5 Teknik Mengecat Dinding Rumah Lama Baru Sendiri

Bagaimana teknik melakukan pengecatan pada dinding/tembok rumah lama/baru yang baik sendiri? Tips ini cocok buat anda yang merasa bosan dengan tampilan dinding rumah anda. Mungkin juga anda ingin mengganti cat lama anda dengan cat yang baru? Atau mungkin anda ingin ingin bereksperimen dengan hal baru terkait dengan pewarnaan pada dinding rumah anda.

Mengecat tembok rumah yang baik

Tembok rumah yang mungkin saja berlumut dan kondisi yang tidak lagi baik untuk dipandang, mungkin menjadi salah satu alasan utama kenapa anda mungkin bosan dan ingin menggantinya dengan yang baru. Mengecat dinding rumah berarti anda harus tahu cara mengecatnya bagaimana, bagaimana mengecat dengan maksimal dengan harapan hasilnya juga akan menjadi lebih baik.

Jika anda ingin untuk mengecat dengan lebih baik hasilnya nanti, anda bisa melakukan 5 teknik mengecat dinding rumah yang baik berikut ini:

1. Lakukan pembersihan pada dinding anda

Sebelum melakukan pengecatan yang harus anda lakukan adalah memastikan permukaan dinding yang nantinya akan anda cat sudah bersih dari adanya debu ataupun kotoran. Kenapa? Karena agar catnya bisa merekat dengan maksimal. Jika ternyata masih belum bersih? Ya berarti anda harus membersihkan debu dan kotoran yang ada di dinding terlebih dahulu. Debu ataupun kotoran pada dinding harus hilang, sekali lagi saya tegaskan tujuannya agar hasil cat lebih maksimal.

cara cat

Misalkan ada debu, ada kotoran dan bahkan ada noda minyak tentunya akan membuat hasil akhirnya pengecatan ini tidak halus dan tidak rata. Jelek kan?

Baca juga: Cara Mengecat Tembok Baru di Rumah yang Benar

Bagaimana cara melakukan pembersihan? Yaitu dengan membuat sendiri air sabun yang dibuat dengan cara mencampur air dengan deterjen lembut untuk digosokan ke dinding menggunakan spons.

2. Memilah dan beri pembatas bagian yang ingin dicat atau tidak

teknik mengecat dindingLangkah selanjutnya adalah dengan memberikan perlindungan pada tempat yang tidak ingin terkena cat. Misalkan saja mengecat kan hanya pada bagian dinding tidak sampai ke lantai, maka itu anda bisa memberikan pembatas antara dinding dan lantai. Berikutnya adalah dengan menambahkan penutup pada jendela dan bingkai agar tidak juga terkena cat.

Jika ada barang yang seharusnya tidak terkena cat, pindahkan terlebih dahulu agar aman dan tidak terkena cat. Karena jika barang tersebut tidak dipindahkan ataupun tidak diberi pembatas antara barang yang ingin dicat dan tidak nantinya akan terkena cat juga semuanya.

3. Memastikan tidak ada retakan pada tempat yang ingin di cat

tips mengecat dinding rumahHal berikutnya yang perlu dilakukan adalah dengan memastikan tidak ada retakan pada dinding yang akan dicat. Kalau anda mencari kemudian masih menemukan retakan segera berikan dempul penambal tembok untuk menutupi celah atau retakan yang ada pada dinding tersebut. Seandainya sudah maka anda bisa memastikan apakah sudah rata apa belum jika belum langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengamplasnya.

Pastikan waktu mengamplasnya juga rata maksimal, agar dinding tidak bergelombang dan terlihat jelek karena hasil amplas yang tidak maksimal. Pastikan anda melakukannya dengan baik dan benar, kalau memang melakukannya sendiri terasa sulit untuk anda cobalah untuk meminta bantuan pada anggota keluarga lainnya untuk ikut bekerja sama.

4. Lakukan pewarnaan dengan maksimal

cara mengecat tembok baru

Langkah selanjutnya adalah melakukan pewarnaan dengan maksimal. Jika anda merasa sudah meratakan dinding kemudian anda harus bisa mengecatnya dengan tepat. Pewarnaan yang tepat akan menjadikan cat pada dinding anda menjadi lebih baik terlihatnya. Jika ada ruang yang sempit dan sulit anda bisa menggunakan kuas kecil untuk bagian tertentu yang sulit dijangkau tersebut. Akan lebih mudah jika mengecat bagian yang rata dan luas dengan menggunakan roller. Waktu pengecatan ini usahakan jangan sampai anda terburu-buru. Jika ingin pewarnaan yang dihasilkan bisa maksimal maka lakukanlah tahap ini juga dengan semaksimal mungkin.

5. Jangan ragu mengulang

Jika memang dirasa hasilnya kurang maksimal, dari beberapa proses yang sudah dilakukan, katakanlah pada bagian pengecatan. Tidak ada salahnya anda mengulanginya agar hasilnya maksimal. Kalau mengecat seadanya akan merugikan anda sebaiknya anda memilih mengulangnya agar hasilnya bisa lebih baik dan maksimal.

Poin penting mengecat dinding rumah

Yuk sekarang anda bisa menerapkan cara mengecat dinding yang baik dan benar. Sepertinya anda sudah tidak sabar ya untuk mengecat sendiri baik itu tembok lama anda ataupun tembok baru. Semuanya kini bisa anda kreasikan dengan keinginan anda sendiri. Point penting yang harus anda ingat adalah:

  • Bersihkan dinding sebelum di cat secara maksimal
  • Beri pembatas antara tempat yang dicat dan tidak
  • Tidak ada retakan di tempat yang akan dicat
  • Lakukan pewarnaan dengan maksimal dan perlahan
  • Jangan ragu mengulang jika memang dirasa ada yang kurang

Terima kasih telah membaca artikel tentang 5 teknik mengecat dinding rumah baru ataupun lama sendiri. Semoga bermanfaat untuk anda. Anda bisa menemukan tips rumah lainnya di www.MauProperti.com

Incoming search terms:

  • mengecat tembok sendiri
  • tips cat tembok lama
  • cara mengecat sendiri
  • cara mengecat rumah yang lama dengan cat baru
  • cara mengecat dinding sendiri
  • cara mengecat dinding kamar sendiri
  • cara mebuat dinding lama terlihat baru
  • cara cat tembok sendiri
  • tips ngecat dinding lama
  • Cara cat dinding rumqh lama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *