Perhatikan Cara Tepat Memasang dan Memilih Plafon Agar Terkesan Nyaman

Jika anda adalah pemilik sebuah rumah tentunya anda tahu bahwa salah satu bagian rumah yang harus diperhatikan dalam pemasangan dan pemilihannya adalah plafon. Plafon sendiri kadang disebut juga dengan langit-langit pada rumah yang merupakan permukaan dari interior bagian atas rumah atau bangunan. Umumnya keberadaan langit-langit bukanlah untuk unsur struktural sebuah bangunan, tapi sebagai permukaan yang berfungsi untuk menutupi struktur atap yang ada di bagian atas rumah.

Plafon sendiri juga harus mendapat perhatian lebih dari pemilik dari masalah pemilihan dan pemasangannya. Sebab, bagian dari rumah atau bangunan bukan hanya sekedar dinding dan lantai serta dekorasi lainnya, namun ada juga yang namanya plafon. Itulah mengapa kemudian pemilihan plafon yang tepat untuk rumah akan menjadikan rumah anda lebih sedap dipandang mata, dan tentunya memberikan rasa nyaman ketika digunakan.

Baca juga : Tips mempercantik rumah

 

Memasang dan Memilih Plafon

memasang dan memilih plafon rumah

Dalam pemilihan dan pemasangan plafon ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar hasilnya lebih maksimal, yang pertama tujuannya. Bila tujuannya untuk ditempati sendiri misalkan, maka pemilihan dan pemasangan plafon rumah haruslah sesuai dengan selera anda dan keluarga tentunya. Namun jika tujuan anda untuk bisnis rumah yang artinya rumah akan dijual kembali, anda bisa memutar otak untuk berfikir lebih keras bagaimana memilih plafon yang tepat dan disukai banyak orang dan tentunya dengan harga yang minimal.

Ingat karena plafon yang murah belum tentu memberikan rasa nyaman yang maksimal, begitupun dengan plafon yang mahal belum tentu memberikan kepuasan bagi pemiliknya. Saran saya untuk pemasangan dan pemilihan plafon ini pastikan bahwa anda ikut terlibat langsung dalam prosesnya, agar benar-benar apa yang dipasang di rumah anda yang notebenenya adalah tempat yang menyenangkan untuk berkumpul dengan keluarga, benar-benar sesuai dengan harapan anda di awal.

Baca juga: Tips dan Prinsip Mendesain Interior Rumah Anda Agar Tampak Sempurna

 

Cara memasang dan memilih plafon yang tepat

Dalam memilih plafon hal yang harus dipertimbangkan biasanya adalah masalah material dari plafon itu sendiri, hal yang tak kalah penting adalah tentang apa yang terlihat dari plafon itu sendiri, misalkan warna, lalu desain, dan juga ketinggian plafon ketika dipasang.

1. Pemilihan warna plafon yang tepat

pemilihan warna plafon

Bingung menentukan warna plafon yang sesuai untuk ruangan di dalam rumah anda? Pada sebuah keadaan tertentu memang penggunaan warna ini adalah sebuah siasat untuk membentuk citra atau persepsi orang terhadap sebuah ruangan. Jika memiliki maksud khusus dari dibuatnya ruangan namun ada hal yang kurang bisa dikondisikan warna akan membantu untuk membuat yang diinginkan menjadi nyata.

Contohnya adalah masalah keinginan membuat sebuah ruangan tampak nyaman dan hangat untuk berkumpul dengan keluarga, namun plafon sudah terlanjur tinggi dipasang. Apa yang bisa dilakukan? Ya, salah satunya adalah dengan pewarnaan yang tepat untuk rumah anda. Jika ingin kesan hangat maka anda bisa memilih warna yang sedikit gelap seperti kecoklatan pada plafon di rumah anda. Sebaliknya pengguna warna cerah akan mengisyaratkan atau membentuk persepsi plafon tinggi, seperti penggunaan warna putih pada ruangan yang plafonnya kurang tinggi ketika dipasang.

Tips rumah terkait : Inilah Cara Mengecat Tembok Baru di Rumah yang Benar

2. Ketinggian pemasangan plalfon yang sesuai

ketinggian plafon

Sebenarnya masalah ketinggian ini juga selera saja, dalam pemasangan plafon. Anda suka tinggi atau rendah. Namun bila ingin terlihat ideal maka biasanya ada kisaran ketinggian plafon yang sering kita jumpai, yaitu berkisar diantara 2,80 sampai dengan 3,50 kadang lebih. Jika anda bertanya bagaimana pemasangan plafon yang lebih baik, maka bisa disesuaikan dengan kebutuhan, misalkan menghadirkan kesan lapang pada sebuah ruangan, maka yang bisa anda lakukan ada dengan memasang plafon pada ketinggian yang tinggi. Sehingga akan terlihat tinggi.

Berbeda bila ingin menyuguhkan kesan hangat dan dekat, pemasangan plafon harus mempertimbangkan ketinggian yang cukup saja untuk dipasang. Namun bila dilakukan pemasangan rendah pastikan anda juga mempertimbangkan jangan sampai terlalu rendah yang dapat memberikan kesan sempit sekali dan tidak nyaman untuk ditempati. Jadi bijaklah dalam menentukan ketinggian plafon.

3. Memilih dan merancang desain plafon

Hal lain yang juga harus dipertimbangkan adalah masalah pemilihan desain dari plafon itu sendiri. Jika memiliki rumah yang modelnya nggak neko-neko atau minimalis maka sebaiknya pilih desain sederhana dan simple saja sudah membuat rumah anda tampak mempesona. Malah akan terkesan kurang tepat jika dipasang desain plafon yang mencolok, sebab akan tidak cocok dan terlihat norak.

Jika memiliki rumah dengan gaya yang unik, seperti klasik, rumah dengan gaya etnik dan lainnya maka akan cocok jika diberikan desain plafon yang sedikit rumit, karena akan menguatkan kesan yang ada pada rumah tersebut. Pemilihan desain plafon ya disesuaikan juga dengan aksesoris dan furnitur lain yang ada di rumah, selain itu juga dengan lantai dan dinding serta hal-hal lainnya.

 

Tips memberikan kesan nyaman yang maksimal dari pemasangan plafon

kesan nyaman di rumah pada pemasangan dan pemilihan plafonKesan nyaman tentunya hadir dalam diri sendiri. Jika memang ingin kesan nyaman didapatkan oleh diri anda sendiri, ya pastikan anda memang ikut terlibat langsung ketika memasang dan memilih plafon. Jika semua sudah sesuai dengan apa yang anda ingin, maka dengan sendirinya kesan nyaman itu akan muncul dari diri anda, karena itu kerja anda, hasil pemikiran anda, kurang lebihnya adalah seperti itu. Beberapa hal pendukung yang bisa membantu anda memaksimalkan hasil pada pemasangan dan pemilihan plafon, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya adalah:

  • Pemilihan warna plafon yang tepat
  • Ketinggian pemasangan plalfon yang sesuai
  • Memilih dan merancang desain plafon

Meskipun kesemuanya bukanlah patokan pasti, artinya ada beberapa hal lainnya yang juga mungkin ikut memberikan pengaruh. Namun memberikan perhatian pada plafon anda dari segi itu saja sebenarnya dapat membantu anda menghasil sesuatu yang memang bagus, dalam pemasangan dan pemilihan plafon. Baca tips rumah lainnya di www.MauProperti.com

Incoming search terms:

  • cara memasang inatalasi rumah pada plafon yg rendah
  • cara membuat plavon lebig tinggi bagian tengah
  • hal yang harus dipertimbangkan dalam membuat plafon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *