Belajar Cara Sukses Bisnis Properti bersama mauproperti.com
Sedang memuat ...

Tips dan Cara Bisnis Sewa Properti (Rumah)

Tips dan Cara Bisnis Sewa Properti (Rumah) – Anda punya aset berupa rumah dalam jumlah banyak? Apakah anda tertarik untuk berbisnis dengan rumah yang anda miliki? Mau tau bagaimana cara bisnis sewa properti (rumah) yang cocok untuk anda? Yuk baca artikel cara bisnis sewa properti (rumah) berikut ini, khusus untuk anda yang memiliki minat pada bisnis sewa properti (rumah).

Tidak semua orang seberuntung anda yang memiliki banyak aset berupa rumah, yang artinya anda memiliki modal awal yang cukup apabila ingin memulai bisnis sewa properti (rumah). Tinggal bagaimana cara anda untuk mengelola rumah tersebut sehingga mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah untuka anda nikmati, tentu hal yang sangat menyenangkan apabila memiliki beberapa sumber pendapatan.

Bisnis sewa properti rumah (kontrakan)

Bisnis Sewa Properti - bisnis sewa rumah

Mengapa bisnis sewa rumah begitu menarik untuk dipertimbangkan? Salah satu yang menjadi pertimbangan adalah masalah kebutuhan akan rumah itu sendiri. Itulah kunci dari bisnis yang bisa berkembang, “dibutuhkan”. Bukan hanya kebutuhan sesaat, namun kebutuhan rumah ini seiring perkembangannya dengan tingginya angka pertumbuhan penduduk di Indonesia, yang artinya bisnis ini akan terus menjanjikan jika diikuti dengan tingginya pertumbuhan penduduk, karena akan banyak memunculkan pasangan muda yang baru saja menikah, yang artinya mereka memiliki kebutuhan untuk menempati sebuah rumah, namun kadang terkendala dengan masalah biaya jika harus beli.

Baca juga: Bagaimana Cara Memaksa Properti Mempercepat Kenaikan Harganya Sendiri?

Jika anda tertarik untuk ikut kedalam bisnis ini, cara yang bisa anda lakukan adalah dengan memberikan fasilitas lebih untuk menarik konsumen mau menempati rumah milik anda, tentunya tujuan akhirnya adalah mereka betah dan mau menetap dalam waktu yang cukup lama. Sekali mereka suka dengan tempat milik anda, akan sulit untuk mereka berpindah tempat.

Kenapa dalam bisnis sewa rumah, lebih baik untuk anda punya konsumen yang menetap di rumah anda dalam jangka waktu yang lama ketimbang banyak orang namun waktunya sebentar. Sebab jika kita jeli, kita bisa menghemat banyak uang untuk perbaikan sebelum digunakan orang selanjutnya, jika ternyata mereka betah maka tidak perlu anda berkali-kali melakukan perbaikan sebab yang menyewa hanya satu.

Baca juga: Info Peluang Berbisnis Properti yang Mudah dan Menguntungkan

Tips dan cara bisnis sewa rumah kontrakan

Ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam rangka memberikan kenyamanan ekstra untuk anda selaku pemilik rumah dengan penyewa rumah, antara lain mengenai perjanjian sewa, apa saja peraturan yang ada dan harus menjadi komitmen bersama, dan beberapa hal lainnya. Anda bisa menyimaknya berikut ini.

  1. Perjanjian sewa rumah

Pertama adalah mengenai perjanjian sewa, anda harus duduk bersama dengan calon orang yang akan mengontrak rumah untuk membicarakan perjanjian sewa, seperti biaya, dan segala hal yang termasuk dalam pengelolaan rumah sewa. Misalkan ada kerusakan dan sebagainya bisa dibuat kesepakatan soal pembiayaan.

  1. Peraturan bersama

Langkah kedua anda bisa menunjukan dan membuat peraturan bersama yang sekirannya dapat ditepati bersama. Misalkan peraturan tentang pelanggaran bayar dan sebagainya, agar anda tidak bingung kedepannya kalau mau ambil tindakan tegas tentang apa yang tidak boleh mereka lakukan.

  1. Miliki salinan dokumen identitas penyewa

Buat salinan dokumen dari penyewa dengan cara memfotokopinya untuk arsip anda, siapa saja yang pernah menyewa dari anda, agar jika ada hal yang tidak diinginkan kemudian hari anda merugi, karena tidak tahu siapa yang menyewa rumah anda.

  1. Perhatikan kenyamanan dan keamanan penyewa baru rumah anda.

Demi alasan keamanan dan kenyamanan penyewa rumah, sebaiknya anda selalu sediakan kunci khusus yang baru setiap ada pergantian penyewa, dan juga sebaiknya renovasi sedikit rumah yang sudah ditempati oleh penyewa sebelumnya, sehingga penyewa baru merasa aman dan nyaman.

Tips dan juga cara bisnis sewa properti

Beberapa hal yang sebaiknya anda lakukan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau memang anda ingin menyewakan rumah anda untuk segala kebutuhan, namun alangkah lebih baiknya kalau anda memastika hal-hal yang sudah disebutkan sebelumnya, agar semua jelas, dan tidak menimbulkan konflik pada saat masa sewa sudah berlangsung. Hal yang perlu diperhatikan adalah:

  • Perjanjian sewa
  • Peraturan bersama
  • Dokumen identitas peminjam
  • Kenyamanan dan keamanan

Jika anda merasa mampu melakukan semua itu, setidaknya akan mengurangi potensi anda untuk bingung ketika nantinya rumah anda sudah diisi penyewa. Tentu tidak akan ada konflik didalamnya yang dapat menyebabkan beberapa hal kurang menyenangkan terjadi. Anda bisa lebih tenang ketika mengambil keputusan terkait pelanggaran yang dilakukan penyewa, begitupun penyewa juga menjadi jelas apa tanggung jawabnya ketika ada disana.

Jika anda merasa artikel tips dan cara bisnis sewa properti rumah (kontrakan) ini bermanfaat untuk anda, bagikan juga melalui situs media sosial yang anda miliki siapa tahu teman anda lainnya juga sangat membutuhkan informasi seperti ini. Jika ada pertanyaan anda bisa menanyakannya di kotak diskusi di bawah ini dan kita akan sesegera mungkin memulai diskusinya. Sekian, terima kasih telah membaca, dan temukan artikel bisnis properti lainnya  di www.MauProperti.com

/* */