknya, mungkin saja ada pengurangan harga sehingga rumah yang anda ingin bisa anda miliki.

4. Melakukan transaksi jual beli rumah

Hal terakhir adalah memastikan semuanya bisa berjalan dengan baik saat dilakukan transaksi, sebaiknya lakukan pengecekan di awal seperti masalah surat-surat agar nanti anda tidak dikecewakan setelah melakukan pembelian. Transaksi rumah ini cukup riskan dan harus jelas siapa pemilik resmi rumah yang akan anda beli. Jika yang menjual bukan yang bersangkutan maka anda harus memastikan apakah yang menjual kepada anda saat ini memiliki kuasa jual rumah tersebut, dan beberapa pertimbangan lainnya seperti status rumah, apa hak milik dan sebagainya.

Mau mulai beli rumah sekarang juga?

tips membeli rumah sekarang

Kenapa tidak mulai segera, yuk segera tentukan kriteria rumah yang menjadi idaman anda, kemudian anda bisa mulai mencari yang sesuai, negosiasi dan milikilah rumah tersebut setelah anda melakukan transaksi jual beli rumah. Kalau anda masih merasa kesulitan ataupun was was, anda bisa meminta bantuan kepada orang yang anda anggap lebih mengerti masalah rumah ini, dan pastinya masih ada agen properti yang siap biasanya untuk membantu anda menemukan rumah idaman, sebab biasanya tanpa biaya kepada agen properti, namun transaksinya kita dibantu menguruskan, namun sebaiknya tetap berhati –hati.

Terima kasih telah membaca, semoga informasi kali ini tentang tips membeli rumah bisa memberikan referensi untuk anda yang akan membeli rumah, terutama yang baru pertama kali membeli rumah. Semoga anda juga mendapatkan rumah yang sesuai dengan kriteria dan harapan anda sekeluarga. Jangan lupa membagikan artikel ini akun media sosial yang anda miliki, agar lebih banyak orang yang ikut merasakan manfaat dari artikel ini. Temukan informasi tentang properti lainnya di www.MauProperti.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *