Harga Smartphone
Sedang memuat ...

Penting! Yuk Kenalan Sama Jasa Notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT)

Penting! Yuk Kenalan Sama Jasa Notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) – Masih belum mengerti apa itu notaris atau PPAT? Lebih mudahnya ketika anda ingin menjual ataupun melakukan pembelian pada sebuah produk properti bisa rumah, ruko, apartemen dan sebagainya kita pasti nantinya butuh yang namanya jasa notaris atau PPAT. Kenapa butuh? Ya karena memang nantinya merekalah yang akan menguruskan dokumen terkait dengan legalitas transaksi properti. Kalau ndak lewat mereka lewat siapa lagi?

Jasa Notaris dan PPAT

Lebih mudahnya begini, contohnya saja ketika anda berhasil menawar kemudian berencana membeli sebuah rumah, nantinya harus melibatkan notaris atau PPAT. Selain untuk mempermudah transaksi mereka juga akan membantu untuk menjamin keamanan transaksi. Anda transaksi pun jadi lebih nyaman dan aman lho nantinya.

Tapi mungkin sebagian dari banyak orang, termasuk anda mungkin, kadangkala bingung mengurusnya mau ke notaris atau PPAT. Sebab kebanyakan juga ditemui notaris/PPAT berada dalam satu tempat. Apakah beda? Mana yang lebih murah? Berikut penjelasannya.

Penting! Yuk Kenalan Sama Jasa Notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT)

PPAT menurut wikipedia adalah Pejabat Umum yang diberik kewenangan untuk membuat akta-akta otentik mengenai perbuatan hukum tertentu mengenai hak atas tanah atau Hak Milik Atas Satuan Rumah Susun ; Biasanya jabatan ini dirangkap oleh Notaris.

Bedakan dengan notaris berikut ini menurut wikipedia:

Jasa Notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT)

Notaris diharapkan memiliki posisi netral, sehingga apabila ditempatkan di salah satu dari ketiga badan negara tersebut maka notaris tidak lagi dapat dianggap netral. Dengan posisi netral tersebut, notaris diharapkan untuk memberikan penyuluhan hukum untuk dan atas tindakan hukum yang dilakukan notaris atas permintaan kliennya. Dalan hal melakukan tindakan hukum untuk kliennya, notaris juga tidak boleh memihak kliennya, karena tugas notaris ialah untuk mencegah terjadinya masalah.

Jadi ya bisa dibilang notaris jatuhnya lebih luas lagi cakupannya, tidak hanya melulu di pembuatan akta tanah saja.

Perbedaan Notaris dan PPAT

Berbicara perbedaan sebenarnya banyak sekali, namun bila dilihat dari kewenangannya maka notaris memiliki wewenang untuk:

  • Membuat salinan dari surat-surat asli yang ada di masyarakat
  • Melakukan pencocokan salinan dengan surat yang asli
  • Mengesahkan tanda tangan dan melakukan penetapan kepastian tanggal surat
  • Membuat akta otentik tentang perjanjian ataupun adanya ketetapan
  • Dll

Baca juga: Inilah Cara Bisnis Properti (Tanah) Yang Menguntungkan

Sedangkan untuk PPAT pada dasarnya merupakan pejabat umum yang memiliki wewenang membuat akta yang lebih terkait dengan kepemilikan properti, jadi bisa dibilang lebih sempit lagi untuk cakupan kerjanya.

Lebih murah notaris atau PPAT?

pilih notaris atau pejabat pembuat akta tanahWah ini yang sebenarnya nggak perlu diributin. Masalah lebih murah atau mahal sebenarnya tergantung dari beberapa hal, bukan karena anda ke notaris atau PPAT. Bisa juga lebih murah atau mahal itu tergantung oleh sudut pandang kita. Dikatakan murah kadangkala memang ketika kita bisa untuk membelinya. Namun jika tidak berada pada jangkauan kita untuk membeli kadangkala kita merasa itu mahal.

Mahal tidaknya biaya atas jasa notaris atau PPAT ini biasanya tergantung beberapa hal, antara lain:

  • Lokasi tanah berada, bisa di pertimbangkan melalui NJOP yang ada
  • Beban biaya pengurusan di kantor pertanahan, kadangkala di lapangan terjadi biaya tidak terduga juga
  • Jasa notaris/PPAT besaran biayanya tergantung juga oleh tempat tinggal, dan juga kemampuan serta jam terbang notaris.
  • Biasanya juga tergantung waktu pengurusannya, apakah lama? Apakah waktunya cepat? Tentunya kadangkala tarif yang dibebankan bisa berbeda.
  • Dan berbagai hal lainnya.

Itu dia ulasan lengkap kita seputar Jasa Notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT), apabila bermanfaat teman-teman bisa share artikel Jasa Notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) terbaik dan termurah ini.

/* */