Belajar Cara Sukses Bisnis Properti bersama mauproperti.com
Sedang memuat ...

Tips Cara Membeli Tanah

Tips Cara Membeli Tanah – Di era yang seperti sekarang ini, tanah tak hanya dijadikan sebagai ladang usaha saja. Namun, juga kerap dijadikan investasi yang akan menguntungkan dimasa yang akan datang. Investasi tanah memang tak membutuhkan perawatan yang berarti, namun hasil yang akan didapat dimasa mendatang cukup menjanjikan. Karena alasan inilah banyak orang yang berbondong membeli tanah untuk mereka jadikan investasi dihari tuanya.

Membeli tanah ini bisa dilalukan dengan berbagai cara. Jika anda memang memiliki budget yang besar, maka mudah saja langsung melalukan transaksi pembelian tanah. Namun, untuk anda yang minim budget tak perlu berkecil hati, karena masih ada jalan lain yang bisa anda lewati untuk membeli tanah yaitu dengan lewat pinjaman dari bank atau kpr. Selain itu, bahkan ada juga cara membeli tanah tanpa modal sekalipun. Namun, selengkapnya akan kami bahas dibawah ini mengenai tips jitu cara membeli tanah yang bisa anda terapkan.

Tips Cara Membeli Tanah

Tips Cara Membeli Tanah

Setidaknya ada tiga cara yang bisa anda terapkan untuk lebih mudahnya membeli tanah, baik untuk ladang usaha ataupun sekedar untuk investasi. Semua akan kupas secara tuntas pada artikel kali ini. Dengan membaca tips dan cara yang sudah kami bagikan, diharapkan anda bisa paham tentang cara mudah membeli tanah yang menguntungkan anda.

Cara Membeli Tanah dengan Kredit Bank

Bagi anda yang minim budget memang akan lebih memilih sistem kredit untuk bisa lebih mudah melakukan pembelian tanah. Untuk langkah-langkahnya melakukan pembelian tanah lewat kredit bank ini sangat mudah, simak dibawah ini :

  • Periksa sertifikat tanah. Sertifikat tanah adalah dokumen paling penting dalam hal jual-beli tanah. Karena hanya dokumen inilah yang bisa menjadi bukti kuat untuk kepemilikan tanah. Untuk itu periksa kelengkapannya sebelum melakukan transaksi.
  • Pastikan juga pemegang hak tanah. Selain sertifitkat, pemegang hak tanah juga harus anda pastikan terlebih dahulu. Dalam kasus jual-beli tanah sudah banyak yang tertipu dengan melakukan transaksi bukan dengan pemegang hak tanah asli.
  • Konfirmasi dengan bank kredit. Setelah semuanya jelas, langkah selanjutnya adalah menanyakan pada pihak bank kredit yang bersangkutan. Tanyakan saja apakah tanah yang akan dijual surat-suratnya sudah lengkap dan resmi atau belum.
  • Cek keabsahan sertifikat. Lakukanlah pengecekan keabsahan sertifikat tanah yang akan anda beli ke kelurahan atau bisa juga notaris maupun BPN setempat. Bawalah juga fotocopy sertifikat tanahnya.
  • Sesuaikan dengan budget dan kemampuan anda. Setelah semuanya beres, kini selanjutnya adalah menyesuaikan dengan kemampuan financial anda. Perkirakan lama proses pengkreditan yang seusai dengan kemampuan anda.

Cara Membeli Tanah dengan KPR

Sebenarnya cara membeli tanah dengan KPR ini hampir sama dengan cara diatas, namun yang membedakan hanyalah pada kegunaan tanah yang akan anda beli. Untuk membeli rumah lewat KPR ini biasanya harus untuk kebutuhan tempat tinggal, bukan digunakan untuk investasi. Untuk cara dan prosedurnya masih sama dengan cara diatas. Yakni memeriksa dengan teliti sertifikat tanah yang akan dibeli, memastikan pemegang hak tanah, mengajukan pengkreditan dengan bank, dan penyesuaian dengan kemampuan financial anda.

Cara Membeli Rumah Tanpa Modal

Mungkin sebagian besar dari kita tidak percaya dengan cara satu ini. Namun, pada kenyataanya cara tersebut memang bisa anda lakukan yakni membeli tanah tanpa modal sepeserpun. Caranya gimana?

Langkah pertama silahkan anda bergabung dengan komunitas bisnis broker properti. Silahkan pelajari tata cara jual beli rumah, dan mulailah dengan menjual tanah orang lein dulu. Dari sana anda akan mendapatkan komisi untuk setiap rumah yang anda berhasil jual. Dari komisi inilah bisa anda kumpulkan dan bisa sudah cukup, maka langsung saja buat untuk beli rumah sendiri. Gampang bukan?

Demikian tadi tips cara membeli tanah dan rumah yang bisa anda terapkan sendiri. Semoga informasi yang sudah kami bagikan diatas dapat bermanfaat.

/* */