Cara Menata Meja Makan di Rumah Agar Tampak Elegan

Bagian yang tidak terpisahkan dari properti (rumah) yaitu perabotan untuk keperluan kumpul dan makan bersama keluarga, salah satunya adalah meja makan. Membuat meja makan tampak elegan dengan penataan yang tepat tentu akan menambah kenyamanan bagi anda dan keluarga yang akan menggunakannya untuk keperluan jamuan makan malam. Memang bagaimana sih cara menata meja makan di rumah yang tepat agar tampak elegan? Silakan baca penjelasan berikut ini. Baca juga: Tips Sederhana Memilih Furniture Untuk Rumah Minimalis

Cara menata meja makan

cara menata meja makanOh iya sekedar tambahan informasi kenapa penataan meja makan ini cenderung penting untuk dilakukan yaitu karena, bisa saja saat tertentu akan ada keluarga dari jauh yang datang, waktu mereka datang masak tidak diberikan makan sama sekali, apalagi untuk keluarga yang dari jauh tentunya mereka lapar bukan, karena perjalanan yang ditempuh cukup jauh. Berikut ini ada beberapa tips bisa juga panduan atau disebut cara untuk melakukan penataan meja makan agar tampak elegan.

Baca juga: Tips dan Prinsip Mendesain Interior Rumah Anda Agar Tampak Sempurna

1. Pengukuran meja dengan presisi

Pertama yang harus anda lakukan ada melakukan pengukuran meja dengan presisi. Pastikan bahwa perhitungan anda sudah benar. Bagaimana mengukur meja yang benar? Yaitu dengan cara menggunakan meteran agar dapat mengetahui ukuran panjang serta lebar pada meja makan. Bisa juga untuk meja dengan bentuk tidak biasa menggunakan meteran dan juga bisa cara lainnya, yang penting di awal dilakukan pengukuran meja. Hal ini untuk mengetahui nantinya kira-kira berapa luas meja yang bisa anda hias.

2. Pilih dekorasi yang tepat

cara menata meja makan (dekorasi)Jika berfikir untuk menambahkan dekorasi diatas meja maka sebaiknya anda mempertimbangkan dengan baik masalah dekorasi yang anda pilih. Sebab sebaik-baiknya pemilihan dekorasi akan menjadi nilai tambah entah itu kepuasan tersendiri dan yang lain sebagainya ketika anda menggunakan meja makan yang sudah di dekorasi dengan tepat itu tadi, sebisa mungkin sebaiknya pilih dekorasi yang masih bisa ditampung di meja dan tidak berlebihan, serta dengan pemilihan warna yang cocok. Bisa juga tambahan pernak pernik yang ada tetap tidak berlebihan agar terlihat elegan.

3. Pertimbangan ukuran taplak meja

Jika meja tersebut nantinya akan digunakan untuk makan bersama artinya akan duduk dan nantinya menggunakan meja untuk makan maka sebaiknya ukuran taplak tidak terlalu besar apalagi sampai menjuntai ke lantai, sebab nantinya akan ada kaki yang masuk di bawah meja ketika duduk. Berbeda jika meja digunakan hanya untuk meletakkan makanan, maka tidak apa sampai bawah meja jauh, karena tidak akan ada kaki yang masuk kebawah meja.

4. Menata lingkungan

dekorasi meja makan

Penataan meja makan yang tepat seharusnya juga tidak hanya berfokus pada meja makan itu sendiri saja, namun juga pada lingkungan yang terdekat dengan meja tersebut, jangan sampai suasana makan menjadi kurang menyenangkan karena anda lupa untuk ikut mempersiapkan segala sesuatunya selain meja makan, misalkan kursi, penataaan ruangan dimana acara makan akan dilaksanakan dan sebagainya. Kalau bisa semua saling bersinergi dan bersama menciptakan rasa nyaman. Jangan sampai terlalu fokus membuat anda lupa bagian lain disekitar meja makan anda menjadi terabaikan.

Persiapkan dari sekarang meja makan anda agar tampak elegan

Menata ruang makan dengan tepat akan membantu anda dan keluarga mancapai kepuasan maksimal saat mengadakan kegiatan makan. Perjamuan yang menyenangkan bisa dimaksimalkan dengan penataan meja makan dan juga sekitar meja makan sehingga suasana yang ada cukup kondusif. Jangan sampai keluarga anda atau siapapun mungkin juga teman yang berkunjung ke rumah anda menjadi kurang nyaman karena anda tidak menata meja makan dengan baik saat memberikan jamuan makan.

Baca juga: Tips Membuat Bioskop Mini Sendiri di Rumah yang Sederhana

meja makan dan makannyaBagaimana tips atau cara untuk menata meja makan yang tepat? Pertama adalah mengukur meja makan untuk nantinya mempertimbangkan masalah dekorasi meja makan seperti peletakkan benda, dan taplak. Kemudian memilih dekorasi yang tepat untuk meja makan anda, setelah itu mempertimbangkan ukuran taplak meja, dan juga lingkungan di sekitar meja makan itu sendiri, sehingga benar-benar disitu semuanya serasa mendukung agar suasana menjadi lebih enak untuk dilakukan makan-makan.

Perlu saya ingatkan, beberapa cara diatas adalah sebagai tambahan referensi anda saja dalam mendesain meja makan anda. Namun sebaiknya anda juga mencari beberapa referensi tambahan lainnya agar bisa dipadukan dan menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Terima kasih sudah membacara artikel tentang cara menata meja makan agar tampak elegan. Jika anda suka dengan artikel ini anda bisa membagikannya melalui akun media sosial yang anda miliki.

Incoming search terms:

  • cara menata meja makan sehari-hari
  • cara menata meja makan sederhana
  • cara menata meja makan
  • menata meja makan
  • penataan meja makan
  • cara menata meja makan menu siang
  • cara menata meja makan yang benar
  • contoh menata meja makan
  • cara menata jidangan dmrja
  • tatanan meja makan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *