Tips Aman Membeli Rumah Bekas di Perumahan Manapun Kapanpun

Bagaimana sih tips aman membeli rumah bekas di perumahan? Tidak hanya untuk membeli rumah bekas di perumahan, tips ini juga bisa untuk anda yang ingin membeli rumah second walaupun tidak di lingkungan perumahan. Jadi begini pada dasarnya tidak ada yang membedakan antara rumah bekas dan rumah baru dari sisi fungsi, keduanya memiliki fungsi yang sama sebagai sebuah rumah. Namun, ada kalanya memang kondisi kesukaan tidak bisa memilih, rumah baru bukan jaminan kita pasti lebih menyukainya ketimbang rumah lama (bekas/second). Kalau memang suka ya suka aja, butuh yang butuh aja, akhirnya ya beli, kalau pas dananya ada, hehe.

Namun yang perlu anda tau membeli rumah bekas walaupun di perumahan, tentu akan berbeda persiapan lho ketimbang ketika membeli dari pihak developer (rumah baru). Anda dituntut untuk bisa lebih jeli lagi dalam mengamati sebelum melakukan transaksi agar tidak kecewa dengan rumah yang sudah anda pilih. Tapi kabar baiknya, enaknya membeli rumah bekas adalah kondisi lingkungan bisa kita cek di awal. Jadi ketika kita tau lingkungan di sana aman dan nyaman tentu akan sangat menyenangkan ketika nanti memilikinya. Berbeda dengan perumahan baru lingkungannya ndak bisa milih, ya untung-untungan, kalau tetangganya baik.

Memilih untuk membeli rumah bekas

Kembali lagi kepada diri anda sendiri, lebih suka mana. Rumah bekas yang dalam kondisi baik dan terawat juga banyak. Bukan berarti karena ada label “bekas”, rumah menjadi berkesan buruk, karena rumah bisa di renovasi biar jadi bagus. Kalau anda memilih untuk membeli rumah bekas ketimbang rumah baru maka anda bisa mencoba untuk mempertimbangkan beberapa hal berikut ini, agar nantinya anda tidak menyesal ketika rumah tersebut sudah anda miliki.

Sebelum membeli rumah bekas

tips aman membeli rumah bekas di perumahan

Nah ini ada sedikit tips untuk anda yang baru akan mulai membeli rumah bekas, jangan salah yang beginian juga ada tipsnya loh. Tips sebelum membeli rumah bekas ini adalah sebagai berikut:

  • Cari referensi rumah bekas dijual sebanyak mungkin

Hunting lah kesana kemari, cari beberapa referensi rumah bekas yang mungkin bisa menjadi rumah idaman anda nantinya. Sebelum membeli rumah bekas / rumah second, hal ini perlu dilakukan untuk memperbanyak pilihan anda sehingga nantinya pertimbangan menjadi lebih baik. Merasa kesulitan untuk mencari info rumah yang dijual? Anda bisa kok memanfaatkan jasa agen properti, temukan berbagai kemudahan dengan adanya agen properti untuk mencari rumah idaman anda. Atau kalau anda ingin lebih banyak lagi, bisa memanfaatkan internet untuk mencari properti idaman anda. Pokoknya perbanyak referensi rumah agar wawasan anda bisa mendapat pencerahan.
Anda bisa baca artikel ini: Cara Mencari Rumah Murah Untuk Bisnis Dan Investasi

  • Pilih lokasi yang sekiranya menjadi pusat kegiatan anda

Setelah memiliki banyak referensi untuk rumah, anda bisa mulai filter rumah satu persatu, petakan. Kira-kira nantinya lokasi mana saja yang akan sering anda kunjungi. Kalau misalkan anda sering mengunjungi lokasi A, ya pastikan rumah anda tidak terlalu jauh dari sana untuk memudahkan anda. Kalau anda berkeluarga, ya pertimbangkan juga pusat kegiatan anak dan istri anda, atau siapapun lah yang nantinya juga ikut menempati rumah bersama anda.

Katakanlah istrik sering ke lokasi B, anda ke lokasi A, kemudian anak anda, seringnya ke lokasi C. Maka dalam kasus tersebut anda bisa memilih rumah bekas di antara ketiga lokasi itu. Bisa ditengah atau condog ke salah satu, atau bagaimana enaknya diskusikan dengan istri anda. Namun hal ini tidak kemudian menjadi wajib dan membebani anda, tapi pastinya jika hal ini dipertimbangkan tentu akan membantu memudahkan anda untuk mobilisasi sehari-hari.

Baca juga artikel ini: Cara Memilih Lokasi dan Karakter Tanah Untuk Bangun Rumah yang Tepat

  • Pertimbangkan uang yang harus anda keluarkan

Selanjutnya yang harusnya jadi pertimbangan adalah masalah uangnya. Ini filter selanjutnya nih untuk mempersempit pilihan anda, yang artinya akan memudahkan anda untuk memilih. Anda bisa lihat dari lokasi yang sudah kira-kira anda pilih tadi, tentunya ada beberapa rumah yang menurut anda menarik untuk dimiliki, nah anda bisa filter lagi diperkecil kira-kira nih rumah mana saja yang akan anda lakukan survei. Kan tidak mungkin sampai anda mengunjungi puluhan bahkan ratusan rumah yang harganya melebihi kemampuan bayar yang anda miliki.

Langkah aman membeli rumah bekas

tips membeli rumah

Anda tadi kan sudah melakukan persiapan sebelum membeli rumah bekas / second, mulai dari mencari sebanyak mungkin referensi rumah, memfilternya sesuai pusat aktivitas anda, kemudian besaran uang yang anda milikipun dipertimbangkan. Selanjutnya bagaimana langkah aman untuk membeli rumah bekas? Yaitu anda harus melakukan kroscek ke lokasi (survei) dan memperhatikan beberapa poin penting berikut ini:

  • Cek lingkungan sekitar rumah bekas tersebut
  • Ada tidak fasilitas pendukungnya
  • Mudah tidak akses ke lokasi
  • Bagaimana kondisi bangunan, apakah bangunan dalam kondisi baik dan kuat
  • Periksa kelengkapan dokumen-dokumen rumah
  • Pastikan kewajiban tagihan sudah diselesaikan oleh pemilik rumah
  • Cek semua saluran air apakah masih berfungsi dengan baik
  • Cari informasi tentang rumah

Jika semua itu telah anda lakukan, maka anda bisa sedikit bersantai dan merasa aman membeli rumah bekas. Namun menyesuaikan lagi dengan kebutuhan anda saja, agar rumah yang didapatkan benar sesuai dengan kebutuhan anda.

Terima kasih telah membaca, semoga artikel tentang tips aman membeli rumah bekas di perumahan. Semoga bisa bermanfaat untuk menambah wawasan anda. Ada masukan, saran, kritik dan pertanyaan? Jangan sungkan untuk menuliskannya di kotak komentar ya. Anda juga bisa membagikan artikel ini, dengan klik tombol bagikan ke akun media sosial yang anda miliki.

Incoming search terms:

  • Beli Rumah Second di Perumahan
  • tips memilih rumah petak
  • tips membeli rumah second di perumahan
  • tips membeli rumah petakan
  • tips membeli rumah bekas di komplek
  • tips membeli rumah bekas
  • tips membeli rumah
  • tips beli rumah lama
  • rumah bekas perumahan
  • tips menempati rumah second

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *