Mau Beli Tanah Kavling Yang Harganya Murah? Ini Tipsnya

Membeli tanah kavling adalah salah satu alternatif ketika anda ingin mempersiapkan masa depan anda, entah akan membangun sebuah rumah selain membeli rumah jadi, ataupun membelinya untuk keperluan investasi, dan keperluan lainnya seperti bisnis. Apapun alasan anda dan dimanapun anda membeli tanah kavling misalkan di bekasi, tanah kavling gresik, depok, tanah kavling banyuwangi dan kota/kabupaten lainnya saya harap ketika mendapatkan harga yang murah maka anda tetap harus tidak boleh gegabah mengambil sikap saat akan membelinya.

Transaksi tanah, seperti kegiatan transaksi jual beli properti lainnya entah yang harganya murah ataupun tidak, tentu tetap harus memperhatikan asas kewaspadaan sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Membeli tanah kavling bukanlah hal main-main harganya saja cukup mahal, maka itu waspada itu penting ketika akan membelinya. Demi apa? Tentu demi diri anda dan keluarga anda sendiri yang nanti akan berencana memiliki tanah kavling.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Properti Tanah Kavling yang Menguntungkan

Beli tanah kavling murah

beli tanah kavling

Apa ada pengecualian pada tanah kavling yang harganya murah sehingga kita harus lebih waspada? Tentu tidak, semua hal yang anda akan beli tentu harus anda tempatkan asas waspada di setiap melakukan transaksi, terutama bagi anda yang mungkin membeli tanah kavling untuk keperluan bisnis dan keperluan lainnya. Tanah kavling yang harganya mahal pun tetap anda pasang kewaspadaan cukup agar anda terhindar dari kerugian.

Harga memang menjadi pertimbangan utama dalam melakukan transaksi, namun ketika membeli tanah kavling ada beberapa pertimbangan lain yang juga perlu anda pikirkan, sebelum benar-benar memutuskan untuk membelinya.

Baca juga: Tips Aman Membeli Rumah Untuk Berbagai Keperluan

6 Hal yang harus di pertimbangkan saat akan membeli tanah kavling

6 hal pertimbangan saat beli tanah kavlingBerikut ini adalah hal-hal yang harus anda pertimbangkan sebelum membeli tanah kavling. Pastikan anda menyiapkan catatan, untuk mencatat hal-hal berikut ini, dan bertanya bila ada yang belum anda pahami, serta bila menurut anda ada yang kurang anda bisa menginformasikan kepada kami.

1. Kondisi tanah

Hal pertama yang harus dipertimbangkan saat akan beli tanah kavling adalah masalah kondisi tanah kavling yang akan dibeli, kondisi yang dimaksudkan disini adalah masalah jenis tanah, kontur tanah, ketinggian tanah, dan juga segala hal yang masih terkait dengan fisik tanah. Pastikan semuanya sesuai dengan apa yang harapkan di awal, agar nantinya tidak kecewa setelah membeli.

2. Surat tanah

Hal selanjutnya yang harus anda pikirkan saat akan membeli tanah kavling adalah masalah surat-surat yang ada, sebisa mungkin anda memperhatikan masalah ini sebab rawan sekali terjadi hal yang merugikan kalau sampai anda lalai masalah surat tanah ini.

Anda harus memeriksa keabsahan surat tanah yang dimiliki oleh penjual, selain itu pastikan benar apabila yang menjual atau menawarkan tanah tersebut pada anda, memang memiliki hak atau kemampuan untuk menjual tanah kavling tersebut, jangan sampai anda membayar pada orang yang salah.

3. Periksa batas kavling

Hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memeriksa batas kavling apakah sudah sesuai dengan yang tertera di surat-surat tanah tersebut. Bila memang diperlukan lakukan pengukuran ulang pada tanah tersebut.

4. Asal usul tanah

Jika masalah batas tanah kavling tidak ada masalah, hal berikutnya adalah mengetahui asal usul tanah, sebisa mungkin apabila memang tanah hendak dijual maka pilih tanah yang memiliki asal usul baik, jangan pilih tanah yang merupakan bekas tempat sampah, rumah ibadah dan sebagainya yang sekiranya buruk menurut persepsi banyak orang.

Tanah kavling yang anda pilih bisa misalkan bekas kebun, atau sawah atau tanah lain yang memang tidak ada persepsi buruk di mata orang lain, sebab apabila untuk dijual kembali tanah yang asal usulnya baik akan lebih mudah.

5. Pertimbangkan akses jalan

akses jalan tanah kavling

Selain kondisi tanah yang harus dipertimbangkan adalah masalah akses jalan, memilih tanah setidaknyaa (khususnya tanah kavling) maka sebaiknya membeli yang memiliki akses jalan cukup luas untuk dimasukin/dilewati truk pengangkut material bangunan, agar sewaktu-waktu anda merasa butuh untuk membangun rumah tidak perlu kerepotan memasukkan material bangunan di tanah kavling milik anda.

6. Pertimbangkan kondisi lingkungan

Hal terakhir yang harus anda pertimbangkan adalah masalah kondisi lingkungan, kondisi lingkungan disini misalkan masalah prospek pengembangan tanah kedepannya, apakah sudah ada rencana letak fasilitas umum pada tanah kavling tersebut atau belum. Berikutnya apakah sudah ada pengembangan rumah disekitar tanah kavling tersebut atau belum, kalau sudah ada maka akan lebih baik.

Tips bembeli tanah kavling yang murah di berbagai kota besar seperti bekasi, depok, gresik, banyuwangi

Membeli tanah kavling yang murah yang harus anda pertimbangkan adalah 6 hal yang sudah disebutkan sebelumnya. Perlu anda tahu juga masalah kewaspadaan sebelum transaksi ini penting mengingat harga tanah kavling harganya tidaklah murah. Seperti properti kebanyakan masalah yang terjadi jika anda tidak waspada saat membeli bisa saja terjadi banyak kerugian nantinya, misalkan masalah kepemilikan properti tersebut. Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • cara mudah mendapatkan tanah murah
  • Mantra untuk membeli tanah agar mendapat harga murah
  • tanah kebun murah banyuwangi
  • tip beli tanah murah
  • tips beli tanah murah
  • tips mendapatkan tanah dengan harga murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *