4 Penyebab Dinding Retak dan Solusinya

Dinding anda retak? Kenali 4 penyebab dan bagaimana solusi mengatasi dinding baru yang retak. Dinding retak yang sering saja terjadi sungguh tidak mengenakkan. Mungkin baru saja anda membangun sebuah rumah kemudian ternyata eh dindingnya langsung retak. Biasanya hal ini kerap terjadi, namun jika retaknya lebih dari satu tempat bukan saja mengganggu, tapi juga membahayakan kondisi anda sekeluarga yang menempatinya.

Penyebab Dinding Retak dan Solusi

Beberapa jenis retak, mengapa bisa terjadi, dan bagaimana cara mengatasinya akan dijelaskan seperti berikut ini.

1.      Penyebab dan cara mengatasi retak rambut pada dinding rumah baru

Apa sebenarnya yang menjadi penyebab retak rambut pada dinding rumah baru? Dan bagaimana solusi untuk mengatasinya agar tidak terjadi juga pada dinding rumah anda yang baru saja dibuat? Oh iya retak rambut pada dinding ini merupakan istilah untuk menggambarkan keretakan pada dinding dengan ukuran di bawah 1 mm dan memiliki cabang biasanya. Entah cabangnya itu membentuk dinding retak tembus, atau dinding retak vertical atau retak horizontal.

Baca juga: Tips Merawat Dinding Rumah Agar Nyaman Dilihat

dinding retakApa penyebabnya? Biasanya pada proses pengacian tidak sempurna, sehingga hasilnya tidak maksimal. Mungkin saja proses pengacian terjadi ketika cuaca sedang panas. Sehingga acian tidak bisa bersatu sempurna dengan plesteran yang kering terlebih dahulu. Bisa juga masalah terjadinya dinding retak ini akibat cat yang digunakan untuk finishing tidak punya sifat elastis yang bagus.

Solusinya adalah melakukan penyiraman pada dinding hingga jenuh pada bagian yang ingin diaci. Tujuannya agar dinding bisa dalam kondisi dingin yang maksimal. Sehingga pada saat pengacian bisa maksimal.

2.      Retak dinding karena perbedaan bahan

Apa yang dimaksud dengan perbedaan bahan yang kemudian bisa menyebabkan retak dinding? Jadi dinding yang dibuat seolah menyatu dibuat dari 2 bahan yang berbeda. Perbedaan tersebut bisa jadi menjadikan retaknya dinding ditengah. Misalkan saja dinding yang terbuat dari bata digabungkan dengan permukaan beton yang ditutup dalam satu buah plesteran. Apa jadinya? Dinding menjadi retak dan tidak terlihat bagus.

Solusinya, sebaiknya untuk tempat-tempat yang penting anda tidak menggabungkan dua bahan yang berbeda untuk satu plesteran. Selain tidak indah dipandang mata, retak yang terlalu banyak dapat membahayakan penghuni rumah pada bagian tersebut.

3.      Dinding rumah retak conduit

dinding rumah retakApa yang anda pikirkan tentang retak conduit? Retak conduit umumnya terjadi akibat dinding sebelumnya selesai diplester kemudian dilakukan penenaman kabel. Bayangkan dinding yang anda buat sebagus mungkin kemudian diberikkan celah untuk pemasangan kabel namun hasilnya tidak bisa maksimal, kemudian menyisakan sedikit kerusakan yang tidak terlalu bagus untuk dilihat dari dinding. Sungguh menyesakkan kan?

Maka itu sebaiknya melakukan conduit ini setidaknya satu hari sebelum dinding diplester. Sedangkan untuk pembuatan celahnya bisa dilakukan jauh hari sebelum dinding diplester sempurna.

4.      Retak dinding seribu

Berikutnya adalah retak dinding seribu. Apa yang dimaksud dengan retak dinding seribu? Retak dinding seribu adalah retak yang disebabkan oleh proses pengacian yang dilakukan terlalu cepat pada plester yang belum bisa berhenti menyusut. Plester sendiri belum menyusut karena terlalu tebal saat satu kali pengacian atau bisa juga karena kadar lumpur yang melebihi 5%. Retak tipe ini bisa diatasi dengan mortar pengacian putih lalu amplas pada bagian tersebut beberapa hari setelahnya, baru bisa dicat.

Terima kasih telah membaca artikel tentang dinding retak dan solusinya. Bila anda tertarik dengan artikel ini, anda bisa membaca artikel sejenis ini di kategori tips rumah. Baca juga artikel lainnya di www.mauproperti.com

Incoming search terms:

  • penyebab dinding retak
  • penyebab tembok retak
  • tembok retak vertikal
  • penyebab tembok rumah retak
  • penyebab plesteran dinding retak
  • penyebab rumah retak
  • penyebab dinding tembok retak
  • penyebaB plesteran retak
  • Mengapa tembok rumah retak
  • penyebab retak dinding

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *