Harga Smartphone
Sedang memuat ...

Pikirkan Dulu 2x Jika Memasang Asbes Sebagai Atap Rumah

Tahukah anda apa itu asbes? Saya yakin tentu material yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi untuk anda. Sebagian orang memanfaatkannya sebagai pilihan utama untuk digunakan sebagai atap rumah. Tidak ada yang salah dengan hal itu, namun karena saking murahnya material yang satu ini, ada beberapa hal yang seharusnya anda pertimbangkan ketika memang harus menggunakan asbes sebagai atap rumah, karena ternyata ada juga sisi bahaya yang dimiliki asbes, selain memiliki kelebihan dari sisi harga.

Jika anda belum terlalu paham bagaimana mendefinisikan asbes anda bisa membaca tentang pengertiannya berikut ini. Asbes adalah istilah yang biasanya digunakan untuk menamai bentukan serat mineral silika yang masuk dalam kelompok serpentine dan amphibole dari mineral yang biasa menjadi pembetuk batuan. Biasanya dipasang sebagai atap, dengan peletakkan miring dan datar, namun umumnya miring untuk memudahkan aliran air.

Tips Rumah Lainnya:

 

Memasang asbes sebagai atap rumah

asbes

Jika memang anda ingin memasang asbes sebagai atap rumah, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Pertama asbes ini seratnya yang mikroskopik tentu akan membuatnya tahan terhadap berbagai bahan kimia, air dan juga api. Hal inilah salah satu alasan kenapa kemudian asbes tidak dapat dihancurkan dan sifatnya kekal di alam. Dilain sisi ketangguhan dari asbes ini sebenarnya juga memiliki bahaya bagi tubuh, hal ini lah alasan kenapa pemasangan asbes ini harus dipertimbangkan matang-matang.

Bayangkan, jika serat asbes ini bisa terhirup atau tertelah, karena saking halusnya, ditakutkan dapat melekat pada paru-paru anda. Anda tidak mau itu terjadi bukan? Kalaupun bukan anda yang kena kemungkinan yang akan terkena adalah orang-orang yang aktif di tempat, dimana asbes itu digunakan sebagai penutup atap. Bisa jadi adanya serat tersebut juga akan menimbulkan berbagai macam penyakit yang mungkin akan merusak tubuh.

 

Penyakit yang mungkin ditimbulkan dari asbes

Asbes yang rusak permukaannya sangat berpotensi menyebabkan penyakit sebab dapat menyebabkan bagian dari asbes yaitu serat bisa dengan mudah beterbangan dan menimbulkan penyakit bila terhirup atau tertelan. Beberapa penyakit yang mungkin ditimbulkan dari kerusakan asbes adalah:

1. Asbestosis

Asbestosis yaitu kondisi medis berupa pernafasan pendek akibat dari penghirupan serat asbestos dalam kurun waktu yang cukup lama, yang mampu menyebabkan muncul dan terbentuk jaringan parut serta menyebabkan terjadinya kerusakan di jaringan paru, sehingga dapat menurunkan fungsi paru karena hal itu akan membuat paru-paru yang mempunyai jaringan parut kemudian tidak bisa mengembang & menguncup sempurna seperti pada keadaan normal. Beratnya gejala yang terlihat akan sangat tergantung pada seberapa sering atau banyak asbestos yang dihirup serta jangka waktu berapa lama seseorang terpapar asbestos. Banyak terjadi, gejala ini tidak muncul sampai 20 thn mungkin pada sebagian orang lainnya lebih setelah sebelumnya terpapar asbestos.

Sumber : www.persify.com

 

2. Mesothelioma

Mesothelioma adalah tumor jaringan mesothelium (jaringan yang melapisi paru-paru, perut, hati, dan organ lainnya). Awalnya hal ini biasa dimulai di paru-paru terlebih dahulu, namun kadangkala bisa juga dimulai pada organ perut lainnya. Kondisinya bisa jinak ataupun ganas.

Pada dasarnya mesothelioma ganas adalah salah satu jenis yang jarang ditemui namun sekali ditemui biasanya sifatnya serius. Banyak sekali orang yang mendapatkan penyakit mesothelioma karena bekerja pada tempat dimana mereka sering menghirup partikel asbes. Prosesnya sama seperti asbestosi yang pada intinya butuh waktu juga untuk bisa terbentuk.

Sumber : www.nlm.nih.gov

 

3. Kanker paru

Pada beberapa negara, asbes putih masuk dalam penggolongan sebagai kategori 1 karsinogen (penyebab kanker).
Kanker paru-paru sendiri adalah penyakit yang memiliki ciri khas yaitu pertumbuhan sel tidak terkontrol di jaringan paru-paru. Bila tidak dengan baik dirawat, adanya pertumbuhan sel ini bisa menyebar ke luar paru-paru dengan melewati suatu rangkaian proses yang kemudian disebut metastasis.

Sumber : id.wikipedia.org

 

Pertimbangkan kesehatan anda ketika memilih asbes sebagai atap

asbes atap rumah

Bagi anda yang memang pada akhirnya terpaksa untuk tetap menggunakan asbes sebagai atap rumah anda, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, seperti tadi ada beberapa penyakit yang kemudian bisa timbul dan menyebabkan kesehatan anda sekeluarga terganggu, hal itu perlu dipertimbangkan. Untuk tindakan pencegahannya ada beberapa cara yang bisa anda pakai, sehingga memungkinkan untuk meminimalisir dampak dari asbes ini:

  • Menghindari memotong, melubangi dan melakukan kegiatan lainnya pada asbes tanpa pelindung masker.
  • Bisa mengatasi serat asbes yang mengelupas dengan memasang plafon.
  • Jika terdapat kerusakan jangan gegabah untuk menanganinya, anda bisa mencari ahlinya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.
  • Melakukan check up berkala untuk mendeteksi dini adanya gangguan kesehatan yang mungkin anda alami, sehingga bisa segera dilakukan tindakan apabila terdeteksi hal-hal yang tidak diinginkan sebelumnya.

Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat apa yang sudah diinformasikan disini, tidak ada yang lebih baik ketika anda waspada untuk kesehatan, termasuk dalam mendesain rumah. Bila anda berbisnis properti(rumah) pun anda harus mempertimbangkan hal ini. Jika anda ingin berbagi artikel ini dengan rekan anda, anda bisa mebagikannya melalui media sosial yang anda miliki. Untuk informasi seputar tips rumah, dan bisnis properti anda bisa menemukannya di www.MauProperti.com

/* */