Cara Merawat Kolam Renang Pribadi di Rumah Sendiri

Apa anda punya kolam renang pribadi di rumah sendiri? Apakah anda tau gimana cara merawat kolam renang pribadi di rumah anda tersebut? Padahal rumah yang punya kolam renang sendiri bisa dibilang unik, namun kalau ternyata tidak terawat dan bersih bukan keunikan yang akan dirasakan namun sebal. Adanya kolam renang bisa membuat suasana dirumah menjadi berbeda dan kesannya wow, hehehe.

Kolam Renang Pribadi

Dulu sekali pernah aku keluar kota, mau nggak mau berarti kan harus menggunakan kolam renang yang digunakan bersama kalau pengen renang. Nah pas waktu itu aku pikir bakalan seru nih karena waktu itu semua saudara pas kumpul, eh ternyata nggak seperti yang tak bayangin, kolam renangnya super duper rame, sampai waktu pertama kali datang aja udah nggak nyaman. Ramai sih wajar namun kalau kebanyakan kan juga nggak nyaman lah jadinya.

Pesan saya kalau memang ada rezeki lebih jangan nanggung lah ngasih kebahagiaan untuk keluarga sendiri, jangan cuma diajakin ke tempat kolam renang yang ramai seperti itu. Bikinin, nggak ada ruginya kok bikin kolam renang pribadi di rumah sendiri.

kolam renangOh iya balik lagi masalah perawatan kolam renang, memang sih dengan adanya penambahan fasilitas yang namanya kolam renang ini di rumah jadinya ada harga yang harus dibayar. Namun jika dipikirkan sebanding lah ya dengan waktu yang dihabiskan untuk bikin, biaya yang dikeluarkan dan tenaga. Karena mahal itu (dalam artian ada harga yang harus dibayar) kamu yang punya kolam renang di rumah ya wajib merawat kolam renang tersebut agar layak pakai kapanpun mau digunakan.

Bayangkan bila perawatan sama sekali tidak dilakukan ya minimal jarang-jaranglah, maka bisa jadi hal tersebut ujung-ujungnya ya akan merugikan kamu yang makai, misalnya air kolam menjadi keruh, belum lagi berwarna aneh, bisa juga bau klorinnya jadi menyengat, mata menjadi gatal, dan berbagai hal lainnya.

Paling parah nih, tapi semoga aja nggak menimpa kita. Hal terburuknya paling buruk-buruk banget, kolam renang yang biasa kita pakai itu bisa jadi salah satu sarana penyebaran penyakit jika nggak dirawat. Waduh bukannya seneng malah susah. Saya yakin kamu tentu nggak mau orang-orang yang kamu cintai terancam bahaya kesehatan akibat kamu nggak merawat kolam renang bukan?

Cara Merawat dan Membersihkan Kolam Renang

cara merawat kolam renang

1. Periksa Kejernihan Air di Kolam Renang

Nggak usah jauh-jauh untuk ngeliat. Periksa aja dulu air kolamnya. Apa udah jernih? Atau mungkin keruh, atau gimana? kotor mungkin? Yah yang kayak gitu bisa dilihatlah secara kasat mata. Jika sudah sampai keruh ya taulah harus diapain? Bersihkan kolam renang dang anti tuh airnya dengan yang baru. Masak iya dibiarkan begitu saja?

Waktunya nggak tentu untuk yang ini, kapan aja keliatan udah nggak bagus ya segera buat dibersihin. Air kolam kotor itu juga penyebabnya banyak, jadi nggak tentulah kapan dianggap kotor atau nggak bisa jadi karena daun yang jatuh dari pohon karena terbawa angin, bisa juga karena banyaknya debu bertebaran, atau mungkin serangga, dan 1000 faktor lainnya. Nggak usah heran banyak faktor yang mempengaruhinya, sebab kolam renang dibikinnya di luar ruangan.

Baca juga: Yuk Intip Rumah yang Ramah Lingkungan Kepunyaan Lionel Messi

Bagaimana cara membersihkannya?

Ya untuk itu, paling gampangnya untuk membersihkan kolam renang bisa pakai jaring yang diujungnya dipasang pada galah atau kayu panjang dan semacamnya. Kalau panjang hal itu sangat bermanfaat untuk menjangkau ke seluruh bagian permukaan kolam renang milik anda. Jadi bisa bersih maksimal.

2. Periksa Keranjang Skimmer, Kondisi Pompa Air Kolam dan Filter Air Kolam

kolam renang idamanSelanjutnya kalau sudah menjadikan keadaan air lebih baik dan bersih. Anda bisa mempertimbangkan untuk mengecek keranjang skimmer, bagaimana kondisi pompa air dan juga filter air apakah bekerja dengan baik atau tidak. Apa fungsinya keranjang skimmer? Yaitu untuk membantu menghindari terjadinya air kolam renang menjadi tercemar limbah ataupun kotoran lainnya. Dalam waktu satu minggu, sebaiknya keranjang skimmer ini seharusnya dibersihkan ya. Sekali lagi aku bilang sebaiknya, kalau misalkan nggak mau ya silakan tanggung sendiri akibatnya. Terlebih lagi jika kolam renang tersebut adalah kolam outdoor, anda yang mau membersihkan keranjang skimmer pertimbangkan kondisi cuaca saat itu dan jika memang diperlukan biasanya kerangjang skimmer ini akan lebih sering dibersihkan.

Pompa air yang berfungsi mengatur sirkulasi air kolam juga nggak kalah penting dan tentunya harus juga diperhatikan. Kenapa hal ini juga penting? Agar kondisi air di kolam tidak jenuh dan akan lebih baik lagi sebaiknya pompa air ini juga dibersihkan beberapa kali dalam sebulan, atau mau lebih hebat lagi? Bisa seminggu sekali.

Cek juga kondisi dari filter air. Membersihkan filter air apabila sudah kotor bisa dilakukan dengan cara mengecek kondisinya dari filter lebih dulu. Jika cuaca ekstrim dan kurang bersahabat akan lebih baik kalau mengeceknya lebih sering. Mengapa? Sebab ini bisa jadi mengandung banyak sampah bertebaran atau mungkin kotoran yang bisa jadi menjadi resiko dan menyebabkan gangguan kerja filter tersebut karena adanya sumbatan.

3. Bersihkan Kolam Renang

Langkah tepat yang merupakan langkah terbaik dari semua cara merawat kolam renang milik pribadi di rumah sendiri adalah membersihkan secara total kolam renang. Anda bisa memulainya dengan membersihkan bagian dinding dan bagian dasar dari kolam renang. Mulai aja dari menyikat seluruh bagian dasar dan juga bagian dinding kolam renang secara keseluruhan. Bersihkan juga dari masalah penggangu seperti lumut, mungkin alga dan kotoran membandel lainnya yang nempel dan sulit pergi.

Perawatan Kolam Renang Hasil Maksimal

cara membersihkan kolam renang pribadi

Merawat kolam renang ini sangat penting, kalau kamu punya kolam renang. Masak mau dipakai ternyata kotor dan menjijikan, malu kan apalagi sampai ada tamu yang batal renang karena kotor. Maluuuu. Cari aman aja bersihkan secara rutin beberapa waktu sekali. Nggak rugi kok kalau kolamnya bersih.

Atau mungkin anda merasa malas ataupun kesulitan untuk membersihkan kolam renang anda ataupun merawatnya? Anda bisa mencari perusahaan yang menyediakan jasa tersebut. Jika ternyata anda malah punya perusahaan yang bergerak dibidang pembersihan kolam renang, jangan ragu untuk menginfokan pada kotak komentar ya sapa tau ada yang baca artikel ini, kemudian cari perusahaan yang menyediakan jasa tersebut.

Kalau artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya ya. Gratis. Yuk baca artikel lainnya di http://www.mauproperti.com

Incoming search terms:

  • cara perawatan kolam renang pribadi
  • cara merawat kolam renang sendiri
  • cara membersihkan kolam renang pribadi
  • merawat kolam renang di rumah
  • cara perawatan kolam renang rumahan
  • cara membersihkan dasar kolam renang yang kotor
  • cara mentreatment air kolam renang baru
  • perawatan kolam renang pribadi
  • cara merawat kolam berenang di rumaj
  • cara merawat kolam renang dalam rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *