Bisnis Tanah dan Bisnis Rumah, Mana Yang Lebih Menarik?

Jika anda adalah pelaku bisnis properti tentu anda tau menjual tanah saja, atau mungkin menjual rumah dan tanah secara bersamaan masing-masing memiliki potensi pasarnya masing-masing. Artinya baik anda bisnis tanah atau bisnis rumah masing-masing kemungkinan besar aka nada saja peminatnya. Namun kalau anda masih bingung manakah yang lebih baik diantara keduanya, kali ini kami akan memberikan gambarannya kepada anda, semoga bisa memberikan inpirasi.

Bisnis tanah dan rumah

bisnis rumah dan tanah

Bisnis tanah dan rumah pada dasarnya sama seperti bisnis pada umumnya, yaitu membeli dengan harga rendah kemudian menambahkan manfaat lalu menjualnya kembali dengan harga lebih tinggi. Jadi pada ujungnya adalah mendapatkan tanah murah / rumah murah dulu dengan mempertimbangkan harga tanah / harga rumah disekitar lokasi. Jadi sebisa mungkin cari yang paling murah diantara yang ada tentunya yang potensial untuk dijual kembali dengan harga lebih tinggi.

Pertanyaannya manakah yang lebih menarik untuk dijual kembali?

Bisnis tanah

Sebenarnya tidak ada yang lebih menarik. Saya katakan keduanya memiliki potensi peminat masing-masing. Bisnis tanah contohnya memberikan keleluasaan bagi pemiliknya untuk memaksimalkan nilai dengan berbagai cara karena bentuknya yang masih dasar. Mau dibentuk tanah kavling? Mau dijual kembali secara langsung? Mau di jual sepaket dengan bangunan masih bisa tentunya dengan berbagai pertimbangan agar nilai jualnya jauh lebih besar.

Baca juga: Inilah Cara Bisnis Properti (Tanah) Yang Menguntungkan

Tanah kemungkinan besar bagi sebagian besar orang akan lebih mudah untuk dikelola sesuai dengan keinginan masing-masing. Berbeda jika sudah dalam bentuk bangunan, kadangkala penyesuaian yang bisa dilakukan terbatas dengan bentuk bangunan yang sudah ada. Kalaupun ingin menciptakan sesuatu yang baru biasanya akan melakukan rombak total pada bangunan, dengan merubuhkan bangunan yang sudah ada kemudian membangunnya kembali. Tentu saja hal itu akan membutuhkan banyak waktu dan biaya untuk melakukannya.

Bisnis rumah

Bagaimana jika sebentar kita beralih untuk membahas tetang bisnis rumah. Sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh untuk masalah potensi pasarnya. Bisnis rumah apabila dikembangkan dengan cukup baik maka akan menhasilkan hal yang cukup baik juga. Bisnis rumah mungkin bisa dilakukan dengan cara membeli rumah dengan harga yang lebih rendah kemudian lakukan renovasi sederhana untuk meningkatkan nilai jual.

Biasanya akan lebih mudah ketimbang membangun rumah, jadi hanya perlu memberikan sentuhan akhir yang berbeda misalkan dengan memperbaiki cat yang mengelupas, merapikan bangunan dalam kondisi maksimalnya. Terlihat lebih mudah namun memang tak sepenuhnya benar juga, artinya anda harus mecobanya.

Bisnis rumah atau tanah mana yang lebih baik?

Nah setelah beberapa pemaparan tersebut anda mungkin harus mencobanya untuk menemukan mana yang terbaik dan yang paling tepat untuk diri anda sendiri. Anda bisa mulai mencobanya mulai dari berbisnis tanah kemudian mengembangkannya dengan bisnis rumah. Namun itu kembali lagi mana yang lebih anda sukai, anda bisa memulainya dari apa yang paling anda minati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *