Cara Memulai Bisnis Properti Tanah Kavling yang Menguntungkan

Salah satu bagian dari bisnis properti yang cukup menarik untuk dicoba adalah bisnis tanah kavling, kadang juga disebut tanah kaplingan. Tanah yang juga masuk dalam bagian bisnis properti juga memberikan kesempatan untuk anda yang ingin memulai bisnis properti sesegera mungkin. Bisnis tanah kavling dasarnya merupakan sebidang tanah yang luas, kemudian dibagi atau dikavlingkan sehingga membentuk bagian tanah yang lebih kecil.

Tentunya hal ini pada dasarnya dibuat atas dasar berbagai macam tujuan antara lain tujuan pembagian warisan keluarga misalnya atau bisa juga bagi sebagian orang lebih sering dijadikan lahan bisnis yaitu kavling tanah untuk dijual lagi oleh developer atau bisa juga oleh perseorangan. Pembagian tanah kavling biasanya menyesuaikan dengan kebutuhan berapa ukuran tanah yang diinginkan sesuai bentuk rumah.

Baca juga: Inilah Cara Memulai Bisnis Properti Untuk Pemula

 

Memulai bisnis properti tanah kavling

bisnis tanah kavling

Jika anda ingin memulai bisnis properti tanah kavling maka yang perlu anda pertimbangkan adalah persiapan dari anda sendiri yang pertama, yaitu niat. Bulatkan keyakinan anda bahwa anda memang ingin berbisnis properti tanah kavling, jika anda sudah mulai yakin maka anda bisa segera mencicil bagaimana melakukan bisnis tersebut. Misalkan dengan mengkuti workshop kemudian membeli buku terkait properti, join ke komunitas properti dan mungkin ikut pelatihan. Ilmu properti itu penting agar tidak merugi di kemudian hari.

Baca juga: Tempat Belajar Bisnis Properti Bagi Pemula Minim Modal

 

Cara memulai bisnis properti tanah kavling

Berikut ini adalah cara memulai bisnis properti tanah kavling agar anda bisa mendapatkan untung maksimal:

1. Cari tempat yang strategis

Dalam setiap bisnis yang menuntut adanya lokasi, maka yang harus dipertimbangkan pertama kali termasuk dalam bisnis tanah kavling ini adalah lokasi. Lokasi yang dicari biasanya yang dekat dengan fasilitas umum, lalu memberikan kemudahan akses dan tentunya tidak terlalu masuk sehingga sulit ditemukan.

Mencari tempat yang strategis ini penting termasuk untuk bisnis tanah kavling. Tempat yang strategis akan juga menjadi daya tarik tersendiri yang bisa meningkatkan minat pembeli terhadap tanah anda. Tanah kavling yang strategis memiliki beberapa keuntungan yaitu harga jualnya yang lebih tinggi, kemudian mudah terjual dan banyak lagi keuntungan yang lainnya.

2. Cek kelengkapan surat-surat tanah

surat surat tanah kavling

Ketika akan melakukan transaksi jual beli tanah, atau pun ketika anda sudah memiliki minat pada sebuah properti, sebaik segera anda pertimbangkan untuk segera memastikan masalah kelengkapan dan keabsahan surat-surat tanah. Pastikan juga tanah tersebut tidak memiliki masalah seperti sengketa, agar dikemudian hari tidak merepotkan anda.

3. Bagi tanah dan pertimbangkan penambahan fasilitas untuk meningkatkan harga jual

Jika sudah terjadi transaksi pembelian tanah, barulah anda mulai berfikir tentang penambahan fasilitas yang bisa ditambahkan pada tanah kavling anda, agar harga jualnya bisa meningkatkan, dan lebih menarik untuk konsumen. Tanah kavling awalnya tentu tanah sepetak namun berukuran luas, maka itu biasanya ketika membagi / dikavling maka pertimbangkan untuk lebar jalan yang dibuat.

Pertimbangan seperti lebar jalan ini, nanti memang memiliki pengaruh terhadap nilai jual dan juga minat pembeli, namun berlebihan pun tidak baik. Misalkan terlalu berlebihan luasnya maka tentu tanah yang untuk dijual akan semakin kecil, jika terlalu kecil juga maka tidak akan ada yang berminat membeli tanah kavling yang anda miliki. Saran saya pastikan anda menentukan dulu segmen pasar, baru kemudian anda bisa mempertimbangkan akan dijual dalam ukuran berapa dan membutuhkan lebar jalan berapa.

4. Jual dengan bantuan agen properti

agen properti penjualan tanah kavlingJika anda ingin lebih cepat terjadi penjualan yang perlu anda lakukan adalah meningkatkan promosi namun itupun dilakukan jika memang anda rasa harga yang anda tawarkan masuk akal untuk dibeli. Meningkatkan promosi memang butuh waktu, dan keseriusan karena anda nantinya juga akan menerima banyak pesan masuk yang akan bertanya tentang tanah kavling yang dijual, semakin habis saja waktu anda. Namun kalau anda siap, dan merasa itu bukan kendala yang berarti bisa saja anda tetap lakukan sendiri. Namun kalau butuh bantuan anda bisa pakai jasa agen pemasaran properti agar lebih cepat terjual dan tidak perlu terlalu repot, selain itu biasanya mereka akan dibayar diakhir ketika terjadi penjualan.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjual Tanah Agar Cepat Laku

 

Tips tambahan untuk anda yang ingin segera memulai bisnis tanah kavling

Jika anda merasa masih memiliki banyak kekurangan di ilmu properti sebaiknya anda pelajari dulu sebelum memutuskan untuk benar-benar terjun ke bisnis tanah kavling ini. Jika anda nantinya sudah paham basicnya dan menurut anda akan menghabiskan banyak waktu jika tidak segera action maka yang bisa anda lakukan adalah join dengan rekan anda yang sudah lebih tahu.

Perlu anda tahu bisnis properti ini, memberikan peluang keuntungan besar dalam waktu singkat sekalipun, namun resiko yang dimiliki juga cukup besar, seperti transaksi tanah sengketa, dan sebagainya. Jadi saran saya untuk anda yang pemula bisa memilih jenis bisnis lain dibidang properti dulu untuk sekalian belajar seluk beluk properti kemudian baru terjun di bisnis tanah kavling ini. Jika perlu bisa juga join dengan rekan anda yang sudah lebih dulu terjun ke bisnis ini, dan paham. Terima kasih telah membaca artikel tentang bisnis tanah kavling, semoga bermanfaat.

Tags :
Cara Memulai Bisnis Properti Tanah Kavling yang Menguntungkan | admin | 4.5

Leave a Reply

/* */