Harga Smartphone
Sedang memuat ...

Hindari Tindakan Ini Jika Ingin Tanah Anda Cepat Laku Terjual!

Jika anda ingin menjual tanah dan sudah membaca artikel saya sebelumnya tentang cara jual tanah, maka artikel ini adalah tentang hal-hal (tindakan) yang harus dihindari berikut patut anda pertimbangkan agar tanah anda cepat laku terjual. Kebanyakan cara menyarankan lebih kepada bagimana membuatnya lebih mudah diinformasikan ke kebanyakan orang, namun sebaiknya yang lebih tepat anda juga memperhatikan tentang hal-hal apa saja yang harus dihindari ketika akan menjual tanah.

Mungkin sebagian anda pernah dengar, wah tanah si bapak A laku lo, jualnya cepet pula, padahal ini dan itu. Beda lagi nih, dengan kejadian bapak B, tanahnya sebenarnya posisinya bagus, kondisinya mantep, dan sepertinya nggak ada cacat sama sekali, dan satu lagi harganya beh mantep lah. Bahkan lebih murah dari tanah yang ada disekitarnya, bisa anda bayangkan kemudian tanah bapak B tadi lama terjualnya? Tapi ada juga memang kejadian yang seperti itu walaupun bisa dibilang jarang.

Menjual tanah lebih cepat

Bisa dibilang sebenarnya nggak ada rumus yang baku dalam penjualan properti. Kalau kita lihat objek properti yang bersebelahan pun dengan bentuk yang sama, dan harga yang kurang lebih sama, yang satu laku cepet satu laku lama juga ada. Anda bisa melihatnya diperumahan baru, biasanya rumahnya sama, kadang yang posisi ini laku, posisi sebelahnya belum laku, padahal harga dan hal lainnya sama, memangnya kenapa? Nah itu, contohnya.

tanah dijual

Seperti kejadian bapak A dan bapak B tadi, tidak ada yang pasti dalam semuanya. Belum jaminan pasti laku dan sebagainya. Karena membeli properti serba relatif jadi ya terserah yang mau beli. Beberapa hal yang bisa kita lakukan anda menghindari hal-hal yang sebaiknya memang dihindari ketika akan menjual properti, seperti yang berikut ini.

Baca juga: Mau Tau Strategi Tepat Cara Menjual Tanah Online Lewat Internet?

– Hindari menjual tanah tanpa promosi

Hei bung, anda jualan lo, bayangkan anda memiliki segudang barang berkualitas dan tidak satupun ada yang laku dari barang anda, dan ketika itu anda tidak melakukan promosi dengan dalih untuk menghemat pengeluaran. Kan lucu, mengharapkan sesuatu yang besar tanpa pengorbanan. Sama seperti halnya menjual banyak barang berkualitas, untuk menjual satu objek tanah berkualitas sebaiknya anda harus mengeluarkan dana promosi yang cukup agar tanah anda memungkinkan untuk lebih cepat laku.

tidak promosi tanah

Kurang lebihnya seperti ini, sekarang anda bayangkan sedang menginformasikan bahwa anda menjual sebuah tanah pada 1 orang saja yang merupakan teman baik anda untuk dicarikan calon pembeli. Sekarang anda menggunakan media 1 saja yaitu mungkin koran lokal untuk mendapatkan calon pembeli. Kira lebih cepat mana tanah anda laku terjual? Nah seharusnya anda memahami bahwa keberadaan media promosi sungguh sangat membantu.

Beberapa hal yang bisa dijadikan media promosi:

  • Media lokal (anda bisa pasang iklan baris disini)
  • Media internet (wah ini lagi ngetrend, jangkauannya luas)
  • Media TV nasional (untuk produk yang pangsa pasarnya menengah ke atas, biasanya sih untuk perumahan mewah, apartemen dan sejenisnya)

Kalau anda tertarik untuk mempelajari cara berpromosi anda bisa membaca di kategori pemasaran, disana anda akan menemukan berbagai cara berpromosi untuk meningkatkan kemungkinan tanah anda laku terjual dengan cepat.

– Hindari berbohong

Menyampaikan informasi berlebihan ketika bertemu dengan calon pembeli juga tidak baik. Informasi yang berlebihan dalam hal ini yang dimaksud berupa kebohongan. Sekali anda membohongi calon pembeli, misalkan kondisi tanah yang tidak sesuai, jangan harap peluang besar untuk terjadinya penjualan, dan bisa jadi malah anda direkomendasikan tidak baik oleh mereka kepada rekannya.

Contoh nyata yang pernah saya temui adalah ketika penjual, menawarkan sebuah tanah, di depan jalan tertulis lokasinya hanya 50 m, namun ketika ditunjukan, sekilas saya ukur lebih dari 300 m, pantas saja saya cek di awal tidak ketemu. Nah disitu saya konfirmasi, dan beliau menjawab “itu kan cuma pemancing, buat promosi”. Nah salah, konsepnya menawarkan sudah salah disitu. Sebuah kebohongan tentu akan mencerminkan bahwa penjual bukanlah orang yang bisa dipercaya. Jadi sampaikan apa adanya ketika menunjukan sebuah kelebihannya.

Ketika terjadi kebohongan dan itu jelas merupakan kesengajaan, bukan tidak mungkin pembeli menjadi kecewa dan memutuskan untuk tidak jadi melakukan transaksi. Ya udah dibohongin sapa lagi yang mau percaya. Ujungnya penjualan jadi lebih lama, karena gagal transaksi.

– Hindari mempersulit transaksi

transaksi jual beli tanahMau lebih cepet kan adanya penjualan? Maka itu sebaiknya hindari hal-hal teknis yang dapat mempersulit terjadinya transaksi penjualan dengan segera. Misalkan saja nih, kadangkala kita sibuk nawarkan kesana kemari, membawa calon pembeli bolak balik ke lokasi. Susah payah negosiasi dengan tujuan agar tanah tersebut lebih cepat laku terjual. Anda sendiri sudah merelakan dan sedikit mengalah soal harga karena mungkin saja anda memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi dengan uang hasil penjualan tanah tersebut. Kemudian ternyata,

Tanah tersebut malahan sedikit lambat terjual, karena anda mempersulitnya. Entah sengaja atau tidak ada beberapa hal yang seharusnya diperhatikan ketika akan menjual tanah, dan objek properti lainnya. Yaitu masalah legalitas, sebab ketika transaksi ada syarat yang kurang tentunya akan menghambat proses transaksi. Bukan tidak mungkin tanah tersebut tidak jadi laku karena suatu sebab yang anda tidak sengaja (*mungkin) seperti surat-surat, pajak dan sebagainya. Jadi hal-hal seperti itu sebaiknya disiapkan dari awal.

Iya kalau pembelinya mau nungguin, lah kalau tidak, sapa yang rugi? Anda juga pastinya, karena kehilangan calon pembeli potensial dan artinya tanah anda tidak jadi cepat laku terjual.

Tips tambahan menjual tanah lebih cepat

Memang tidak bisa dipungkiri nyatanya ada sekian faktor yang terkait dan ikut menentukan apakah sebuah tanah bisa laku terjual secara cepat. Namun untuk memaksimalkan setiap kesempatan yang ada, hal-hal yang harus dihindari seperti diatas sebaiknya di perhatikan, dan tidak dilakukan. Selain itu optimis ketika akan menjual tanah sehingga, akan menebar aura positif ketika berbicara dengan calon konsumen, dan sekali lagi membuatnya segalanya menjadi mungkin saja terjadi.

Terima kasih telah membaca artikel tentang hal-hal yang harus dihindari jika ingin tanah anda laku terjual lebih cepat. Jika anda menyukai atau ingin berbagi artikel ini kepada rekan anda, silakan. Semoga jika artikel ini bermanfaat untuk anda, tentunya juga dapat bermanfaat untuk orang-orang kesayangan disekitar anda.

/* */