Mau Bikin Rumah Berkonsep Tropis Sederhana Namun Modern?

Bosan dengan sesuatu yang biasa? Ingin membuat rumah dengan konsep yang sedikit berbeda dengan kebanyakan? Namanya konsep hunian tropis. Konsep hunian tropis ini tentunya memiliki banyak sekali kelebihan, salah satunya pasti akan membuat anda merasa lebih nyaman dirumah dengan sensasi yang berbeda. Bicara tentang konsep hunian tropis yang diterapkan ketika membangun sebuah rumah hal bisa juga menjadi nilai jual lebih ketika anda memang dari awal bertujuan untuk membangun rumah dan dijual kembali.

Rumah yang memang pada dasarnya banyak ditujukan untuk dihuni manusia, ya memang haruslah mengutamakan pertimbangan hunian itu nyaman untuk ditempati manusianya itu sendiri. Menggunakan konsep ini tidak memastikan semua orang pasti suka, namun secara general sih, rumah yang nyaman itu bagi saya pribadi adalah rumah yang bisa saya nikmati segala apa yang ada didalamnya ketika saya berada disana.

Baca juga: Yuk Membuat Taman Mini Sendiri di Rumah Yang Mungil

 

Rumah berkonsep tropis

Pada dasarnya rumah dengan konsep apapun itu tidak jadi masalah.Namun, jika anda memilih untuk mencoba membangun rumah dengan konsep hunian tropis ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan, antara lain adalah sebagai berikut. Oh iya berikut ini hanya beberapa saja pertimbangan yang saya sampaikan nantinya anda juga bisa menambahkan hal lainnya yang mungkin dirasa juga bagus. Yuk kita simak penjelasannya berikut ini.

Keberadaan Jendela Berukuran Besar

jendela besar untuk rumah hunian tropis

Salah satu yang banyak menghiasi rumah berkonsep hunian tropis adalah adanya jendela berukuran besar. Bukaan berupa jendela besar yang ada di rumah dapat menguatkan konsep hunian tropis. Kesannya begitu Nampak sebab adanya bukaan lebar merupakan salah satu ciri konsep hunian tropis, sebab disitu ada sirkulasi udara yang baik. Itulah salah satu yang akan anda dapatkan ketika konsep ini anda coba terapkan.

Sinar matahari juga dapat dengan lebih baik masuk ke bagian dalam rumah anda, untuk menghindari ruangan yang lembab. Sehingga tidak ada yang namanya bakteri tumbuh dengan baik. Cukup menarik bukan untuk dicoba? Selain udara segar yang mudah untuk keluar masuk artinya sirkulasi udara cukup baik, ditambah sinar matahari yang masuk cukup.

Baca juga: Tips Mudah dan Hemat Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC

Atap Lebih Lebar

atap lebar untuk rumah konsep tropisBerbeda dengan rumah kebanyakan, jika anda berupaya untuk membuat rumah berkonsep hunian tropis biasanya desain atap ini sangat diperhatikan. Atap dibuat lebih lebar seperti halnya rumah-rumah lama (tradisional), tujuannya ya tentu saja agar bagian rumah tampak teduh karena ternaungi oleh lebarnya atap tadi. Jadi bagian rumah menjadi teduh. Jadi panasnya tertutupi oleh lebarnya atap.

Biarpun tidak berkonsep hunian tropis sekalipun nyaman juga lho atap lebar ini diterapkan, bagian rumah yang terbuka pun jika pas ketutupan oleh atap menjadi teduh, dan bikin nyaman. Jadi walaupun main diluar rumah tetap tidak terlalu menyengat panasnya.

Baca juga: Pikirkan Dulu 2x Jika Memasang Asbes Sebagai Atap Rumah

Ruang Sirkulasi Udara

rumah hunian tropis dengan panggungPada intinya sih yang perlu diperhatikan adalah masalah ruang ada sirkulasi udara yang baik didalamnya. Menjaga bagaimana caranya agar komposisi udara yang ada didalam rumah tetap baik. Bagaimana caranya agar cahaya tetap dapat masuk sehingga rumah tidak gelap ketika tidak menggunakan lampu. Kurang lebihnya seperti itu.

Untuk menyiasatinya bisa membuat seperti konsep rumah panggung, model ini sebenarnya cukup tradisional, namun anda sepertinya tahu bahwa kelebihan dari rumah model ini adalah ketersediaan ruang dibawah bangunan untuk sirkulasi udara yang cukup baik. Selain itu anda bisa juga menyediakan pintu atau bukaan apapun sehingga udara bisa masuk dan keluar ruangan dengan baik.

Baca juga: Inilho Cara Membangun Rumah Sendiri Dengan Biaya Murah

 

Rumah dengan konsep tropis yang sederhana namun modern

Yang gimana tuh? Bingung nggak? Hehe ya kurang lebih pada dasarnya jika konsep tropis dengan kesederhanaan namun modern yang anda inginkan. Beberapa informasi tadi sepertinya bisa anda masukkan sebagai tambahan ketika mulai membangun rumah anda. Atau mungkin anda ingin membuat bisnis properti dengan konsep berbeda seperti konsep ini misalnya, yah itu bisa anda tonjolkan kepada calon pembeli.

Konsep yang sederhana itu yang tentunya nggak terlalu nyleneh, tapi juga memperhatikan kebutuhan saat ini (modern). Misalkan masalah pemilihan warna, bahan dan sebagainya. Kembali lagi bagaimana dan apa tujuan anda di awal. Intinya menyesuaikan dengan kebutuhan. Terima kasih telah membaca, anda bisa meninggalkan komentar maupun membagikan artikel ini.

Incoming search terms:

  • desain rumah tropis sederhana
  • rumah tropis sederhana
  • design rumah tropis sederhana
  • rumah hunian tropis
  • sketsa rumah tropis sederhana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *