Cara Memiliki Rumah Tanpa Sistem KPR

Tak dapat dipungkiri, kini harga sebuah rumah semakin mahal karena harganya selalu naik dari tahun ke tahun. Tak hanya rumah yang ada di kota-kota besar seperti Jakarta, harga rumah untuk dijual di pinggiran kota Jakarta pun mengalami kenaikan yang signifikan. Hal ini tentunya akan semakin mempersulit orang-orang yang berniat membeli rumah idaman, namun memiliki penghasilan yang pas-pasan.

cara-memiliki-rumah

Bagi kalangan menengah ke bawah, membeli rumah secara tunai bisa dibilang hampir tidak mungkin karena harga rumah yang paling murah kini berkisar antara 300 jutaan hingga 500 jutaan. Jika pembeli tidak bisa membayar secara tunai, pengembang biasanya menawarkan sistem penawaran KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

Bagi orang yang sudah memiliki penghasilan tetap setiap bulan, tentu saja mereka memilih pembayaran dengan sistem KPR. Namun bagi pembeli yang tidak memiliki pendapatan tetap setiap bulan, memilih pembayaran dengan sistem KPR merupakan hal yang riskan. Ada perasaan was-was jika mereka menunggak pembayaran sehingga rumah terancam disita. Jika masih merasa keberatan membeli rumah untuk dijual dengan sistem KPR, beberapa cara untuk membeli rumah tanpa sistem KPR ini mungkin bisa jadi solusinya:

1. Mencari Angel Investor

Angel Investor adalah orang atau institusi yang ingin membantu pembelian rumah tanpa pamrih dan tanpa riba. Artinya orang atau institusi ini tidak meminta imbalan sepeserpun karena memang berniat untuk membantu. Namun saat ini, sulit mencari orang yang demikian meskipun sebenarnya mereka ada disekitar kita. Dengan mendapatkan Angel Investor, Anda dapat membeli rumah dengan cara dicicil dengan nominal tertentu tanpa harus dibayang-bayangi perasaan takut akan disita.

2. Menabung Emas

Menabung emas bisa menjadi salah satu alternatif untuk membeli rumah karena sifatnya yang kebal terhadap inflasi. Anda dapat menyisihkan sepertiga penghasilan setiap bulan untuk menabung emas, misalnya emas batangan atau logam mulia dan koin dinar.

Satu koin dinar emas memiliki berat 4,25 gram dengan harga jual sekitar Rp2.030.000,00. Jika rumah yang ingin dibeli seharga 300 juta, Anda dapat mengumpulkan koin emas hingga 148 koin. Setelah berhasil terkumpul, Anda dapat mencari pemilik rumah yang mau dibayar dengan menggunakan koin dinar emas.

3. Investasi di Sektor Riil

Mulailah membangun bisnis di sektor riil untuk mendapatkan banyak relasi dengan menjadi distributor produk-produk halal yang digemari masyarakat. Dengan cara ini, Anda akan memiliki jaringan agen yang luas. Ketika usaha yang Anda jalankan semakin berkembang, semakin banyak pula keuntungan yang bisa ditabung untuk membeli rumah idaman.

4. Agen Properti

Seiring dengan bertambahnya jumlah populasi manusia, kebutuhan akan rumah hunian pun semakin meningkat. Hal ini turut mendorong semakin banyaknya lahan baru yang dibangun sebagai kawasan perumahan. Kini, Anda bisa menemukan rumah untuk dijual di berbagai kota-kota besar maupun di wilayah pinggiran kota dengan harga yang bervariasi.

Tingginya permintaan akan rumah ini secara tidak langsung menawarkan kesempatan baru sebagai agen properti. Meski memerlukan kegigihan saat menawarkan produknya, seorang agen properti biasanya akan mendapatkan komisi 2,5-5 % dari harga rumah jika berhasil deal dengan konsumen. Nah, uang ini bisa ditabung untuk membeli rumah idaman suatu hari nanti.

Itulah beberapa cara membeli rumah tanpa sistem KPR. Dengan menerapkan cara-cara tersebut, rumah impian Anda dapat dibeli suatu hari nanti. Hal terpenting yang perlu Anda miliki hanyalah kegigihan dan konsistensi. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *