Mau Beli Rumah Second? Pelajari Panduan Ini

Rumah second atau rumah bekas, adalah rumah yang sebelumnya ditempati seseorang kemudian dijual lagi. Berbeda dengan rumah yang dibuat oleh developer, rumah second dalam pengurusan transaksinya tentu tidak akan sepraktis bila membeli rumah baru dari developer. Tidak ada yang salah apabila anda memiliki keinginan untuk membeli rumah second, karena pada dasarnya tidak terlalu ada perbedaan yang mencolok antara rumah baru dan bekas dalam hal fisik.

beli-rumah-bekas

Membeli rumah second/rumah baru ketika ada kondisi fisik rumah sedikit saja yang kurang berkenan, anda bisa mengubahnya dengan mendesain ulang sesuai keinginan. Terlepas dari apapun alasan anda untuk membeli rumah second, berikut ini ada beberapa tips yang dapat anda jadikan panduan ketika akan membelinya.

Pemeriksaan status rumah

Demi keamanan dan kenyamanan anda selama transaksi nantinya. Atau demi menghindari hal-hal yang kurang diinginkan, di awal ada baiknya anda melakukan pemeriksaan status rumah. Pastikan rumah memiliki surat yang lengkap, mulai dari IMB dan hal lainnya. Lebih baik lagi di awal juga dipastikan anda bertemu dan melakukan proses tawar menawar dengan sang pengambil keputusan langsung. Dalam hal ini pemilik atau yang diberikan kuasa jual.

Periksa kondisi bangunan secara menyeluruh

Walaupun memang ketika membeli rumah ada sedikit saja bagian yang kurang anda suka kemudian bisa diubah atau disebut renovasi, namun alangkah lebih baiknya memilih rumah yang tidak terlalu perlu melakukan renovasi karena akan menghemat biaya.

Artikel terkait: 5 Teknik Mengecat Dinding Rumah Lama Baru Sendiri

Jadi apabila rumah yang dibeli bertujuan untuk langsung ditempati anda sekeluarga, maka sebaiknya pilih rumah yang siap huni. Selain menghemat biaya untuk renovasi, rumah yang siap huni juga bisa segera untuk ditempati. Jadi anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk menempati rumah baru yang anda idam-idamkan.

Pertimbangkan sirkulasi udara dan pencahayaan

Sirkulasi udara juga cukup penting, jadi ada baiknya anda memeriksa terlebih dahulu mengenai ventilasi dan juga masalah pencahayaan apakah sudah cukup baik dirumah tersebut. Ruangan yang sirkulasi udaranya baik dan juga mendapat pencahayaan yang cukup akan lebih nyaman untuk ditempati. Jika kedua kondisi tersebut tidak terpenuhi kembali lagi ke anda, apakah siap dengan kondisi yang kurang nyaman tersebut? Ataukah siap dana ekstra untuk melakukan renovasi rumah?

Periksan ketahanan bagunan

Jika anda cukup jeli anda bisa melihat kondisi bangunan lebih tepatnya ketahanan dinding rumah apakah cukup kuat dan layak untuk ditempati? Nah untuk melihat hal ini bagi anda yang merasa kurang berpengalaman anda bisa mengajak teman anda yang lebih pandai mengenai hal tersebut. Pentingnya melakukan pengecekan tersebut adalah untuk memastikan rumah yang anda beli dalam kondisi baik. Semoga beruntung dan mendapatkan rumah idaman sesuai yang anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *