Menemukan Ide dan Peluang Bisnis Properti Terkini di Indonesia

Ingin berbisnis properti? Mungkin sebagian dari anda masih bingung kira-kira peluang bisnis properti yang sebelah mana untuk ditekuni. Ide bisnis properti sih sebenarnya sudah banyak bertebaran. Tinggal mana yang anda suka. Tapi herannya anda masih bingung mana sih bisnis properti terkini di Indonesia yang patut untuk dicoba. Dari hulu ke hilir semua anda coba runtut, wao anda berdecak kagum karena semuanya begitu menarik untuk dicoba. Ya tidak?

Saking banyaknya ide malah anda sendiri mulai ndak yakin, sebenarnya mana yang paling sesuai untuk anda coba. Mana yang paling sesuai dengan kemampuan anda, serta segala bentuk pertimbangan yang lainnya. Bila anda ingin sekali berbisnis properti, namun bingung harus mulai darimana. Saran saya cari referensi dulu, bagaimana peluang bisnis properti dibidang tertentu dan apa saja yang dibutuhkan. Untuk dijadikan referensi dalam menentukan pilihan.

Baca juga: Info Peluang Berbisnis Properti yang Mudah dan Menguntungkan

 

Ide dan Peluang Bisnis Properti yang Sesuai

ide dan peluang bisnis properti

Anda bisa menemukan dari hal sekitar anda, apa saja yang masih terkait dengan properti yang bisa anda garap. Tidak usah jauh-jauh mulailah dari hal yang anda kuasai dulu. Dengan mengenal diri anda lebih dalam tentang diri anda sendiri, setidaknya anda bisa memfilter ide atau peluang bisnis properti menjadi lebih sedikit dan mudah untuk dipilih. Contoh misalkan anda coba tanyakan kepada diri anda sendiri, beberapa pertanyaan berikut ini.

  1. Apa yang biasa saya kerjakan?
  2. Apa yang saya sukai dari properti?
  3. Apa latar belakang kemampuan saya?
  4. Apa keahlian saya?
  5. Apa yang saya harapkan nantinya dari diri saya?
  6. Dst

Pertanyaan simple seperti itu harusnya sudah pertama kali anda tanyakan sebelum terjun ke bidang bisnis properti. Ambil contoh mudah, pertanyaan nomor satu apa yang biasa saya kerjakan, misalkan sebelumnya anda adalah seorang sales ditempat kerja lama anda, maka anda bisa menyesuaikan diri dengan menjadi penjual rumah, tanah, ruko dan sebagainya pokoknya properti. Ilmu lama yang anda miliki tentu akan sangat membantu anda, kalaupun anda tidak memiliki rumah untuk dijual, anda bisa menjualkan milik orang lain dengan menjadi broker properti.

Baca selengkapnya tentang: Tips Memulai Menjadi Broker atau Agen Properti Profesional Sukses

Ambil contoh lainnya, apa keahlian saya, coba tanyakan pada diri anda sendiri. Misalkan anda memiliki keahlian untuk mendesain sebuah bagunan, maka anda bisa menjadi desainer bangunan freelance untuk membuatkan desain yang luar biasa bagi banyak orang.

Membuat perencanaan dari ide atau peluang usaha yang ada

perencanaan ide atau peluang bisnis propertiSetelah anda mengidentifikasi ide awal, untuk membuatnya sebagai sebuah ide dengan langkah yang nyata yaitu dengan membuat perencanaan senyata mungkin. Tuliskan tahap demi tahap apa saja yang harus dipersiapkan, dan apa saja yang harus ada ketika akan memulai sebuah usaha, dan pastikan sebisa mungkin minimalkan. Jadi misalkan anda ingin menjadi seorang developer, buatlah perencanaan apa saja yang harus ada di awal misalkan tanah, alat dan sebagainya. Yang bisa diminimalkan, lakukan.

Baca juga: Cara Memilih Bisnis Properti yang Tepat Untuk Wanita

Seperti misalkan ada alat berat yang harga belinya mahal, daripada berhutang untuk membelinya anda bisa sewa terlebih dahulu untuk memudahkan operasional, uang cash anda tidak perlu keluar terlalu banyak dulu di awal. Jika sudah berjalan dan berkembang dengan baik usaha anda, maka bisa mulai membeli satu persatu.

Perencanaan juga tidak hanya alat dan bahan, namun anda juga harus memiliki strategi dan rincian kegiatan, serta pasang target. Misalkan saya harus mulai tanggal 20 bulan ini tahun 20xx nah itu diperinci. Pasang fokus luar biasa agar hasilnya juga maksimal. Pastikan anda melakukannya setahap demi setahap.

Mengetahui ide yang dipilih sudah tepat, bagaimana caranya?

Anda bisa mulai membayangkan nantinya seperti apa kedepannya. Anda sudah bisa mulai merinci kegiatan apa saja yang nantinya harus dilalui. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah itu memang kesukaan anda. Anda menyukainya itu harus, karena di awal perjuangan membangun sebuah bisnis biasanya akan terasa sangat sulit, untuk mencapai kestabilan hasil, maka itu perlu tekat kuat dan pastikan anda menyukai prosesnya di awal ketika baru merintis.

konsultasikan ide peluang bisnis

Jika memungkinkan dan anda punya mentor anda bisa berkonsultasi dengannya dengan syarat mereka juga pernah melakukannya, dan berhasil. Memang benar semua masukan tetap kita terima walaupun dari orang yang kita rasa kurang mumpuni dibidang tertentu, siapa tau masukannya baik, namun tetap untuk implementasinya kita sesuaikan dengan diri kita.

Kalau ide dan peluang bisnis properti yang kekinian di Indonesia apa?

peluang bisnis di indonesia

Kalau bicara masalah ide dan peluang apa yang bagus, semua yang menghasilkan tentunya bagus. Apalagi terkait properti, wah kebanyakan nggak ada matinya karena perkembangan bisnis ini semakin luar biasa. Yang terkini di Indonesia anda dapat mengetahui perkembanganya melalui berita yang ada. Anda tinggal menyesuaikan dengan keadaan saat ini di masyarakat. Kalau masih bingung anda tinggal buat map saja kira-kira bisnis apa yang bisa saya kerjakan, caranya seperti di awal tadi ajukan beberapa pertanyaan tentang pengenalan diri anda.

Semua ide dan peluang bisnis properti, bisa jadi ide bisnis yang hebat nantinya, kalau kita mampu membuat langkah konkrit untuk mencapainya, punya target yang jelas, dan memungkinkan untuk berhasil. Jika anda suka artikel ide dan peluang bisnis properti ini anda bisa membagikannya. Terima kasih telah membaca semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *