Langkah Bernegosiasi Ketika Membeli Rumah

negosiasi-beli-rumah

Membeli rumah merupakan salah satu keputusan yang tidak bisa sembarangan. Ada banyak pertimbangan mengenai keuangan dan rumah itu sendiri sebelum dibeli. Apakah nantinya pembelian rumah tersebut sudah tepat, atau pembelian rumah tersebut malah merugikan. Tidak ada yang tahu, dan sewajarnya ketika akan membeli rumah dari pihak pembeli berharap mendapatkan harga yang murah, sedangkan dari pihak penjual berharap mendapatkan harga tertinggi untuk kualitas yang sama. Sulit memang, tapi itulah kenyataannya.

Disini fungisnya negosiasi ketika akan membeli rumah. Bagaimana menyatukan pendapat tentang harga rumah untuk mendapatkan harga terbaik tanpa merugikan salah satu pihak. Istilah kerennya adalah win-win solution, tidak ada yang dirugikan dan semua merasa cocok. Apalagi jika ternyata sebenarnya anda sudah sangat cocok dengan rumah yang akan dibeli. Berikut ini beberapa tips yang perlu anda lakukan ketika bernegosiasi.

1. Melakukan kunjungan lokasi

Tidak perlu bertele-tele ketika ingin mendapatkan informasi pertama kali di sambungan telepon. Anda cukup menelpon untuk bertanya informasi standart mengenai ukuran tanah, bangunan dan harganya. Lalu buat janji untuk ketemu dengan pemilik rumah. Hal tersebut akan terlihat bahwa anda serius dan menghargai rumah yang dijual oleh pemiliknya tersebut.

Baca juga: Cara Memilih Lokasi dan Karakter Tanah Untuk Bangun Rumah yang Tepat

Pernah ada kejadian yang menelpon terburu-buru menawar terlebih dahulu padahal belum pernah bertemu dan melihat lokasi bangunan sesungguhnya. Jadinya kan aneh, padahal belum lihat kondisi rumah yang ditawar sudah bingung menawar terlebih dahulu. Selain itu kunjungan ke lokasi juga berguna untuk memastikan kondisi rumah sesungguhnya agar tidak salah pilih.

2. Dengarkan informasi lengkap dari penjual secara langsung

Lebih banyak bertanya dan menggali informasi yang selengkap mungkin untuk mengetahui apa motif dari penjualan rumah untuk membantu anda mempertimbangkan nantinya berapa harga yang pantas untuk menawar rumah. Meskipun di awal dikatakan harga pas, untuk beberapa rumah yang dijual nyatanya ada juga yang masih bisa ditawar.

Baca juga: Mau Beli Rumah Second? Pelajari Panduan Ini

Gali terus apa saja yang menjadi kelebihan rumah menurut penjual dan alasannya menentukan harga sekian. Dengan begitu kamu bisa mempertimbangkan apa memang harganya sudah layak atau belum, atau mungkin perlu ditawar.

3. Tunjukan tawaran anda serius

Jika anda memang menyukai rumah tersebut, dan dana yang anda miliki sebenarnya cukup. Kemudian anda menyukai juga harganya, mungkin anda tidak perlu menawarnya. Namun apabila memang ingin menawarnya anda bisa menyampaikan dengan cara baik-baik dan tidak menawarnya terlalu rendah, mungkin anda bisa menawarnya dengan harga yang tidak terlalu jauh dan menurut anda masih masuk akan untuk terjadinya transaksi. Pastikan juga anda tahu batasan-batasan wajar untuk menawar harga, jangan sampai juga anda mengutarkan hal-hal yang nantinya menyakiti hati penjual agar transaksi benar-benar terjadi dan menghasilkan win-win solution. Jangan lupa beri jeda waktu juga untuk penjual berfikir atas tawaran anda nantinya, jangan terkesan agresif dan “butuh”.

Tags :
Langkah Bernegosiasi Ketika Membeli Rumah | admin | 4.5

Leave a Reply

/* */