Harga Smartphone
Sedang memuat ...

Mencari Lowongan Pekerjaan VS Peluang Usaha, Mana yang Lebih Baik?

Sekarang ini rasa-rasanya sedikit mulai sulit untuk menemukan lapangan pekerjaan. Apakah anda juga mengalaminya? Ketika lulus dari SD, ingin cepat ke SMP, setelah lulus ingin melanjutkan ke SMA. Tujuannya mencari lapangan pekerjaan. Kesana kemari keliling untuk menemukan lowongan pekerjaan yang pas. Nyatanya? Ah terlalu sulit menemukan lowongan kerja yang sesuai dengan keinginan kalau hanya tamatan SMA.

Tanpa ragu kemudian anda berfikir bahwa lulusan sarjana akan lebih mudah mendapatkan kerja, dan anda kuliah. Apakah benar demikian mudahnya? Ternyata waktu lulus pun sama saja. Nggak ada bedanya, karena lulusan sarjana juga banyak, yang mau kerja juga banyak. Pada akhirnya baik apapun tingkatan pendidikan anda semuanya memiliki peluang masing-masing.

Kerja atau Usaha (Berbisnis)?

Sebenarnya hal ini bisa dikatakan problematika, berbisnis pun kenyataannya tidak semudah yang dibayangkan. Tidak semua yang ingin berbisnis memang memiliki mental baja dan siap untuk berbisnis. Satu persatu bisnis tumbang setiap tahunnya itu bukan lagi fenomena luar biasa. Tapi adakah yang sukses berbisnis? Tentu saja ada, namun itu hanya segelintir orang saja.

Nggak semua yang berbisnis itu sukses dan Nggak semua yang kerja nggak sukses

Semua kembali lagi tergantung mendefinisikannya dari sudut pandang yang mana. Orang kerja pun yang katanya sulit dan lebih bagus berbisnis karena bisa menjadi bos diusahanya sendiri, ternyata ada juga yang sukses mencapai posisi puncak dengan segala hal yang dimilikinya. Begitupun dengan berbisnis ada juga yang sukses merintis bisnisnya dari awal kemudian meraih kesuksesan yang berangkat dari nol.

mencari lowongan pekerjaan dan peluang usaha

Kalau bicara perjuangan, saya rasa semuanya sama, sama-sama memulai dari nol. Lahir tanpa kemampuan khusus, berproses untuk menjadi lebih baik, dan meraih sukses pada bidangnya masing-masing.

BEKERJA? OK. BERBISNIS? JUGA OK.

Tidak ada yang salah dengan keduanya. Tidak ada yang lebih baik dari mengerjakan semuanya dengan kesungguhan dan meraih suksesnya dibidangnya masing-masing. Tinggal bagaimana anda mengenali karakter diri anda sendiri. Apakah anda lebih sesuai menjadi seorang karyawan, apakah anda lebih condong dan cenderung cocok menjadi seorang pebisnis?

Baca juga: Ini Nih Ciri Kamu Punya Bakat Jadi Pengusaha Sukses

Akan lebih baik jika:

  • Anda yang sudah merasa tenang dengan kondisi saat ini, jadi apapun itu, tingkatkan lagi kinerjanya agar apa yang anda inginkan bisa tercapai.
  • Anda yang merasa dimana anda berada saat ini kurang pas (dengan pertimbangan matang) silakan berpindah haluan. Namun sebelumnya sebisa mungkin anda juga memiliki persiapan dan mentor agar nggak kejadian salah pilih.

Jika anda menyukai tantangan, anda suka sesuatu yang tak pasti, kadang pendapatan besar kadang kecil kadang besar sekali kadang nggak dapet apa-apa dan anda merasa nyaman dengan kondisi saat itu. Silakan, silakan anda menjadi pengusaha. Terlebih lagi jika anda seseorang yang kreatif, dan memang memiliki passion untuk berbisnis dan segera cari peluang usaha yang paling mantep.

Baca juga: 7 Kriteria Bisnis Yang Tepat Untuk Anda Perjuangkan

Jika anda orang yang pasif menyukai sesuatu yang pasti, tidak tahan terhadap beban stress yang berlebihan. Akan ada baiknya anda tetap menjadi seorang pegawai sebab pada dasarnya, menjadi seorang pegawai akan membantu anda tetap mendapatkan apa yang biasa anda dapatkan. Silakan upgrade kemampuan diri anda ke level yang paling maksimal. Tujuannya agar hasilnya bisa lebih baik, dan anda bisa survive di perusahaan yang anda ikuti saat ini.

Jadi, pilih mencari lowongan pekerjaan atau peluang bisnis?

lowongan kerja dan peluang bisnis

Apapun pilihan anda nantinya semoga artikel ini bisa setidaknya memberikan gambaran pada anda, dari sudut pandang yang menurut saya sudah sangat netral. Kedua hal tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dari kedua hal tersebut anda bisa sama-sama bisa hidup. Mana yang lebih baik? Tanyakan pada diri anda sendiri, apa yang anda mau!

Terima kasih telah membaca artikel tentang mencari lowongan pekerjaan atau peluang usaha ini. Bagikan ke temen kamu kalau kamu rasa bakalan bermanfaat.

/* */