Harga Smartphone
Sedang memuat ...

Yuk Beli Rumah Bekas Dengan Cara Ini

Yuk Beli Rumah Bekas Dengan Cara Ini – Punya keinginan memiliki rumah bekas dengan segudang kelebihan? Atau sekedar memenuhi kebutuhan wajib untuk menyediakan rumah sebagai tempat tinggal anda sekeluarga? Kalau memang tidak memiliki dana lebih untuk membuat atau membeli rumah dengan kondisi baru, anda bisa membeli rumah bekas. Rumah bekas, tidak seburuk yang anda bayangkan, dan bahkan mungkin bisa jadi lebih baik dari rumah baru jika anda tepat dalam memilihnya.

Beli rumah bekas

Membeli rumah dalam keadaan bekas memiliki beberapa kelebihan. Kelebihan yang pertama ketika anda membeli rumah bekas, adalah biasanya kondisi rumah cukup baik bahannya. Rumah bekas adalah rumah yang sebelumnya pernah ditempati kebanyakan, maka itu kondisinya kadangkala sudah di renovasi dalam keadaan lebih baik ketika ditempati pemilik sebelumnya. Berbeda dengan rumah baru yang dibuat dengan bahan yang kadangkala seadanya demi mengejar penjualan.

Yuk Beli Rumah Bekas Dengan Cara Ini

Keunggulan lainnya cukup banyak sebenarnya, namun kali ini kita tidak akan terlalu lama membahas tentang hal itu. Kali ini kita akan membahas lebih banyak mengenai cara membeli rumah bekas. Mau tau bagaimana cara yang harus dilakukan untuk membeli rumah bekas? Bagaimana juga cara membeli rumah yang tepat simak berikut ini.

1. Periksa kondisi rumah yang sebenarnya

rumah bekasHal pertama yang harus dipastikan adalah kondisi rumah, bagaimana kondisi rumah yang sebenarnya. Jangan hanya melihat dari foto saja yang diperlihatkan oleh penjual ataupun agen properti yang menawarkan kepada anda. Sebaiknya anda juga survey langsung, dan periksa lebih teliti setiap bagian dari rumah yang akan anda beli.

Baca juga: Inilah Cara Memilih Rumah Untuk Keluarga Muda

Mulai dari dinding, kemudian cek juga kondisi cat, sirkulasi udara dan sebagainya. Pastikan anda mengeceknya dengan lebih teliti. Semakin teliti semakin baik. Jangan sampai juga anda hanya tergoda untuk membeli dengan desain bagian dalam ruangan. Kondisi rumah kemudian anda bandingkan dengan harga yang ditawarkan, apakah masih masuk akal kondisi rumah sedemikian dengan harga yang ditawarkan?

Jika iya, memiliki rumah tersebut mungkin adalah pilihan yang tepat

2. Pastikan rumah yang akan anda beli memiliki lingkungan yang aman

Hal berikutnya yang harus dipastikan adalah masalah keamanan. Rumah yang dibeli adalah ditujukan untuk memberikan rasa aman tentunya pada anda dan anggota keluarga. Jangan sampai kamu membeli rumah namun tidak aman. Bagaimana cara mengetahuinya, apakah rumah tersebut aman atau tidak, dalam artian untuk hal-hal seperti pencurian dan sebagainya tidak ada kalau bisa?

perumahan baru

Anda bisa memastikannya dengan cara bertanya pada tetangga sekitar tentang ada tidaknya kejadian criminal di sekitar rumah yang akan anda beli. Berikutnya anda bisa bertanya juga kepada RT/RW setempat.

3. Kejelasan status kepemilikan rumah

Yuk Beli Rumah Bekas Dengan Cara Ini - surat kepemilikan rumahStatus kepemilikan rumah juga harus jelas. Bukan tidak mungkin anda kemudian membeli rumah bekas yang merupakan rumah warisan. Pastikan bahwa semuanya mau hadir dan bersedia untuk menjual rumahnya. Kalau tidak, akan lebih mudah kalau membeli rumah milik pribadi saja. Sebaiknya hindari juga rumah yang kondisinya dalam sengketa, kalau saya pribadi tidak ingin ribet dengan rumah dengan kondisi demikian.

4. Pastikan rumah yang anda beli harganya wajar

Jika dari kondisi, lingkungan yang aman, kemudian kejelasan status kepemilikan ternyata sudah memenuhi kriteria anda, sekarang saatnya bernegosiasi soal harga. Rumah yang anda beli mungkin saja dijual terlalu mahal ataupun terlalu murah. Maka sebaiknya untuk memastikan bahwa rumah yang anda beli termasuk rumah yang murah ataupun rumah dengan harga wajar anda bisa mensurveinya terlebih dahulu ke lingkungan sekitar.

Punya keiginan untuk membeli rumah dengan cara ini?

Jika kamu punya keinginan untuk membeli rumah dengan cara seperti ini yuk dicoba saja. Rumah bekas dan rumah baru, saya yakin kamu punya penilaian masing-masing terhadap keduanya. Jika anda lebih berkeinginan untuk membeli rumah dengan kondisi bekas, maka anda bisa mencoba membeli rumah dengan cara ini.

Terima kasih telah membaca artikel tentang membeli rumah bekas ini. Semoga bermanfaat, dan apabila untuk anda artikel ini bermanfaat untuk anda. Mungkin saja rekan anda juga butuh rumah bekas idaman, maka itu anda bisa membagikan artikel ini melalui akun sosial media yang anda miliki kepada teman-teman anda. Yuk baca tips lainnya di www.MauProperti.com

/* */