Tips Mudah dan Hemat Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC

Ingin rumah anda tetap terasa sejuk meskipun tanpa AC? Artikel kali ini cocok nih untuk anda baca, judulnya adalah tips mudah dan hemat membuat rumah sejuk meskipun tanpa AC. Seperti yang kita tahu nih bagi kita penduduk indonesia yang bertempat tinggal di daerah yang tropis ini, terasa panas saat beraktivitas adalah hal yang lumrah, baik itu beraktivitas di dalam rumah ataupun di kantor serta tempat tempat lainnya. Ya sudah barang tentu mau tidak mau kita harus bisa membiasakan diri dengan hawa panas tersebut.

Oh iya sebelumnya sedikit informasi saja AC dalam bahasa indonesia disebut dengan penyejuk udara, kadang juga pendingin ruangan, bisa juga disebut pengkondisi udara, dan beberapa sebutan lainnya. AC sendiri adalah bahasa inggris yaitu air conditioner yang kemudian disingkat menjadi AC. Fungsi dari AC adalah sebagai sistem ataupun mesin yang khusus dirancang guna membantu menstabilkan suhu udara pada suatu ruangan dan juga mengatur kelembapan suatu tempat atau ruangan tadi itu.

Kembali lagi ke masalah hawa panas tadi, jika berbicara tentang membiasakan diri itu bukanlah perkara mudah, apalagi jika setiap hari kita harus merasakan gerah di rumah sendiri, akibat rumah terasa kurang sejuk karena tidak adanya AC. Untuk anda yang merasa memiliki rumah namun kurang menyejukkan versi anda, sebenarnya memasang AC bukanlah satu-satunya cara lo agar rumah anda bisa tetap terasa sejuk. Jadi sebenarnya ada cara lain yang juga bisa membantu anda menyejukkan rumah. Mungkin anda saja yang kurang paham.

 

Tips mudah dan hemat membuat rumah lebih sejuk

 

rumah sejuk tanpa ac

 

1. Gunakan kipas angin

Bisa dibilang membeli kipas angin ini adalah versi hemat dari membeli AC. Kan sayang uangnya, daripada digunakan membeli AC (pendingin ruangan) yang harganya bisa dibilang mahal. Apabila anda juga berfikiran untuk berhemat dari pengeluaran bulanan anda, maka akan sangat baik kalau lebih memilih menggunakan kipas angin dari pada AC, karena tentunya lebih hemat listrik dengan menggunakan kipas angin, hehehe.

 

2. Memasang tinggi plafon rumah anda agar sejuk

Jika anda berencana untuk membangun sebuah rumah. Perlu anda perhatikan tentang tinggi plafon berapa. Sebab yang namanya plafon ini juga sangat menentukan lo, semakin tinggi plafon dari dasar lantai maka akan memudahkan sirkulasi udah yang mau masuk lainnya. Untuk ukuran ideal yang jamak digunakan oleh banyak orang, yaitu untuk  tinggi plafon setinggi 2,75 m sampai dengan sekitar 4 m. Jika kurang dari itu maka sangatlah tidak direkomendasikan, dan juga dengan memperhatikan jarak yang ada dari plafon sampai dengan lantai, tekanan udara panas sekalipun yang masuk rumah dapat diminimalkan.

 

3. Taruh tanaman pada atap rumah

Bila anda punya hobi untuk menanam dan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan tanaman, maka akan sangat cocok apabila anda menaruh tanaman pada atap rumah. Sebab adanya tanaman pada atap rumah anda pada bagian yang datar bisa mengurangi panas matahari yang sangat menyengat. Apa efeknya? Ya tentu rumah menjadi lebih sejuk, karena terhalang dari sinar matahari secara langsung, dan juga ingat tanaman menghasilkan oksigen pada saat berfotosintesis dikala panas matahari menyengat.

Kalau kamu belum percaya cara ini, cobalah untuk berdiam diri di bawah pohon di kala siang hari, pasti sangat menyejukkan. Jika iya benar begitu, silakan untuk mencoba menaruh tanaman pada atap anda di bagian yang datar.

 

tips mudah membuat rumah yang sejuk tanpa ac

 

4. Maksimalkan bagian rumah yang bisa terbuka

Contoh bagian rumah yang bisa terbuka adalah pintu, jendela, ventilasi udara dan sebagainya. Maka itu sebisa mungkin pertimbangkan bagian ini ketika membangun sebuah rumah, agar rumah yang anda tempati menjadi sejuk karena mendapatkan aliran udara yang cukup dan menyejukkan.

Bisa anda bayangkan bagaimana jadinya kalau rumah anda sangat minim dengan bagian rumah yang bisa mengalirkan udara seperti pintu, jendela, dan ventilasi? Jangan ditanya lagi, jarang rumah dengan model seperti itu bisa sejuk saat ditempati. Kebanyakan sih tidak nyaman berada di tempat seperti itu, kecuali jika memang anda sudah terbiasa sebelumnya. Oh iya pastikan juga bagian rumah yang terbuka itu tidak menghadap ke arah matahari secara langsung.

 

5. Menambahkan taman meskipun rumah anda memiliki lahan sempit, supaya rumah sejuk

Yang perlu anda tahu nih, bagaimanapun sempitnya lahan yang tersisa dari rumah anda, sebisa mungkin anda manfaatkan tempat itu sebagai area hijau yang banyak tumbuhan disana. Sebab selain secara lanagsung dapat dilihat lebih indah, area hijau yang ditanami berbagai tanaman dapat berfungsi sebagai penghalau bagi udara panas yang akan masuk menuju ke dalam rumah. Jika anda memiliki kemampuan lebih untuk meletakkan beberapa tanaman pada taman anda, sebaiknya yang anda lakukan adalah, mempatkan taman yang anda buat di bagian barat serta timur.

Tujuannya adalah agar dapat digunakan sebagai peredam sinar matahari secara langsung dan bisa membuat hawa dari luar rumah yang masuk menjadi lebih sejuk. Anda sendiri juga bisa membuat yang namanya taman dengan posisi lebih dekat dengan garasi ataupun dapur. Jika taman dibuat dan diletakkan dekat garasi ataupun dapur makakeberadaan taman akan jadi sangat membantu karena dapat meyerap unsur karbon yang ada pada udara panas yang ditimbulkan oleh aktivitas di area itu.

 

Tips mudah dan hemat membuat rumah sejuk tanpa AC

kipas membuat rumah jadi sejukKebanyakan orang hanya berfikir bahwa AC satu-satunya alat yang bisa membuat rumah menjadi sejuk, padahal kenyataannya tidak hanya itu. Banyak hal lain yang lebih sederhana dan murah yang ternyata bisa membuat rumah tetap terasa sejuk meskipun tanpa AC. Tips tersebut (bagaimana membuat rumah terasa sejuk meski tanpa AC) sepertinya sudah cukup jelas, yaitu:

  • Menggunakan kipas angin
  • Memasang plafon rumah lebih tinggi
  • Meletakkan tanaman pada atap rumah
  • Maksimalkan bagian rumah yang terbuka
  • Menambahkan taman pada lahan yang ada

Beberapa cara diatas, kalau ada satu dari kelimanya yang anda kurang paham, anda bisa langsung bertanya di kotak komentar, tentunya hal itu anda lakukan setelah membaca ulang penjelasannya di paragraf sebelumnya. Jangan terburu-buru santai saja agar pengetahuan baru yang anda dapat ini benar-benar bisa dipahami.

Terima kasih telah meluangkan waktu anda untuk membaca artikel ini, jika anda suka dengan artikel ini, anda bisa membagikannya melalui sosial media yang anda miliki, seperti twitter, fb, dan lain sebagainya. Oh iya jangan lupa sertakan komentar kamu tentang artikel ini pada saat membagikan artikel ini, biar orang lain juga tau apa pendapat kamu. Jika ada masukan atau kritik kamu bisa mengirimkan melalui kotak komentar di bawah ini, atau melalui halaman contact us, semoga informasi ini bisa bermanfaat buat anda. Untuk tips lainnya anda bisa mendapatkan di kategori Tips Rumah

Incoming search terms:

  • tanaman penyejuk ruangan murah dan tanpa tanah
  • membuat ac di rumah sederhana dan hemat
  • tips membuat rumah sejuk
  • cara menyejukkan rumah
  • rumah sejuk
  • peneragan untuk menyejukkan rumah
  • tips menyejukan ruangan ranpa ac
  • membuat ac
  • membangun pekarangan rumah biar sejuk
  • cara menyejukan ruangan
One Response
  1. 09/01/2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *