Lebih Untung Mana Investasi Properti Atau Bisnis Properti?

Berbicara tentang peluang memiliki properti yang semakin mudah saat ini dengan segala bentuk pendukungnya, banyak orang yang mulai bingung bagaimana memperlakukan sebuah properti, apakah properti tersebut akan lebih baik dijadikan sebuah investasi, ataukah akan diperlakukan sebagai sebuah bisnis. Bagaimana dengan kamu disini, apa bingung juga? Menarik ya topik ini untuk dibahas, maka itu cermati baik-baik. Siapkan catatan kecil untuk mencatat poin penting dari artikel investasi properti vs bisnis properti berikut ini.

Oh iya jika kamu tertarik atau suka mempelajari lebih jauh tentang bisnis properti, dan segala bentuk pengembangan dari bisnis properti dari jenis yang sudah ada, bisa juga mengunjungi halaman depan website ini di www.MauProperti.com. Jika ada pertanyaan tentang apapun terkait cara bisnis properti kamu bisa bertanya melalui halaman contact us yang tersedia, ingat kata pepatah malu bertanya sesat dijalan, jika banyak bertanya sebelum mencoba sebenarnya sama tidak baiknya, hehehe. Sesegera mungkin akan saya jawab.

 

Investasi Properti vs Bisnis Properti

jalan menuju investasi properti dan bisnis properti

Nah ini bisa dibilang cukup krusial, terkait pamahaman dasar mengenai bedanya investasi properti dan juga bisnis properti. Ada yang sudah paham tentang ini? Ayo jangan malu-malu diskusikan langsung di kolom diskusi dibawah artikel ini ya. Untuk yang mungkin belum tahu, berikut ini sedikit gambaran mengenai investas properti dan juga bisnis properti semoga membantu kamu untuk memahaminya.

 

 

 

Pengertian dari Investasi Properti

Bisa diartikan investasi properti ini adalah jumlah dari bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan dimasa depan. Isitilah sejenis menaruh atau menanam modal untuk harapan keuntungan dimasa yang akan datang.

Lantas bagaimana cara kerja investasi di bidang properti? Nah ini yang dimaksudkan mungkin adalah kita membeli properti tidak dengan tujuan untuk ditempati, hanya dibeli dan disimpan. Properti tersebut menjadi pasif dan tidak menghasilkan dalam jangka pendek secara berkala, ketika diniatkan untuk investasi. Namun yang karena yang namanya properti harganya pasti naik karena keterbatasan jumlah, pastinya nanti setelah disimpan dalam jangka waktu sekian tahun ketika dijual bisa jadi memberikan keuntungan yang tidak sedikit.

Baca Artikel Ini : Bagaimana Cara Memaksa Properti Mempercepat Kenaikan Harganya Sendiri?
 

Apa Bedanya Dengan Bisnis Properti?

investasi properti

Nah berbicara tentang bisnis properti, bisnis itu sendiri adalah suatu kegiatan yang mana dilakukan dengan menjual barang atau jasa kepada pihak lain yang membutuhkannya untuk mendapatkan keuntungan. Disini sudah cukup jelas terlihat bahwa bisnis terkesan lebih agresif ketimbang investasi, itu mengapa jika kita berinvestasi dan berbisnis tentu hasilnya akan lebih banyak berbisnis.

Contohnya saja, kamu membeli properti dengan tujuan untuk berbisnis, misalkan beli rumah untuk dibuat kos puluhan kamar, dan disewakan dengan harga sekian ratus ribu, nah tentu hasilnya akan lebih banyak jika dibuat kos bukan? Berbeda jika hanya dibeli dan dibiarkan.

Sampai dibagian tentang perbedaan bisnis dan investasi properti apakah sudah pada paham? Kalau belum ayo baca ulang lagi, rugi kalau terlewat begitu saja. Jika ternyata masih kurang paham, silakan ditanyakan di kolom komentar, bagian mana yang kurang kamu mengerti.

 

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Properti dan Bisnis Properti

Jika sudah paham perbedaan mengenai investasi dan bisnis properti, yang perlu kamu tahu masing-masing tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan, seperti setiap makhluk hidup yang diciptakan seimbang memiliki kelebihan dan juga kekurangan, hal itupun berlaku pada investasi properti dan bisnis properti.

Jika kita memilih untuk berbinis properti maka artinya:

  1. Modal yang harus dikeluarkan besar, karena digunakan untuk maintain properti secara berkala
  2. Lebih agresif dalam mendapatkan keuntungan, begitupun artinya resiko juga semakin besar
  3. Keuntungan yang didapatkan luar biasa besarnya
  4. Biaya bulanan untuk perawatan properti menjadi tercover oleh pendapatan dari bisnis properti ini
  5. dst

kelebihan dan kekurang bisnis properti

Sedangkan jika kita lebih condong untuk menjadikan properti sebagai investasi, yang terjadi adalah:

  1. Modal yang dikeluarkan relatif kecil hanya untuk beli di awal
  2. Keuntungan tidak sebesar jika properti digunakan sebagai bisnis, begitupun masalah resiko properti yang digunakan sebagai investasi cenderung lebih aman
  3. Keuntungan yang didapat tidak sebesar jika digunakan sebagai bisnis
  4. Biaya bulanan seperti listrik, air (PDAM), PBB dan sebagainya menjadi biaya tambahan yang harus dikeluarkan secara berkala, tanpa ada pemasukan sebelumnya dari properti yang dijadikan investasi ini
  5. dst

Dari berbagai informasi diatas dapat ditarik kesimpulan, bahwasannya menjadikan properti sebagai bisnis adalah sesuatu yang sungguh menggiurkan apabila kita ingin lebih agresif mendapatkan keuntungan besar disertai resiko yang sama besarnya. Namun jika memilih aman santai dan terkesan lambat tapi pasti maka menjadikan properti sebagai investasi adalah pilihan yang mungkin lebih tepat untuk tabungan masa depan.

 

Investasi properti atau bisnis properti, mana yang lebih menguntungkan?

bingung investasi properti atau bisnis properti

Sampailah kita kepada puncaknya, sebenarnya mana sih secara keseluruhan yang lebih baik, apakah investasi properti ataukah bisnis properti yang lebih menguntungkan untuk dijalani. Apakah menjadikan properti untuk bisnis adalah yang terbaik? Eh, kamu kalau masih bingung baca ulang deh dari bagian sebelumnya sepertinya sudah dibahas hayooo..

Inilah keunikan properti, sebagian besar orang memanfaatkannya untuk tabungan masa depan yang artinya properti didiamkan sebagai investasi. Sebagian orang lainnya bergerak lebih cepat untuk mendapatkan uang dan memanfaatkan properti sebagai ladang untuk berbisnis. Nah tinggal kamu mau lebih condong ke yang mana, asal tahu saja baik kedua pemanfaatan properti yang sebelumnya sudah dijelaskan, bisa dikombinasikan menjadi satu. Artinya kepemilikan atas satu properti bisa dimanfaatkan untuk dua tujuan sekaligus, yang pertama ada investasi dan bisnis.

Bagaimana caranya? Contoh kamu ingin menabung untuk masa depan kamu tetapi juga memiliki kebutuhan bulanan yang lumayan besar, tidak mungkin untuk membeli properti yang terlalu mahal, nah disini jika kamu ingin sekali kamu bisa pinjam uang ke bank, dan nanti bisa pilih harga rumah yang cukup mahal sekiranya cukup untuk tabungan masa tua kamu ketika dijual (kamu sedang berinvestasi).

Daripada didiamkan lebih baik lagi kalo rumah tersebut sekalian dibuat bisnis, misalkan dengan membuat warung makan didepannya, lalu ditambahkan dengan beberapa kamar kos untuk renovasi dan sebagainya (artinya untuk bisnis) maka nantinya kamu akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus yaitu dalam jangka waktu pendek yaitu keuntungan dari bisnis itu, dan jangka panjang keuntungan investasi. Ketika akan dijualpun jika sudah dilengkapi bisnis seperti itu, maka harga jual propertinya juga bisa semakin meningkat lagi.

Ada masukan? Ada yang masih bingung tentang ini? Jangan malu sekali lagi saya ingatkan untuk anda kontak saya melalui halaman contact us, atau melalui kotak komentar yang tersedia dibawah ini. Bantu saya bagikan artikel ini jika kamu rasa akan bermanfaat bagi orang-orang disekitarmu melalui akun sosial media seperti facebook twitter dan lain-lain.

Incoming search terms:

  • pertanyaan investasi properti
  • pertanyaan tentang bisnis property
  • pertanyaan tentang properti investasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *