Harga Smartphone
Sedang memuat ...

Kamu Wajib Tahu Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) Kalau Mau Bisnis Properti

Bisnis properti seperti kebanyakan bisnis lainnya, akan ada pajak yang akan diperhatikan pelunasannya ketika transaksi. Salah satunya adalah PBB atau biasa dikenal dengan Pajak Bumi Bangunan. Dalam perhitungan pajak bumi dan bangunan, NJOP atau nilai jual objek pajak diperlukan sebagai dasar. Maka itu dalam transaksi jual beli property kamu harus mempelajari juga masalah NJOP ini agar transaksi kamu tidak sampai mengalami kendala yang berarti.

Nilai Jual Objek Pajak (NJOP)

NJOP sendiri atau Nilai Jual Objek Pajak adalah harga rata-rata jual beli yang didapatkan dari perhitungan harga objek lain yang juga sejenis yang didapatkan dari harga transaksi jual-beli yang ada dan wajar. Sesuai dengan pasal 79 ayat (1) UU PDRD. NJOP sendiri masih dibagi lagi menjadi NJOP tanah dan NJOP bangunan.

Besaran Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) untuk tanah merupakan perhitungan dari hasil perkalian NJOP permeter persegi dengan luasan tanah. Sedangkan besarnya NJOP untuk bangunan adalah luasan bangunan dikalikan dengan NJOP per meter persegi.

Dalam pasal 79 ayat (2) NJOP ditetapkan setiap 3 tahun sekali, namun tidak berlaku untuk objek pajak tertentu. Objek pajak yang dimaksud adalah objek pajak dengan perkembangan yang sangat pesat karena dapat ditetapkan setiap tahunnya menyesuaikan dengan kecepatan perkembangan wilayah tersebut. Pada ayat 3 juga diatur bahwa ketetapan besaran NJOP diatur oleh Kepala Daerah bisa Walikota ataupun bupati. Jadi bisa dibilang, NJOP meruppakan ketetapan kepala daerah yang didasari objektivitas dan asas adil.

Perhitungan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP)

nilai jual objek pajakPemerintah daerah yang berwenang menentukan besaran Nilai Jual Objek Pajak, mengambil data penjualan di keadaan sesungguhnya melalui penjual ataupun pembeli, notaris atau pejabat pembuat akta tanah (PPAT), broker property didaerah tersebut, aparat daerah, bisa juga dari berbagai sumber terpercaya yang lainnya.

Apa yang menjadi pertimbangan dalam penentuan nilai tanah? Yaitu lokasi dari tanah tersebut dan juga bagaimana kondisi tanah secara fisik. Berbicara tentang lokasi tentu berkaitan dengan tempat dimana tanah tersebut berada, bagaimana lingkungan yang ada disekitarnya. Sedangkan apabila dilihat dari segi fisik  yang dinilai adalah luasan tanah dan kondisi tanah itu sendiri.

Sekali lagi Nilai Jual Objek Pajak biasanya sangatlah berpengaruh pada besaran PBB yang harus dibayarkan setiap tahunnya. Apabila anda belajar tentang bisnis property dan mau transaksi property maka PBB ini akan jadi salah satu syarat bisa terjadinya transaksi. Nilai PBB akan sangat dipengaruhi oleh NJOP.

perhitungan NJOPNJOP yang dijadikan dasar penentuan dalam pembayaran PBB tidak serta merta dapat digunakan sebagai acuan ketika transaksi. Bisnis properti yang ada sama sekali jarang mengacu pada NJOP ketika menjual objek properti. Perkembangan harga properti selalu lebih tinggi daripada yang tertera di NJOP biasanya. Di daerah tertentu yang perkembangannya sangat pesat nilai jual objek properti akan beberapa kali lipat lebih tinggi dari Nilai Jual Objek Pajak.

Yuk Pahami Perhitungan Nilai Jual Objek Pajak

Nilai Jual Objek Pajak (NJOP)

Terima kasih telah membaca artikel tentang perhitungan Nilai Jual Objek Pajak. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Baca juga artikel menarik lainnya di www.MauProperti.com, Jika artikel ini bermanfaat untuk anda, mungkin saja juga akan sangat memberikan manfaat untuk rekan ataupun saudara anda lainnya, anda bisa membagikannya secara gratis sekarang juga melalui akun media sosial anda.

/* */