Cara Menghemat Tagihan Listrik Rumah

menghemat-listrik-rumah

Semakin pesatnya perkembangan teknologi mendorong keinginan masyarakat untuk memiliki banyak teknologi yang menggunakan tenaga listrik dalam satu waktu yang hampir bersamaan. Padahal kadangkala hal itu tidak terlalu diperlukan, namun ada saja yang membeli karena hanya sekedar ingin akhirnya karena terlalu banyak menyebabkan tagihan listrik menjadi lebih boros, simak tips berikut ini tentang bagaimana menghemat listrik di rumah yang perlu anda coba.

1/ Hentikan Pemakaian AC Berlebihan

Perlu anda tau kalau penggunaan AC pada ruangan memang sangat maksimal untuk mendinginkan ruangan. Hal itu tidak perlu dipungkiri lagi. Namun apabila dalam ruangan tersebut sudah tidak lagi digunakan ada baiknya untuk dimatikan, terlebih apabila tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Anda juga bisa memaksimalkan penggunaan AC dengan cara menutup ruangan dengan rapat agar pendingin dapat bekerja dengan baik dengan suhu yang sudah diatur. Kalau tidak ditutup maka ruangan tidak akan terasa dingin artinya anda harus memilih suhu yang lebih rendah lagi untuk membuat ruangan dingin. Hal itu akan menyebabkan penggunaan listrik berlebih.

2/ Segera copot kabel yang tidak digunakan

kabel-listrik-hemat

Mungkin saja sebelumnya anda mengecharge handphone anda kemudian ketika selesai mencabut HP anda tapi lupa atau memang sengaja tidak mencaput charger pada stop kontak, ada baiknya tidak melakukan hal tersebut. Selain lebih hemat listrik hal tersebut juga membuat aman penghuni rumah. Kalau selesai menggunakan alat yang menggunakan tenaga listrik segera dicabut saja. Terlihat sederhana, namun cara ini cukup efektif apabila sebelumnya penggunaan listrik anda terlalu boros.

3/ Matikan alat elektronik yang tidak digunakan dalam waktu lama

Jika rumah akan ditinggalkan dalam waktu yang cukup lama, jangan lupa untuk mematikan alat-alat elektronik agar tidak menambah tagihan biaya penggunaan listrik anda. Misalkan saja anda perlu untuk berlibur ataupun ada tanggun jawab di luar kota yang harus diselesaikan jadi kemungkinan untuk pulang ke rumah lagi masih lama maka matikan alat-alat elektronik yang tidak digunakan dalam waktu yang lama tersebut.

4/ Menggunakan listrik prabayar

Salah satu alternatif untuk menghemat penggunaan listrik adalah dengan menggunakan listrik prabayar. Listrik prabayar menggunakan konsep seperti pulsa, jadi ketika habis maka listrik tidak bisa digunakan. Sebelum habis total biasanya akan ada tanda berupa suara untuk menunjukan kondisi pulsa dari listrik prabayar akan segera habis. Cara ini cukup baik untuk menjadi pengingat bahwa anda harus berhemat menggunakan listrik, namun memang agak repot kalau pulsa akan habis ketika malam hari dan alarm pulsa mau habis berbunyi sepanjang malam.

Tags :
Cara Menghemat Tagihan Listrik Rumah | admin | 4.5

Leave a Reply

/* */