Sedang memuat ...

Yuk Antisipasi Banjir Akibat Derasnya Hujan Dengan Cara Ini No ratings yet.

Yuk Antisipasi Banjir Akibat Derasnya Hujan Dengan Cara Ini – Bagaimana cara mengantisipasi banjir akibat derasnya hujan? Bagaimana cara menghindari hal itu agar rumah tidak sampai kena banjir juga? Jika rumah anda sering banjir akibat derasnya hujan anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini untuk melakukan antisipasi.

Banjir Akibat Hujan

Yang namanya fenomena alam tidak dapat dikontrol, namun kadangkala hanya bisa sebatas mengetahui saja. Begitupun masalah dampaknya, yang bisa dilakukan kadangkala hanyalah memperkecil kalau memang dampak sebenarnya sangat besar. Antisipasi banjir adalah langkah yang tepat agar saat banjir rumah tidak sampai terendam.

Bayangkan kalau sampai rumah anda terendam banjir. Betapa banyak kerugian yang bisa saja anda derita? 100 juta? 200 juta? Bahkan mungkin lebih banyak dari itu untuk beberapa kasus banjir bandang. Selain itu bisa juga menjadikan adanya korban jiwa yang dapat merugikan banyak orang. Saya yakin kebanyakan orang tidak menginginkannya.

Antisipasi banjir

banjir

Jika musibah banjir tersebut tidak bisa dihindari yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan tindakan pencegahan atau antisipasi, agar resiko atau dampak yang diderita bisa diperkecil. Apa saja yang bisa dilakukan untuk Antisipasi banjir? Antara lain adalah sebagai berikut.

Perhatikan Masalah Kelistrikan

Perhatikan masalah adanya tetesan air hujan yang ada pada alat-alat listrik jangan lengah karena ini berbahaya, seperti cop kabel, kabelnya dan bagian lainnya, karena bukan tidak mungkin hal tersebut bisa menimbulkan adanya hubungan arus pendek pada listrik ataupun terjadinya korsleting. Hal ini bukan tidak mungkin mengakibatkan terjadinya sekring listrik menjadi turun, mungkin juga bahaya kesetrum, atau malah mungkin menyebabkan terjadinya kebakaran pada rumah anda.

Bagaimana cara mengantsipasinya?

Anda bisa memulai dengan memeriksa bagian instalasi listrik pada rumah Anda secara berkala. Apa saja yang dicek? Antara lain yaitu keadaan kabel listrik dan bagaimana kondisi pembungkusnya, keadaan lampu bagaimana, lalu bagaimana juga kondisi pompa air maupun kondisi instalasi listrik yang ada di rumah tersebut. Hal ini semakin penting jika saja musim hujan sedang terjadi.

Untuk mengantisipasi hal buruk lainnya jangan lupa anda pilih perangkat kelistrikrikan yang berstandar nasional Indonesia (SNI) hal tersebut cukup untuk menjamin kualitas dan lama atau panjang umur pemakaian alat listrik. Kalau tidak SNI biasanya kurang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan pemakaian. Bisa juga memberikan dampak yang tidak sesuai dengan harapan.

Menghindari Terjadinya Kebocoran

antisipasi banjir

Jumlah intensitas atau tingginya curah hujan secara otomatis akan menjadikan jumlah debit air yang jatuh ke atap akan lebih banyak . Jika kejadian tersebur tidak segera diantisipasi kemudian membuat aliran air menjadi lebih cepat, tentunya bisa menyebabkan adanaya genangan di bagian atap rumah dan mungkin saja bisa menyebabkan bocor pada genteng atau menyebabkan adanya rembesan di bagian tembok.

Untuk bisa menghindari hal tersebut anda bisa memeriksa bagian penyaluran air hujan tersebut. Anda sebagai pemilik rumah secara periodik bisa memeriksa bagian tersebut, karena bagian ini sangat rawan sampai tertutup sampah bisa berupa dedaunan dan sebagainya. Selain itu hal yang perlu anda lakukan yaitu belikan juga cat untuk melindungi genteng dari air yang dapat digunakan untuk memperbesar peluang pencegahan kebocoran dan menghindari munculnya jamur pada dinding rumah anda.

Baca juga: Tips dan Cara Maksimal Membersihkan Karpet Lantai di Rumah

Yang dapat lakukan sebaiknya cermati juga untuk plafon di bagian langit-langit rumah anda. Coba anda bayangkan kalau air yang terus-menerus merembes akan membasahi kayu dibawah atap dan akan membuat kayu tersebut lebih rawan lapuk sehingga memungkinkan unutk bisa roboh, dan juga selain itu ada juga ancaman dari hewan bernama rayap. Jadi ketika Anda melihat plafon rumah anda ada yang retak, sebaiknya lekaslah perbaiki bagian tersebut.

Pentingnya Selokan Air

Bila dirumah kamu ada talang air. Masalah pentingnya selokan air ini sama seperti adanya talang air, jika tidak diperhatikan maka bagian ini bisa juga berubah menjadi tempat terbaik bagi sampah dan juga limbah apapun itu untuk berkumpul. Jika anda berencana mengantisipasi banjir akibat derasnya huja anda perlu lebih rajin untuk melakukan kegiatan bersih-bersih. Apalagi ketika musim hujan melanda.

Selokan air kotor? Jangan didiamkan saja.

Menghadapi hujan kamu harus bisa memastikan selokan yang ada di sekitar rumah Anda bisa berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya selokan. Hal ini bisa saja dilihat / dicek mulai dari cara mengalirnya air hujan naun tidak sampai terhambat.

Baca juga: Bagaimana Cara Membeli Rumah Tanpa Utang Bank?

Kalau sudah terhambat, hati-hati saja, keadaan saluran air yang tersumbat bisa membuat adanya genangan dan lebih lebih dapat menjadikan banjir besar. Tentunya kondisi itu juga dapat memicu peluang terjadinya berbagai jenis penyakit untuk berkembang biak di selokan air, misalkan saja seperti nyamuk yang dapat menyenyebabkan terjadinya demam berdarah (DBD) serta bisa juga kuman yang dapat memicu diare dan penyakit yang lainnya.

Langkah Antisipasi Bencana Banjir yang Dapat Diprediksi

mengatasi banjir

Jika anda sudah tau bagaimana langkah tepat untuk mengantisipasi terjadinya banjir yang besar. Langkah selanjutnya adalah dengan melaukan hal-hal tersebut. Jika langkah di atas sudah dilakukan dengan baik maka hal selanjutnya adalah tinggal untuk menunggu hasilnya saja. Setidaknya sudah dilakukan langkah untuk mengusahakan tidak terjadinya bencara banjir.

Please rate this

Label :
Yuk Antisipasi Banjir Akibat Derasnya Hujan Dengan Cara Ini | admin | 4.5

Leave a Reply

/* */